Teropong Bisnis | Homepage
Indofood Merambah Popok Bayi

Indofood Merambah Popok Bayi

0 Comments 🕔19.Jul 2014

PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) adalah perusahaan dengan mi instan sebagai produk utamanya. Namun, perusahaan ini juga mempunyai banyak anak perusahaan di bidang yang berbeda.

Sebelumnya, Indofood bekerja sama dengan Asahi Group Holdings Southeast Asia Pte Ltd untuk memproduksi produk minuman, Ichi Ocha. Selain itu, Indofood juga bekerja sama dengan JC Comsa Corporation untuk mendirikan perusahaan PT Indofood Comsa Sukses Makmur. Perusahaan ini adalah perusahaan jaringan restoran.

Yang terbaru, Indofood bekerja sama dengan Oji Holdings Corporation. Dengan perusahaan asal Jepang ini, Indofood merambah produk popok bayi sekali pakai atau diapers.

Menurut Tiesha Narandha Putri, Analis dari Samuel Sekuritas, apa yang dilakukan Indofood ini cukup wajar. Produk mi instan mereka sudah lama beredar dan dibutuhkan diversifikasi untuk kebutuhan jangka panjang.

Namun, Christine Natasya, Analis Ciptadana Securities mengatakan langkah diversifikasi ini dapat bermasalah. Hal ini dikarenakan bisnis baru yang dibuat Indofood dapat memakan biaya yang cukup besar. Dan, dibutuhkan waktu 2 hingga 3 tahun untuk mendapatkan keuntungan stabil.

Meskipun begitu, kedua analis diatas belum dapat memastikan peluang bisnis baru Indofood ini. Hal ini juga dikarenakan Indofood belum merilis informasi lebih detail mengenai bisnis baru ini. Tetapi, bila dilihat berdasarkan bisnis lainnya, adanya margin earning befor interest and taxes (EBIT) negatif cukup menjanjikan.

Tiesha mengungkapkan, Indofood akan merugi pada tahun awal. Biaya yang dikeluarkan akan membengkak untuk kebutuhan promosi hingga produk diterima masyarakat.

Para analis memprediksi, mi instan masih akan menjadi andalan pemasukan Indofood tahun ini. Pemasukan dari produk ini menjadi yang terbesar, yaitu sebesar 69 persen dari total pemasukan Indofood. Selain itu, penjualan mi instan naik 22 persen year-on-year (yoy) pada kuartal awal 2014 yang melebihi pendapatan Indofood sebesar 21 persen sebesar Rp. 7,4 triliun.

Menurut Julianto Wongso, Analis dari Indo Premier, saham ICBP akan membaik untuk jangka panjang. Namun, untuk jangka pendek ICBP akan mendapatkan banyak halangan. Contohnya, harga bubuk susu dan promosi yang meningkat.

Pertumbuhan pasar produk utama Indofood juga akan melambat, karena tingkat konsumsi mi instan yang sudah sangat tinggi. Menurut Julianto, pertumbuhan penjualan antara 2013 hingga 2016, diperkirakan hanya 2,7 persen. Pertumbuhan ini sebagian besar dipengaruhi oleh adanya produk baru dan premium. Namun, Indofood sudah melakukan langkah tepat dengan menaikkan harga jual produk mererka sehingga dapat mengimbangi pengeluaran dan depresiasi Rupiah.

Proyeksi Christine untuk ICBP, pendapatan mencapai Rp. 29,67 triliun, naik 18 persen (yoy) dan keuntungan Rp. 2,64 triliun, naik 19 persen. Bila Anda ingin berinvestasi pada saham Indofood, sebaiknya tahan hingga mencapai Rp. 11.150 dan Rp. 10.4000 per saham. Buy saat target berada pada Rp. 12.000 per saham. Yang terakhir, saham ICBP mengalami kenaikan kemarin sebesar 5,26 persen menjadi Rp. 10.500 per saham.

indofood, popok bayi, diapers, pt indofood

BACA JUGA:

Indeks Harga Saham Gabungan Ditutup Dengan Pelemahan

Produksi Minyak Di Blok Cepu Menjadi Harapan Pemda Dan Nasional

Similar Articles

Brussel Diguncang Bom, Saham Eropa Pun Bergetar

Brussel Diguncang Bom, Saham Eropa Pun Bergetar 0

Beberapa waktu yang lalu Eropa dikejutkan dengan adanya serangan bom di Brussel, Belgia. Serangan di

3 Kriteria Penting yang Anda Harus Tahu saat Investasi Saham

3 Kriteria Penting yang Anda Harus Tahu saat Investasi Saham 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi paling menjanjikan karena dapat memberikan keuntungan super besar. Hal ini memang

6 Tips Sukses Investasi Saham untuk Orang Awam

6 Tips Sukses Investasi Saham untuk Orang Awam 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi terbaik yang dapat Anda pilih. Hal ini memang benar adanya, karena

Pasar Saham Menurun, Harga Emas Kembali Sehat

Pasar Saham Menurun, Harga Emas Kembali Sehat 0

Penurunan pasar saham global memberikan dampak cukup signifikan terhadap harga emas. Pada perdagangan hari Selasa atau

Hari Ini IHSG Tembus 4400 Berkat Dorongan Paket Kebijakan Ekonomi Jokowi

Hari Ini IHSG Tembus 4400 Berkat Dorongan Paket Kebijakan Ekonomi Jokowi 0

IHSG atau Indeks Harga Saham Gabungan saat ini masih dalam tren yang positif. Hari ini Indeks

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *