Teropong Bisnis | Homepage
Indeks Harga Saham Gabungan Periode 2013

Indeks Harga Saham Gabungan Periode 2013

0 Comments 🕔02.Jan 2014

Sebelum pergantian tahun 2013 menuju 2014, ada baiknya Anda simak perkembangan saham. Sebagai informasi, Indeks Harga Saham Gabungan atau IHSG untuk periode tahun 2013 ini sudah resmi ditutup pada tanggal 30 Desember 2013 yang lalu. Sayangnya, sepanjang tahun 2013 ini indeks saham Indonesia bisa dibilang terpuruk.

Saat saham diharapkan menguat, nilainya justru merosot hingga 0.98%. Secara hitungan, itu artinya IHSG mengalami pelemahan mencapai 42.51 poin. Di akhir tahun 2012 yang lalu posisi indeks harga saham mencapai 4.316.69 sedangkan di akhir tahun 2013 ini hanya mencapai 4.274.18 saja. Lalu, saham-saham apa saja yang dikategorikan sebagai saham jawara atau top gainers sepanjang tahun 2013?

Di papan atas, ada nama PT. Permata Prima Sakti atau TKGA. Perusahaan ini mengalami penguatan saham yang mencapai 850%. Dengan pencapaian tersebut maka indeks harga sahamnya mencapai Rp. 2.375. Selain PT. TKGA ada juga PT. Sumber Energi Andalan Tbk. atauITMA. Sama halnya dengan TKGA, saham perusahaan ini juga menguat drastis.

Tercatat, nilai sahamnya naik hingga mencapai 826.67%. Kenaikan ini menjadikan harga sahamnya meningkat pada level Rp. 139.000. Di posisi ketiga ada nama PT. Indoritel Makmur Internasional Tbk. atau DNET. Jika dibandingkan dengan nilai saham tahun lalu, perusahaan ini berhasil menunjukkan peningkatan harga saham mencapai 605.45%.

IHSG, info saham

Peningkatan ini menjadikan indeks harga saham DNET naik menjadi Rp. 800. Di tempat keempat dan kelima ada PT. Akbar Indo Makmur Tbk dan PT Matahari Departmen Store Tbk atau LPPF.  Hingga penutupan IHSG hari Senin lalu, indeks harga saham PT. Akbar Indo Makmur Tbk meningkat hingga mencapai 375.00%.

Peningkatan yang mencapai 300% lebih tersebut membawa saham tersebut pada level Rp. 1.140. Sedangkan untuk PT. Matahari Departmen Store Tbk, nilai indeks sahamnya juga naik sebesar 307.41%. Penguatan indeks harga saham ini membuat nilainya meningkat pada level Rp. 11.000. Selain 5 jawara atau top gainers tersebut, ada pula jajaran perusahaan yang dikategorikan dalam top losers.

Salah satu top losers di tahun 2013 ini adalah PT. Gading Development Tbk atau GAMA. Sangat disayangkan karena nilai saham perusahaan ini menurun hingga 74.86%. Tentu saja, pelemahan ini mengakibatkan turunnya indeks harga saham perusahaan yang hanya menyentuh angka Rp. 88.

Selanjutnya, ada PT. ICTSI Jasa Prima Tbk atau KARW yang juga ikut menurun. Perusahaan ini berada di urutan kedua top losers tahun 2013 dengan penurunan sebesar 72.39%. Dengan penurunan tersebut maka indeks harga saham perusahaan ini hanya mampu berada pada level Rp. 185. PT Borneo Lumbung Tbk atau BORN juga mengalami penurunan nilai saham hingga 67.78% yang menjadi indeks harga sahamnya menjadi hanya Rp. 174 saja.

 IHSG, info saham

Similar Articles

Brussel Diguncang Bom, Saham Eropa Pun Bergetar

Brussel Diguncang Bom, Saham Eropa Pun Bergetar 0

Beberapa waktu yang lalu Eropa dikejutkan dengan adanya serangan bom di Brussel, Belgia. Serangan di

3 Kriteria Penting yang Anda Harus Tahu saat Investasi Saham

3 Kriteria Penting yang Anda Harus Tahu saat Investasi Saham 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi paling menjanjikan karena dapat memberikan keuntungan super besar. Hal ini memang

6 Tips Sukses Investasi Saham untuk Orang Awam

6 Tips Sukses Investasi Saham untuk Orang Awam 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi terbaik yang dapat Anda pilih. Hal ini memang benar adanya, karena

Pasar Saham Menurun, Harga Emas Kembali Sehat

Pasar Saham Menurun, Harga Emas Kembali Sehat 0

Penurunan pasar saham global memberikan dampak cukup signifikan terhadap harga emas. Pada perdagangan hari Selasa atau

Hari Ini IHSG Tembus 4400 Berkat Dorongan Paket Kebijakan Ekonomi Jokowi

Hari Ini IHSG Tembus 4400 Berkat Dorongan Paket Kebijakan Ekonomi Jokowi 0

IHSG atau Indeks Harga Saham Gabungan saat ini masih dalam tren yang positif. Hari ini Indeks

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *