Teropong Bisnis | Homepage
Politik Menggelora, Saham Indosat Terkena Dampaknya

Politik Menggelora, Saham Indosat Terkena Dampaknya

0 Comments 🕔08.Jul 2014

Rupanya ada ikatan yang sangat kuat antara politik dengan pasar saham. Hal ini tampak pada pergerakan saham PT Indosat Tbk (ISAT) yang bergerak ke zona hijau pada Senin 23 Juni 2014. Meskipun Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) melemah, pengaruh pernyataan dari debat Presiden yang lalu membuat saham Indosat membaik.

Kenaikan saham Indosat mencapai 2,43 persen atau Rp. 90, dari Rp. 3710 ke Rp. 3.800 per lembar saham. Pergerakannya stabil, seperti hari ini yang mencatatkan level tertinggi di Rp. 3.870 dan terendah di Rp. 3.750 per lembar saham.

Kenaikan ini terlihat dari besarnya frekuaensi, volume dan nilai perdagangan pada hari Selasa. Frekuensi perdagangan mencapai 1.285 kali, volume perdagangan mencapai 52.061 dan nilai perdagangan mencapai Rp. 19,8 miliar.

Menurut David Sutyanto, Analis saham dari PT First Asia Capital, kenaikan ini dipengaruhi oleh sentimen politik. Hal ini terjadi setelah pada debat Presiden yang lalu, Prabowo menanyakan kebijakan penjualan Indosat pada Pemerintahaan Megawati. Dan, Jokowi menanggapinya bahwa hal tersebut terpaksa dilakukan dan dirinya akan berusaha membeli kembali saham Indosat dari pihak asing.

Dapat dikatakan, kenaikan ini hanya sementara. Selain itu, menurut David ada hal lain yang mungkin dapat memperkuat nilai saham Indosat. Contohnya penggunaan satelit dengan teknologi fiber optik yang lebih baik. Sedangkan satelit lama Indosat diberikan kepada BRI.

Menanggapi apa yang disampaikan Jokowi, David menyatakan memang Pemerintah dapat membeli kembali saham Indosat. Namun, Pemerintah juga perlu melihat kondisi dan kinerja Indosat. Bila baik dan menguntungkan, keputusan membeli kembali dapat dilakukan.

Pemerintah sendiri saat ini masih menguasai beberapa saham Indosat. Dan, saham yang dimiliki Pemerintah ini adalah saham ISAT seri A. Kepemilikan saham seri ini dapat dikatakan mempunyai posisi yang tinggi bahkan berhak memilih direksi dari Indosat.

Selain Pemerintah, ada beberapa pihak lain yang memegang kepemilikan saham Indosat. Perusahaan-perusahaan atau pihak lain yang memiliki saham Indosat adalah:

  • Ooredoo Asia Pte Ltd dengan kepemilikan sebesar 65 persen
  • Masyarakat umum dengan kepemilikan sebesar 15,3 persen
  • SKAGEN AS dengan kepemilikan sebesar 5,41 persen
  • Sedangkan Pemerintah Indonesia hanya memiliki saham Indosat sebesar 14,29 persen. Presentase kepemilikan saham Indosat Pemerintah ini berkurang setelah dibeli oleh Singapore Technologies Telemedia Pte Ltd sebesar 41,94 persen. Pembelian saham dari Pemerintah ini dilakukan pada tahun 2002 dengan nilai transaksi sebesar Rp. 5,62 triliun. Perusahaan ini adalah induk dari perusahaan Asia Mobile Holding Pte Ltd.

Kepemilikan saham Indosat juga beralih dari grup Temasek ke Qatar Telecom. Grup Temasek menjual 40,8 persen saham miliknya pada Qatar Telecom pada tahun 2008. Nilai transaksi pada kala itu mencapai 2,4 miliar Dollar Singapura.

3.Politik Menggelora, Saham Indosat Terkena Dampaknya 1

BACA JUGA:

Indeks Harga Saham Gabungan Terkait Kondisi Global

Indeks Saham S&P 500 Mencatat Rekor Penguatan Pekan Ini

Similar Articles

Brussel Diguncang Bom, Saham Eropa Pun Bergetar

Brussel Diguncang Bom, Saham Eropa Pun Bergetar 0

Beberapa waktu yang lalu Eropa dikejutkan dengan adanya serangan bom di Brussel, Belgia. Serangan di

3 Kriteria Penting yang Anda Harus Tahu saat Investasi Saham

3 Kriteria Penting yang Anda Harus Tahu saat Investasi Saham 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi paling menjanjikan karena dapat memberikan keuntungan super besar. Hal ini memang

6 Tips Sukses Investasi Saham untuk Orang Awam

6 Tips Sukses Investasi Saham untuk Orang Awam 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi terbaik yang dapat Anda pilih. Hal ini memang benar adanya, karena

Pasar Saham Menurun, Harga Emas Kembali Sehat

Pasar Saham Menurun, Harga Emas Kembali Sehat 0

Penurunan pasar saham global memberikan dampak cukup signifikan terhadap harga emas. Pada perdagangan hari Selasa atau

Hari Ini IHSG Tembus 4400 Berkat Dorongan Paket Kebijakan Ekonomi Jokowi

Hari Ini IHSG Tembus 4400 Berkat Dorongan Paket Kebijakan Ekonomi Jokowi 0

IHSG atau Indeks Harga Saham Gabungan saat ini masih dalam tren yang positif. Hari ini Indeks

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *