Teropong Bisnis | Homepage
Para Investor Saham Berpedoman Pada Krisis Mesir dan Suku Bunga Eropa

Para Investor Saham Berpedoman Pada Krisis Mesir dan Suku Bunga Eropa

0 Comments 🕔05.Jul 2013

Pada akhir pekan ini tepatnya Jumat 5 Juli 2013, Indeks Harga Saham Gabungan atau terkenal dengan singkatan IHSG di Bursa Efek Jakarta diperkirakan akan berbalik arah atau rebound menjadi pergerakan ke level positif. Faktor utama penyebab berputar baliknya Indeks Harga Saham Gabungan yang terekam di layar raksasa adalah adanya sentimental eksternal terutama sentimental eksternal dari wilayah Eropa. Sentimental eksternal yang mengacu pada zona Eropa ini menyebabkan para investor saham beramai-ramai untuk membeli saham. Seorang analis dari PT MNC Securities, Edwin Sebayang, mengatakan bahwa akibat liburan Wall Street karena warga Amerika yang sedang merayakan Independence Day membuka celah untuk kenaikan yang cukup besar hanya dalam kurun waktu satu hari perdagangan saham selama hampir 10 minggu.

Berdasarkan catatan terakhir layar raksasa di Bursa Efek Indonesia, FTSE-London menjadi 191,80 atau naik presentasenya sebanyak 3,08 persen.  Lain halnya dengan  CAC-Paris. CAC-Paris menguat 107,3 poin atau presentase kenaikannya sekitar 2,9 persen. Terakhir DAX-Frankfurt berhasil naik ke angka 164,99 poin atau naik sekitar 2,11 persen. Kondisi naiknya beberapa saham kemungkinan besar dipengaruhi oleh dua pernyataan bank sentral di Benua Eropa. European Central Bank dan Bank of England seakan-akan memberikan sinyal bahwa keduanya akan memberlakukan suku bunga yang rendah. Tak heran jika saham-saham dunia terlihat naik.

Para-Investor-Saham-Berpedoman-Pada-Krisis-Mesir-dan-Suku-Bunga-Eropa-3

Dua Bank Besar Eropa Jadi Pemicunya

Bahkan ada isu mengejutkan bahwa European Central Bank (ECB) sepertinya akan terus menurunkan suku bunga bank-nya untuk beberapa waktu mendatang. Meskipun hanya isu, namun efeknya sangat besar bagi dunia investasi saham. Para investor dunia kemudian berlomba-lomba untuk membeli saham-saham agar kelak mendapatkan profit yang lebih besar. Ternyata tak hanya isu penurunan suku bunga oleh dua bank besar di Eropa saja yang membawa angin segar bagi para investor, ada sentimen eksternal lainnya yang berpengaruh terhadap pergerakan saham ke arah positif. Seperti  contohnya adalah ancaman krisis politik yang sedang melanda Negara Portugal kini berangsur-angsur mereda. Pedro Passos Coelho selaku Perdana Menteri Portugal memberitahukan pada publik internasional bahwa kursi pemerintahannya tidak akan tumbang seperti negara Mesir. Meskipun kedua menterinya positif mengundurkan diri, namun ia tetap optimis untuk menegakan kursi pemerintahannya kembali. Kondisi politik yang seperti ini ternyata membuat bursa Portugal merangsek naik hingga sekitar 3,7 persen.

Kudeta Politik di Mesir Pengaruhi Harga Saham di Wall Street

Kudeta terhadap presiden Mesir oleh pihak militer pun berhasil membawa bursa Mesir naik menjadi 7,3 persen. Ternyata jatuhnya presiden Mesir mendapat respon positif dari Wall Street karena Dow Future naik cukup tajam ke angka 184 poin. Sedangkan untuk Indeks Harga Saham Gabungan sendiri masih terlihat mengacu pada perkembangan harga indeks regional yang mana perkembangan harga indeks regional ini sudah pasti mengacu pada pergerakan harga indeks global/ internasional.

Para-Investor-Saham-Berpedoman-Pada-Krisis-Mesir-dan-Suku-Bunga-Eropa-4

Similar Articles

Brussel Diguncang Bom, Saham Eropa Pun Bergetar

Brussel Diguncang Bom, Saham Eropa Pun Bergetar 0

Beberapa waktu yang lalu Eropa dikejutkan dengan adanya serangan bom di Brussel, Belgia. Serangan di

3 Kriteria Penting yang Anda Harus Tahu saat Investasi Saham

3 Kriteria Penting yang Anda Harus Tahu saat Investasi Saham 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi paling menjanjikan karena dapat memberikan keuntungan super besar. Hal ini memang

6 Tips Sukses Investasi Saham untuk Orang Awam

6 Tips Sukses Investasi Saham untuk Orang Awam 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi terbaik yang dapat Anda pilih. Hal ini memang benar adanya, karena

Pasar Saham Menurun, Harga Emas Kembali Sehat

Pasar Saham Menurun, Harga Emas Kembali Sehat 0

Penurunan pasar saham global memberikan dampak cukup signifikan terhadap harga emas. Pada perdagangan hari Selasa atau

Hari Ini IHSG Tembus 4400 Berkat Dorongan Paket Kebijakan Ekonomi Jokowi

Hari Ini IHSG Tembus 4400 Berkat Dorongan Paket Kebijakan Ekonomi Jokowi 0

IHSG atau Indeks Harga Saham Gabungan saat ini masih dalam tren yang positif. Hari ini Indeks

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *