Teropong Bisnis | Homepage
Menurut Reza, Investor Saham Pemula Itu Harus….

Menurut Reza, Investor Saham Pemula Itu Harus….

0 Comments 🕔21.Dec 2013

Anda ingin memulai investasi saham? Bila ini saat pertama Anda investasi di pasar modal, Anda dapat menyimak beberapa saran dari Reza Priyambada, Kepala Riset Trust Securities berikut ini.

 1. Ritme Pergerakan Saham

Menurut Reza, meskipun Anda sudah memperoleh informasi mengenai saham, emiten, perusahaan dan berbagai hal tentang pasar modal, pemula biasanya tidak mengetahui ritme pergerakan saham.

Hal ini dapat diatasi dengan masuk ke investasi reksadana saham terlebih dahulu. Disini, Anda akan terbiasa dengan ritme pergerakan saham.

2. Melatih Emosi

Menurut Reza, pemilihan reksadana dikarenakan investasi ini resikonya lebih rendah. Dan, hal ini bagus untuk melatih emosi. Bila NAB (Nilai Aktiva Bersih) Anda turun, Anda dapat langsung bertanya pada Manajer Investasi (MI) Anda.

Selain itu, melatih emosi juga penting untuk menghilangkan keraguan saat akan mulai menanam uang. Banyak investor pemula yang bermasalah dengan hal ini, jadi dibutuhkan latihan emosi ini. Setelah berkecimpung lama di reksadana, maka Anda akan tahu bagaimana saham pilihan Anda bergerak.

tips investasi

3. Masuk ke Pasar Saham

Menurut Reza, setelah Anda berkecimpung di investasi reksadana, Anda dapat mulai membeli saham. Gunakan investasi kecil-kecilan terlebih dahulu. Ada banyak online trading yang menyediakan investasi awal sebesar Rp. 3 juta atau Rp. 5 juta.

Untuk awal, Anda dapat memilih saham yang defensif dan kondisinya Anda ketahui. Contohnya, properti saat ini sedang naik, Anda dapat memilih PT Bumi Serpong Damai (BSDE). Atau, Anda pilih saham di sektor konsumer seperti PT Indofood Sukses Makmur (INDF). Ikuti pergerakan kedua saham ini.

Bila Anda menemukan saham yang pergerakannya menarik, coba investasi juga. Ambil 1-2 lot saja dan latih emosi Anda, sehingga Anda tidak panik saat terjadi penurunan harga karena Anda sudah tahu pergerakan saham tersebut.

4. Investasi Jangka Panjang

Menurut Reza, Anda juga dapat langsung masuk ke pasar saham dengan tujuan investasi jangka panjang. Pilih saham sektor konsumsi, contoh konsumsi ayam yaitu perusahaan PT Charoen Pokphand Indonesia (CPIN) atau PT Japfa Comfeed Indonesia (JPFA). Tapi, pastikan emosi Anda sudah terlatih disini.

5. Informasi

Menurut Reza, Anda harus giat mencari informasi. Dengan demikian, Anda akan mengetahui pergerakan perusahaan dan juga saham yang akan naik di masa mendatang, seperti properti, perbankan dan konsumer.

6. Tipe Menabung

Menurut Reza, bila Anda hanya ingin menaruh uang dan membiarkannya saja, maka Anda dapat memilih reksadana. Reksadana bagus untuk jangka panjang karena mendapat dukungan penuh Pemerintah dan resikonya rendah. Jadi, meskipun Anda membiarkan dana Anda disana, maka Anda akan mempunyai kesempatan meraih keuntungan.

Jadi, bila Anda ingin investasi saham, maka hal terpenting bukanlah membeli saham dan menjualnya, serta modal Anda. Akan tetapi, emosi Anda. Bila Anda panik, trading plan Anda akan hancur dan investasi Anda akan merugi.

tips investasi

Similar Articles

Brussel Diguncang Bom, Saham Eropa Pun Bergetar

Brussel Diguncang Bom, Saham Eropa Pun Bergetar 0

Beberapa waktu yang lalu Eropa dikejutkan dengan adanya serangan bom di Brussel, Belgia. Serangan di

3 Kriteria Penting yang Anda Harus Tahu saat Investasi Saham

3 Kriteria Penting yang Anda Harus Tahu saat Investasi Saham 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi paling menjanjikan karena dapat memberikan keuntungan super besar. Hal ini memang

6 Tips Sukses Investasi Saham untuk Orang Awam

6 Tips Sukses Investasi Saham untuk Orang Awam 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi terbaik yang dapat Anda pilih. Hal ini memang benar adanya, karena

Pasar Saham Menurun, Harga Emas Kembali Sehat

Pasar Saham Menurun, Harga Emas Kembali Sehat 0

Penurunan pasar saham global memberikan dampak cukup signifikan terhadap harga emas. Pada perdagangan hari Selasa atau

Hari Ini IHSG Tembus 4400 Berkat Dorongan Paket Kebijakan Ekonomi Jokowi

Hari Ini IHSG Tembus 4400 Berkat Dorongan Paket Kebijakan Ekonomi Jokowi 0

IHSG atau Indeks Harga Saham Gabungan saat ini masih dalam tren yang positif. Hari ini Indeks

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *