Teropong Bisnis | Homepage
Indeks Harga Saham Gabungan Ditutup Dengan Pelemahan

Indeks Harga Saham Gabungan Ditutup Dengan Pelemahan

0 Comments 🕔18.Jul 2014

Kabar tidak menyenangkan kembali menerpa Indeks Harga Saham Gabungan atau IHSG. Pasalnya, pada penutupan sesi I tanggal 17 Juli 2014 harga saham mengalami pelemahan. Hal ini berbeda dengan sesi pembukaan di mana harga saham gabungan mengalami penguatan. Ditengarahi bahwa pelemahan harga saham tersebut diakibatkan oleh aksi ambil untung dari investor.

Dari data harga saham, diketahui bahwa pada pukul 12.00, Indeks Harga Saham Gabungan beradap ada level 5097.33. Ini artinya, indeks harga saham menurun pada 16.6 poin atau -0.32%. Sedangkan volume perdagangan mencapai level 3.19 miliar lot saham atau senilai Rp. 2.46 triliun.

Data tersebut juga mengungkapkan bahwa 120 saham yang diperdagangkan pada sesi ini mengalami penguatan sedangkan 132 saham mengalami pelemahan. 90 saham lainnya hanya jalan ditempat atau stagnan.

Saham-saham dari LPKR, ADRO, SMGR, KLBF, dan BBTN memberikan turnover negatif pada sesi I perdagangan ini. LPKR ditutup pada level Rp, 1.60. ADRO berada pada harga Rp. 1.115, SMGR berada pada harga Rp. 16.775, KLBF di level Rp. 1.740, sedangkan BBTN berada di Rp. 1.195.

Pada perdagangan sesi I ini, saham dari ASRI, MYRX, BKSL, GGRM, dan INCO tercatat membawa turnover positif. ASRI berhasil membawa turnover positif sebesar Rp. 535, MYRX berada pada harga Rp. 615, BKSL pada level Rp. 134, GGRM dan INCO masing-masing Rp. 54.350 dan Rp. 3.835.

Kali ini, saham yang mengalami pelemahan adalah saham yang berasal dari sektor agribisnis. Nilai pelemahannya mencapai -01.4%. Hal serupa juga dialami oleh sektor pertambangan yang mencapai -0.49%.

Industri dasar ikut mengalami pelemahan yang nilainya mencapai -.97%. Selain itu, sektor lain yang terpaksa harus menurun adalah konsumer dengan nilai -0.74%, property pada level -0.15%, infrastruktur di level -0.3%, keuangan -0.14%, perdagangan yang berada pada nilai 0.43% dan manufaktur yang bertengger di level 0.45%.

Saham yang berasal dari aneka industri merupakan satu-satunya sektor yang mengalami penguatan dengan nilai mencapai 0.61%. Sebagai informasi, pada awal perdagangan Indeks Harga Saham Gabungan mengalami penguatan dan berada di zona hijau.

Hasil ini meneruskan nilai positif hari sebelumnya. Dengan kenaikan tersebut maka harga saham gabungan naik sebesar 14 poin sehingga nilainya menjadi 5.128.51. Tanda-tanda positif ini terus berlanjut hingga pukul 09.20 WIB.

Saat itu, indeks mangalami penguatan pada level 12.64 poin atau 5.126,57. Selain itu, terdapat 130 saham yang nilainya naik sedangan 48 saham mengalami penurunan nilai. 66 saham lainnya mengalami stagnan.

Nilai transaksinya pun meningkat hingga Rp. 730.669 miliar dengan volume yang mencapai 833.493 juta lot saham. Investor harus memperhatikan saham mana saja yang menguat serta saham mana saja yang menurun sebelum melakukan tindakan selanjutnya.

info saham, harga saham, ihsg, nilai tukar rupiah

BACA JUGA:

Bursa Saham Asia Bergejolak Menanti Rilis The Fed

Prediksi Jebloknya Nilai Rupiah Pasca Terpilihnya Presiden Baru

Similar Articles

Brussel Diguncang Bom, Saham Eropa Pun Bergetar

Brussel Diguncang Bom, Saham Eropa Pun Bergetar 0

Beberapa waktu yang lalu Eropa dikejutkan dengan adanya serangan bom di Brussel, Belgia. Serangan di

3 Kriteria Penting yang Anda Harus Tahu saat Investasi Saham

3 Kriteria Penting yang Anda Harus Tahu saat Investasi Saham 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi paling menjanjikan karena dapat memberikan keuntungan super besar. Hal ini memang

6 Tips Sukses Investasi Saham untuk Orang Awam

6 Tips Sukses Investasi Saham untuk Orang Awam 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi terbaik yang dapat Anda pilih. Hal ini memang benar adanya, karena

Pasar Saham Menurun, Harga Emas Kembali Sehat

Pasar Saham Menurun, Harga Emas Kembali Sehat 0

Penurunan pasar saham global memberikan dampak cukup signifikan terhadap harga emas. Pada perdagangan hari Selasa atau

Hari Ini IHSG Tembus 4400 Berkat Dorongan Paket Kebijakan Ekonomi Jokowi

Hari Ini IHSG Tembus 4400 Berkat Dorongan Paket Kebijakan Ekonomi Jokowi 0

IHSG atau Indeks Harga Saham Gabungan saat ini masih dalam tren yang positif. Hari ini Indeks

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *