Teropong Bisnis | Homepage
Pemicu Menurunnya Bursa Saham Amerika Serikat

Pemicu Menurunnya Bursa Saham Amerika Serikat

0 Comments 🕔16.May 2014

Kabar mengejutkan datang dari bursa saham Amerika Serikat. Perlu Anda ketahui bahwa bursa saham AS mencapai rekor tertinggi pada perdagangan sebelumnya. Namun, kabar terbaru menunjukkan bahwa terjadi penurunan pada bursa saham tersebut.

Ditengarahi bahwa penurunan saham tersebut disebabkan oleh aksi pengambilan keuntungan investor. Pengambilan keuntungan tersebut dilakukan khususnya pada saham-saham lapis kedua. Beberapa saham yang mengalami penurunan di antaranya adalah Indeks saham Dow Jones.

Indeks sahamnya turun hingga 101.47 poin atau 0.61%. Dengan penurunan tersebut maka indeks saham Dow Jones berada pada level 16.616,39. Selain Dow Jones, penurunan juga dialami oleh Indeks saham S&P 500.

Penurunannya mencapai 8.92 poin atau sekitar 0.47%. Dengan kondisi ini maka posisi saham berada pada level 1.888,53. Indeks saham Nasdaq juga mengikuti jejak kedua rekannya. Saham milik Nasdaq mengalami penurunan mencapai 29.54 poin atau 0.72%.

Penurunan ini membawa saham tersebut berada pada posisi 4.100,63. Sebagai informasi, penurunan yang terjadi di bursa saham Amerika Serikat dipicu oleh berbagai hal. Sebagai contoh saja, indeks saham Dow Jones mengalami pelemahan karena adanya penurunan saham milik Groupon Inc.

info saham, bursa efek, ekonomi, management keuangan, nilai tukar rupiah

Menurut data, saham Groupon menurun pada nilai 4.4%. Selain itu, pergerakan saham Dow Jones juga disebabkan terjadinya pelemahan pada saham Fosil Group Inc. Saham perusahaan pembuat jam tangan tersebut mengalami penurunan sebesar 10%.

Prediksi bahwa laba akan mengalami penurunan dari target awal untuk tahun ini juga mempengaruhi terjadinya penurunan indeks saham. Satu lagi perusahaan yang sahamnya mengalami penurunan adalah Deere & Co. Indeks saham milik perusahaan tersebut menurun sebesar 2%.

Penyebab utama penurunannya adalah juga karena proyeksi estimasi pendapatan tahun ini. Indeks saham International Business Machine Corp juga merosot. Nilai kemerosotannya mencapai 1.8%. Selaku Kepala Divisi Investasi McQueen Ball & Associates yang berlokasi di Bethlehem, Pennsylvania, Bill Schultz memberikan keterangannya.

Menurutnya, sebenarnya para investor sudah mengambil keuntungan yang tinggi khususnya setelah adanya pengumuman kinerja. Selain itu, mereka juga sudah mengetahui akan hal tersebut termasuk kondisi ekonomi di Amerika yang sedang tidak menentu.

Pendapat lain mengenai kondisi terkini bursa saham Amerika Serikat disampaikan oleh Joe Bell. Analis senior Investment Research Inc. tersebut mengatakan bahwa pertumbuhan ekonomi di Amerika berjalan dengan baik tapi tidak seperti tahun-tahun yang lalu.

Memang benar, tahun-tahun sebelumnya negeri Paman Sam mencatat pertumbuhan ekonomi yang tinggi. Namun, data ekonomi di bulan April lalu menunjukkan bahwa terjadi pertumbuhan yang baik jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Kondisi ini menandakan bahwa deflasi sudah tidak menjadi ancaman yang menakutkan. Selain itu, kondisi ini juga menunjukkan bahwa sebenarnya Amerika Serikat sudah mulai mengalami perbaikan ekonomi secara perlahan.

info saham, bursa efek, ekonomi, management keuangan, nilai tukar rupiah

BACA JUGA:

Reza Priyambada: Indeks Harga Saham Melemah Namun Masih dalam Zona Hijau

Dwi Aneka Jaya Catatkan Saham Perdana di Bursa Efek Indonesia

Similar Articles

Brussel Diguncang Bom, Saham Eropa Pun Bergetar

Brussel Diguncang Bom, Saham Eropa Pun Bergetar 0

Beberapa waktu yang lalu Eropa dikejutkan dengan adanya serangan bom di Brussel, Belgia. Serangan di

3 Kriteria Penting yang Anda Harus Tahu saat Investasi Saham

3 Kriteria Penting yang Anda Harus Tahu saat Investasi Saham 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi paling menjanjikan karena dapat memberikan keuntungan super besar. Hal ini memang

6 Tips Sukses Investasi Saham untuk Orang Awam

6 Tips Sukses Investasi Saham untuk Orang Awam 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi terbaik yang dapat Anda pilih. Hal ini memang benar adanya, karena

Pasar Saham Menurun, Harga Emas Kembali Sehat

Pasar Saham Menurun, Harga Emas Kembali Sehat 0

Penurunan pasar saham global memberikan dampak cukup signifikan terhadap harga emas. Pada perdagangan hari Selasa atau

Hari Ini IHSG Tembus 4400 Berkat Dorongan Paket Kebijakan Ekonomi Jokowi

Hari Ini IHSG Tembus 4400 Berkat Dorongan Paket Kebijakan Ekonomi Jokowi 0

IHSG atau Indeks Harga Saham Gabungan saat ini masih dalam tren yang positif. Hari ini Indeks

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *