Teropong Bisnis | Homepage
Indeks Saham S&P 500 Mencatat Rekor Penguatan Pekan Ini

Indeks Saham S&P 500 Mencatat Rekor Penguatan Pekan Ini

0 Comments 🕔20.Jun 2014

Kabar gembira datang dari bursa saham Amerika Serikat. Pasalnya, nilai saham mengalami penguatan khususnya pada perdagangan hari Rabu atau Kamis pagi. Rekor penguatan nilai saham dicetak oleh indeks saham S&P 500.

Alasan penguatan tersebut disebabkan oleh adanya sentiment bank sentral Amerika Serikat yang memutuskan untuk menaikkan suku bunga acuan pada tahun 2015 mendatang. Tentu saja, nilai kenaikan suku bunga acuan tersebut masih terbilang rendah.

Selain indeks saham S&P 500 yang mengalami penguatan, indeks saham Dow Jones juga mengalami hal serupa. Indeks Dow Jones menguat pada level 98.13 poin atau sekitar 0.58% menjadi 16.906.62. Indeks saham S&P 500 mengalami kenaikan yang sangat signifikan dan menjadikannya rekor setelah menguat hingga 14.99 poin atau 0.77% menjadi 1.956.98.

Hal serupa juga dialami oleh indeks saham Nasdaq. Indeks saham tersebut merangkak perlahan hingga ditutup pada level 25.60 poin atau 0.59% menjadi 4.362.84. Sayangnya, tidak semua indeks saham mengalami peningkatan.

Salah satu yang tidak beruntung pada perdagangan saham pekan ini adalah CBOE Volatility. Indeks saham CBOE Volatility yang telah mengukur kecemasan investor justru mengalami pelemahan. Indeks saham mereka justru turun di level terendah di kisaran 10.61 dan telah dimulai sejak Februari 2007 yang lalu.

Selaku Chief Investment Strategist State Street Global Advisor, Mike Arone mengungkapkan bahwa penguatan indeks saham dipicu oleh beberapa hal. Namun, pemicu utama penguatan indeks saham adalah pernyataan The Federal Reserve.

Pernyataan tersebut didukung oleh data tenaga kerja yang meningkat sedangkan nilai inflasi turun. Kondisi tersebut membuat The Fed mempertimbangkan untuk mengubah keputusan ke level normal. Mike melanjutkan dengan mengatakan bahwa sentiment ini justru akan berpotensi baik khususnya untuk risiko aset dan saham.

Dalam 2 hari atau setelah pertemuan selesai, bank sentral Amerika Serikat memperkirakan bahwa akan terjadi perubahan pertumbuhan ekonomi. Pertumbuhan tersebut terjadi sekitar 2.1% hingga 2.3% dari perkiraan awal yaitu 2.9%.

Selain itu, untuk 2015 dan 2016 bank sentral Amerika Serikat memperkirakan tidak akan ada perubahan yang signifikan. Pimpinan bank sentral, Janet Yellen mengungkapkan bahwa aktivitas ekonomi mulai meningkat pada kuartal ini dan sepertinya akan masih terus berlanjut.

Di sisi lain, ekonomi juga akan terus menguat khususnya untuk data tenaga kerja dan inflasi. Hal yang paling dinanti oleh pelaku pasar juga akhirnya terwujud. Saat ini bank sental Amerika Serikat memutuskan untuk mengurangi pembelian obligasi yang awalnya US$45 miliar menjadi US$35 miliar.

Saham-saham menguat antara lain saham Adobe Systems yang naik menjadi US$73.08 atau 8.2%. Kenaikan ini tercatat sebagai performa terbaik di indeks saham S&P 500 selain Photoshop dan Acrobat. Kenaikan juga diikuti oleh saham Amazon.com dengan US334.38 atau 2.7%.

indeks saham, info saham, nilai saham, artikel ekonomi, managemen keuangan

BACA JUGA:

IHSG Diprediksikan Merosot

Tercekoki Sentimen Positif, Bursa Saham Asia Melejit

Similar Articles

Brussel Diguncang Bom, Saham Eropa Pun Bergetar

Brussel Diguncang Bom, Saham Eropa Pun Bergetar 0

Beberapa waktu yang lalu Eropa dikejutkan dengan adanya serangan bom di Brussel, Belgia. Serangan di

3 Kriteria Penting yang Anda Harus Tahu saat Investasi Saham

3 Kriteria Penting yang Anda Harus Tahu saat Investasi Saham 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi paling menjanjikan karena dapat memberikan keuntungan super besar. Hal ini memang

6 Tips Sukses Investasi Saham untuk Orang Awam

6 Tips Sukses Investasi Saham untuk Orang Awam 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi terbaik yang dapat Anda pilih. Hal ini memang benar adanya, karena

Pasar Saham Menurun, Harga Emas Kembali Sehat

Pasar Saham Menurun, Harga Emas Kembali Sehat 0

Penurunan pasar saham global memberikan dampak cukup signifikan terhadap harga emas. Pada perdagangan hari Selasa atau

Hari Ini IHSG Tembus 4400 Berkat Dorongan Paket Kebijakan Ekonomi Jokowi

Hari Ini IHSG Tembus 4400 Berkat Dorongan Paket Kebijakan Ekonomi Jokowi 0

IHSG atau Indeks Harga Saham Gabungan saat ini masih dalam tren yang positif. Hari ini Indeks

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *