Teropong Bisnis | Homepage
Hari Ini IHSG Tembus 4400 Berkat Dorongan Paket Kebijakan Ekonomi Jokowi

Hari Ini IHSG Tembus 4400 Berkat Dorongan Paket Kebijakan Ekonomi Jokowi

0 Comments 🕔07.Oct 2015

IHSG atau Indeks Harga Saham Gabungan saat ini masih dalam tren yang positif. Hari ini Indeks Harga Saham Gabungan bergerak ke level 4.400. Satrio Utomo selaku Kepala Riset Universal Broker Indonesia atau UBI mengatakan bahwa sekarang ini pasar keuangan masih sangat menantikan gebrakan dari pemerintah Indonesia. Pasar keuangan berharap agar pemerintah dapat membantu menggerakkan gairah ekonomi di tanah air.

Sepertinya paket kebijakan ekonomi yang dicanangkan oleh Jokowi memberikan sentiment yang cukup positif. “Dana asing dalam minggu ini sudah banyak yang masuk. Hal ini bisa jadi merupakan respons dari kebijakan pemerintah dan berdampak pada respons pasar yang positif,” ucap Satrio saat diwawancarai hari Selasa (6/10).

Selain itu Satrio juga mengungkapkan bahwa Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) saat ini perlahan – lahan sudah mulai bergerak naik. Bila indeks harga saham gabungan mampu menembus level resistance pada rentang 4.308 – 4.337, maka sampai akhir tahun nanti Indeks Harga Saham Gabungan berpotensi untuk terus menguat.

“Jika resistance pada 4.308 – 4.337 sudah dapat ditembus, maka Indeks Harga Saham Gabungan akan terus mengalami kenaikan. Sehingga masih ada potensi untuk naik,” lanjut Satrio.

IHSG

Pada dasarnya ada banyak faktor yang dapat menyebabkan nilai tukar mata uang rupiah menguat dan trend positif Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) akhir – akhir ini. Tren positif tersebut diharapkan dapat terjaga dengan baik. Selain itu, kebijakan yang diterapkan oleh pemerintah Indonesia belakangan ini juga juga mempunyai keterlibatan termasuk belanja pemerintah yang telah diimplementasikan dan tentunya juga ada beberapa faktor eksternal yang mendukung di antaranya adalah FED dalam waktu dekat akan tidak akan menaikkan suku bunganya dan kenaikan harga minyak internasional untuk mengantisipasi musim dingin.

Saat ini nilai tukar mata uang rupiah juga sudah menunjukkan taringnya secara perlahan. Dollar Amerika Serikat pagi ini diketahui turun ke titik terendahnya di kisaran angka Rp 14.100,-. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya menguatnya rupiah ini sepertinya juga tidak terlepas dari pengaruh paket kebijakan ekonomi dari Presiden Jokowi yang memberikan sentiment positif untuk pasar keuangan di tanah air.

“Ini bisa jadi merupakan respon terhadap kebijakan ekonomi Jokowi sehingga pasar merespon positif.” Demikian ucap Satrio. Selain paket paket kebijakan ekonomi Presiden Jokowi, Satrio juga menjelaskan bahwa faktor dari luar atau faktor eksternal juga ikut mendukung menguatnya nilai tukar rupiah.

Pasar percaya bila bank sentar AS yaitu The Fed atau The Federal Reserve tidak berencana untuk menaikkan tingkat suku bunga mereka pada bulan Oktober 2015 ini. “Masyarakat semakin percaya jika bank The Fed tidak berencana untuk menaikkan bunga mereka pada Oktober ini,” ungkap Satrio.

Satrio juga menambahkan bahwa penguatan nilai rupiah ini masih akan terus berlanjut bila didukung dengan sentiment yang positif dari dalam negeri. “Hal ini juga akan semakin bagus jika Gubernur BI (Pak Agus Marto) mau menyesuaikan suku bunganya,” pungkas Satrio.

IHSG

Similar Articles

Brussel Diguncang Bom, Saham Eropa Pun Bergetar

Brussel Diguncang Bom, Saham Eropa Pun Bergetar 0

Beberapa waktu yang lalu Eropa dikejutkan dengan adanya serangan bom di Brussel, Belgia. Serangan di

3 Kriteria Penting yang Anda Harus Tahu saat Investasi Saham

3 Kriteria Penting yang Anda Harus Tahu saat Investasi Saham 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi paling menjanjikan karena dapat memberikan keuntungan super besar. Hal ini memang

6 Tips Sukses Investasi Saham untuk Orang Awam

6 Tips Sukses Investasi Saham untuk Orang Awam 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi terbaik yang dapat Anda pilih. Hal ini memang benar adanya, karena

Pasar Saham Menurun, Harga Emas Kembali Sehat

Pasar Saham Menurun, Harga Emas Kembali Sehat 0

Penurunan pasar saham global memberikan dampak cukup signifikan terhadap harga emas. Pada perdagangan hari Selasa atau

Bursa Saham Cina Negatif, Negara Lain Positif

Bursa Saham Cina Negatif, Negara Lain Positif 0

Pekan ini, bursa saham Cina masih dalam tren negatif setelah sebelumnya terjadi aksi jual besar-besaran. Aksi jual

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *