Teropong Bisnis | Homepage
IHSG Diam, Meskipun Ada Aturan Lot Baru

IHSG Diam, Meskipun Ada Aturan Lot Baru

0 Comments 🕔07.Jan 2014

Nilai Rupiah memang tercatat sangat mengkhawatirkan pada akhir tahun yang lalu. Bahkan, Rupiah sempat menembus angka Rp. 12.000 per dollar AS, yang menjadi yang terburuk sejak krisis 2008. Dan, saat ini, dapat dikatakan bahwa Indonesia belum keluar sepenuhnya dari masalah ini.

Pemerintah sudah berusaha mengatasi masalah ini dengan berbagai cara. Ada banyak kebijakan yang dibuat untuk hal ini. Salah satunya adalah dibuatnya aturan lot baru.

PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mulai menerapkan aturan lot baru ini mulai minggu kedua Januari 2014. Aturan ini bertujuan untuk membuat pasar saham Indonesia menjadi lebih likuid. Selain itu, diharapkan, dengan aturan baru ini, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) akan meningkat lebih cepat. Bila hal itu terjadi, maka dipastikan masalah pada Rupiah akan selesai.

Kepala Riset MNC Securities, Edwin Sebayang menjelaskan ada beberapa perubahan yang ada di aturan lot baru ini. Yang pertama, 1 lot yang sebelumnya adalah 500 lembar saham menjadi 100 lembar saham.

Selain itu, Fraksi Harga juga berubah. Fraksi Harga Rp. 500 akan berubah menjadi Rp. 1, Rp. 5.000 akan berubah menjadi Rp. 5 dan untuk diatas Rp. 5.000 akan menjadi Rp. 25.

IHSG, aturan saham, info saham, lot saham, bisnis

Ada juga perubahan pada batasan volume auto rejection. Dengan aturan yang baru, batas auto rejection volume penawaran jual atau permintaan beli akan menjadi 50.000 lot. Untuk batas auto rejection dibawah Rp. 500 akan menjadi 35 persen, untuk Rp. 500 – Rp. 5.000 akan menjadi 25 persen dan diatas Rp. 5.000 akan menjadi 20 persen.

Yang mengkhawatirkan, penerapan aturan ini berlangsung pada awal pembukaan perdagangan di tahun yang baru. Artinya, menurut Edwin, perdagangan di BEI akan berlangsung dengan kekuatan penuh dan langsung menghadapi perubahan ini.

Dan, tidak hanya satu atau dua perubahan yang terjadi. Lot saham, Fraksi Harga dan batas volume auto rejection menambah tekanan yang ada. Hal ini diprediksi akan membuat pasar saham menjadi sepi.

Edwin mengatakan hal tersebut bukan tanpa dasar. Adanya kejatuhan Indoneisa ITF (EIDO) sebesar 0,81 persen dan naiknya indeks Dow Jones sebesar 28,64 poin atau 0,17 persen sangatlah mempengaruhi.

Adanya aturan lot baru ini juga akan membuat pasar kurang menarik bagi trader. Hal ini dikarenakan semakin banyaknya hal yang perlu dilakukan untuk mendapatkan keuntungan. Diprediksi, saham dibawah harga Rp. 500 akan mendapatkan dampak ini. Trader akan kesulitan mendapatkan short term gain karena aturan ini.

Laju IHSG pun tampak tidak terlalu mencolok dan terkesan diam pada perdagangan perdana tahun ini. Menurut Edwin, tercatat, rentah IHSG hanya 4.216 – 4.288 dengan pula Black Opening Marubozu. Hal ini juga menandakan adanya Bearish Reversal yang terjadi.

IHSG, aturan saham, info saham, lot saham, bisnis

Similar Articles

Brussel Diguncang Bom, Saham Eropa Pun Bergetar

Brussel Diguncang Bom, Saham Eropa Pun Bergetar 0

Beberapa waktu yang lalu Eropa dikejutkan dengan adanya serangan bom di Brussel, Belgia. Serangan di

3 Kriteria Penting yang Anda Harus Tahu saat Investasi Saham

3 Kriteria Penting yang Anda Harus Tahu saat Investasi Saham 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi paling menjanjikan karena dapat memberikan keuntungan super besar. Hal ini memang

6 Tips Sukses Investasi Saham untuk Orang Awam

6 Tips Sukses Investasi Saham untuk Orang Awam 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi terbaik yang dapat Anda pilih. Hal ini memang benar adanya, karena

Pasar Saham Menurun, Harga Emas Kembali Sehat

Pasar Saham Menurun, Harga Emas Kembali Sehat 0

Penurunan pasar saham global memberikan dampak cukup signifikan terhadap harga emas. Pada perdagangan hari Selasa atau

Hari Ini IHSG Tembus 4400 Berkat Dorongan Paket Kebijakan Ekonomi Jokowi

Hari Ini IHSG Tembus 4400 Berkat Dorongan Paket Kebijakan Ekonomi Jokowi 0

IHSG atau Indeks Harga Saham Gabungan saat ini masih dalam tren yang positif. Hari ini Indeks

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *