Teropong Bisnis | Homepage
Investor Ambil Untung, Bursa AS Dan Asia Merana

Investor Ambil Untung, Bursa AS Dan Asia Merana

0 Comments 🕔04.Jan 2014

Awal tahun ini, seperti tahun sebelumnya, ada beberapa perubahan pada pasar saham. Tetapi, yang paling menonjol adalah menurunnya indeks saham bursa AS dan Asia.

Merosotnya bursa saham Asia ditunjukkan oleh melemahnya indeks saham MSCI Asia Pacifik sebesar 0,3% pada pukul 8.12 waktu Hongkong. Indeks saham Australia juga melemah 0,5% dan Korea Selatan, Kospi melemah 0,2%. Bursa saham Selandia baru sedikit mengalami penguatan sebesar 0,3%. Bursa saham Jepang masih tutup dan baru dibuka pada 6 Januari 2014.

Chris Weston, Chief Market Strategist IG Ltd kepada Bloomberg mengatakan banyaknya pelaku pasar yang mengambil keuntungan membuat bursa saham Asia melemah.

Selain itu, adanya indeks purchasing manager China untuk sektor non manufaktur. Hal ini memperburuk keadaan setelah sebelumnya data hasil produksi pabrik China yang dirilis juga mengalami pelemahan dan diprediksi akan bergerak ke level terendah dalam empat bulan sejak 1 Januari 2014.

Data HSBC Holdings Plc juga menunjukkan adanya pelemahan indeks manufaktur China dari 50,8 pada November 2013 ke 50,5 pada awal Januari ini. Memang ada harapan diperolehnya dana segar dari penawaran saham perdana sebesar US$ 41,3 miliar atau 250 miliar yuan pada 2014. Tetapi, pembekuan penawaran saham perdana selama setahun di China akan memperburuk pelemahan ini.

investor, info saham, ekonomi, investasi,

Meskipun ada pelemahan bursa AS dan Asia, tetapi, Yen dideteksi menguat terhadap dollar AS.

Bursa saham AS sendiri juga ditutup melemah pada penutupan hari Kamis pertama 2014 karena adanya aksi ambil untuk para investor. Lebih detailnya, Indeks Dow Jones mengalami penurunan sebesar 135,31 poin atau 0,82% ke level 16.441,35. Indeks saham S&P 500 mengalami penurunan sebesar 16,38 poin atau 0,89% ke level 1.831,98. Indeks saham Nasdaq mengalami penurunan sebesar 33,52 poin atau 0,80% ke level 4.143,07.

Bukan hanya itu, 10 sektor di bursa saham AS juga mengalami penurunan, salah satunya sektor saham teknologi. Contohnya, saham Apple Inch yang menurun karena Wells Fargo mengubah status saham Apple dari outperform menjadi market perform. Hal ini karena dipandang saham Apple Inc tidak akan naik karena keuntungan transaksi saham.

Hasilnya, saham Apple turun 1,4% ke level US$553,13. Hal in mempengaruhi indeks saham S&P 500 dan Nasdaq yang juga turun sebesar 1,1% untuk sektor teknologi.

Meskipun volume perdagangan saham di bursa saham AS cukup besar yaitu, 5,21 miliar saham, tetapi banyaknya investor yang mengambil keuntungan terus menekan bursa AS. Hal ini juga diamini oleh Jim McDonald, Chief Invesment Strategist Northern Trust Global Investments. Menurutnya, banyak pelaku pasar memanfaatkan hal ini untuk mendapatkan investasi dengan harga murah.

Meskipun data ekonomi AS menunjukkan sebaliknya, seperti angka pengangguran yang turun 2.000 menjadi 339 ribu pada 28 Desember yang lalu, tetapi bursa AS dan Asia mengalami penurunan. Selain itu,  Indeks pabrik Institute for Supply Management juga melemah menjadi 57 poin pada Desember, setelahpada April 2011 mencapai level tertinggi di level 57,3.

 investor, info saham, ekonomi, investasi,

Similar Articles

Brussel Diguncang Bom, Saham Eropa Pun Bergetar

Brussel Diguncang Bom, Saham Eropa Pun Bergetar 0

Beberapa waktu yang lalu Eropa dikejutkan dengan adanya serangan bom di Brussel, Belgia. Serangan di

3 Kriteria Penting yang Anda Harus Tahu saat Investasi Saham

3 Kriteria Penting yang Anda Harus Tahu saat Investasi Saham 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi paling menjanjikan karena dapat memberikan keuntungan super besar. Hal ini memang

6 Tips Sukses Investasi Saham untuk Orang Awam

6 Tips Sukses Investasi Saham untuk Orang Awam 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi terbaik yang dapat Anda pilih. Hal ini memang benar adanya, karena

Pasar Saham Menurun, Harga Emas Kembali Sehat

Pasar Saham Menurun, Harga Emas Kembali Sehat 0

Penurunan pasar saham global memberikan dampak cukup signifikan terhadap harga emas. Pada perdagangan hari Selasa atau

Hari Ini IHSG Tembus 4400 Berkat Dorongan Paket Kebijakan Ekonomi Jokowi

Hari Ini IHSG Tembus 4400 Berkat Dorongan Paket Kebijakan Ekonomi Jokowi 0

IHSG atau Indeks Harga Saham Gabungan saat ini masih dalam tren yang positif. Hari ini Indeks

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *