Teropong Bisnis | Homepage
Indeks Harga Saham Gabungan Terkait Kondisi Global

Indeks Harga Saham Gabungan Terkait Kondisi Global

0 Comments 🕔20.Jun 2014

Melihat kondisi saat ini sangat besar kemungkinan jika laju Indeks Harga Saham Gabungan atau IHSG bakal terus melemah. Alasan utama terus melemahnya nilai saham adalah karena tidak adanya sentiment positif yang mampu menggerakkan indeks saham.

Nilai Indeks Harga Saham Gabungan sendiri saat ini berada pada kisaran target 4.875 – 4.889. Hal ini diungkapkan oleh Reza Priyambada selaku analis PT Trust Securities. Ia menekankan bahwa memang penurunan nilainya tidak terlalu signifikan.

Tapi dibalik penurunan tersebut justru akan terus memicu pelemahan nilai khususnya jika pelaku pasar memutuskan untuk melakukan penjualan. Menurut Reza, alasan lain sulitnya IHSG untuk bangkit dan menguat adalah kekhawatiran yang terlalu berlebihan. Reza memperkirakan bahwa pada perdagangan saham pekan ini,

Indeks Harga Saham Gabungan akan berada di kisaran support 4.875 – 4.879. Sedangkan untuk nilai resistancenya berada pada kisaran 4.890 – 4.910. Sama halnya dengan analisa yang dilakukan oleh Pan Tjek Djan, analis PT Sucorinvest Central Gani.

Menurut pengamatannya, IHSG akan bergerak secara variatif. Namun, pergerakan variatif tersebut masih cenderung melemah. Pelemahan ini disebabkan adanya sentiment internal dan eksternal. Contohnya, saat ini terjadi pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat.

Pelemahan nilai tukar rupiah juga disebabkan karena kekhawatiran terhadap neraca transaksi perdagangan. Kekhawatiran ini beralasan karena impor melonjak sangat tinggi hingga menekan nilai rupiah.

Selain itu, pelemahan juga terjadi karena pengaruh dari hasil pertemuan FOMC. Dari hasil tersebut, pelaku pasar memprediksi bahwa Bank Central Amerika Serikat tidak akan bergeming dengan keputusannya.

Dalam hal ini, pihak Bank Central Amerika Serikat akan tetap mengurangi program pembelian obligasinya. Hasilnya, stimulus akan berkurang sehingga dolar akan menguat jika dibandingkan dengan mata uang negara lainnya.

Jelang pemilihan presiden Juli mendatang juga mempengaruhi keputusan pelaku pasar. Pelaku pasar akan cenderung mengurangi transaksi saham untuk jangka panjang karena kondisi yang tidak menentu. Dengan demikian, pasar saham menjadi tidak bergairah yang berakibat melemahnya perdagangan di awal sesi. Indeks Harga Saham Gabungan sendiri akan diangkat saat akhir perdagangan saham.

Belum lagi pelemahan diperparah dengan kondisi ketegangan di Irak. Dalam konsidi semacam ini, Pang Tjek Djian menyarankan untuk membeli saham milik PT London Sumatera Indonesia Tbk atau LSIP atau saham PT Indo Tambangraya Megah Tbk atau ITMG.

Pada Rabu 18 Juni 2014, perdagangan saham masih ditutup dengan pelemahan. Nilai pelemahannya mencapai 21.65 poin atau 0.44% ke level 4.887.86. IHSG sempat berada pada level tertinggi yaitu 4.906. Nilai tukar rupiah terhadap dolar sangat tertekan hingga mencapai Rp. 12.000.

Kondisi ini tentu memicu kekhawatiran yang berlebihan terhadap pelaku pasar. Bagi Anda yang sedang berencana membeli saham, ada baiknya melihat kondisi ini sekaligus menurut perkiraan analis.

info saham, index saham, artikel ekonomi, managemen keuangan

BACA JUGA:

Pekan Ini IHSG Bergerak Melambung Ringan

Masa Konsolidasi IHSG, Saham-Saham Menggiurkan Bertebaran Siap Dibeli

Similar Articles

Brussel Diguncang Bom, Saham Eropa Pun Bergetar

Brussel Diguncang Bom, Saham Eropa Pun Bergetar 0

Beberapa waktu yang lalu Eropa dikejutkan dengan adanya serangan bom di Brussel, Belgia. Serangan di

3 Kriteria Penting yang Anda Harus Tahu saat Investasi Saham

3 Kriteria Penting yang Anda Harus Tahu saat Investasi Saham 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi paling menjanjikan karena dapat memberikan keuntungan super besar. Hal ini memang

6 Tips Sukses Investasi Saham untuk Orang Awam

6 Tips Sukses Investasi Saham untuk Orang Awam 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi terbaik yang dapat Anda pilih. Hal ini memang benar adanya, karena

Pasar Saham Menurun, Harga Emas Kembali Sehat

Pasar Saham Menurun, Harga Emas Kembali Sehat 0

Penurunan pasar saham global memberikan dampak cukup signifikan terhadap harga emas. Pada perdagangan hari Selasa atau

Hari Ini IHSG Tembus 4400 Berkat Dorongan Paket Kebijakan Ekonomi Jokowi

Hari Ini IHSG Tembus 4400 Berkat Dorongan Paket Kebijakan Ekonomi Jokowi 0

IHSG atau Indeks Harga Saham Gabungan saat ini masih dalam tren yang positif. Hari ini Indeks

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *