Teropong Bisnis | Homepage
Grand Kartech Naik Dan Melonjak Tinggi

Grand Kartech Naik Dan Melonjak Tinggi

🕔09.Nov 2013

Minggu lalu, banyak analis yang memprediksi bahwa IHSG akan menurun. Dan hal tersebut didasari banyak kondisi yang ditemukan dalam perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) beberapa hari terakhir, dimana banyak saham perusahaan mengalami pelemahan. Tetapi, untuk PT Grand Kartech Tbk, perusahaan ini ternyata mengalami yang sebaliknya.

Perusahaan yang bergerak di bidang rekayasa dan manufaktur telah resmi mencatatkan sahamnya di BEI dengan kode KRAH. Saham KRAH dibuka dengan berada di zona positif. Nilai saham perusahaan ini naik ke angka Rp. 375. Dan saat dibuka pagi ini, saham perusahaan ini mencatatkan kenaikan yang sangat signifikan yaitu sebesar 49 persen atau naik sebesar Rp. 135 ke angka Rp. 410.

Volume perdagangan saham untuk Grand Kartech juga menunjukkan status yang cukup menjanjikan. Pagi ini, volume perdagangan KRAH mencapai 401 juta lembar saham.

Grand Kartech melepaskan 163.640.000 lembar saham saat penawaran umum kepada publik beberapa waktu yang lalu. Jumlah ini setara dengan 16,85 persen dari total modal yang ditanamkan di pasar modal. Harga perdana saham dari perusahaan ini adalah Rp. 275 per lembar saham, artinya, kondisi saat ini menunjukkan bahwa perusahaan ini dipandang sangat menjanjikan dengan naiknya nilai sahamnya.

Grand Kartech menargetkan akan mendapatkan dana segar dari penjualan saham di BEI ini. Jumlah dana yang ditargetkan akan diperoleh sejak proses IPO dimulai yaitu sebesar Rp. 45,001 miliar.

Kenneth Sutardja, Direktur Utama PT Grand Kartech Tbk (KRAH) mengatakan bahwa sebagian dana segar yang diperoleh dari penjualan saham ini akan digunakan untuk beberapa hal. Pertama, 51,63 persen dari hasil IPO digunakan untuk membangun pabrik Karawang II. Sisanya, akan digunakan untuk membeli mesin produksi dan kendaraan operasional tambahan.

Kenneth Sutardja juga mengatakan bahwa pihaknya yakin bahwa perusahaannya akan terus berkembang. Hal ini dikarenakan permintaan dari industri otomotif, pertambangan, energi, minyak dan gas juga terus bertambah seiring berkembangnya sektor ini.

Selain meningkatnya permintaan dari sektor-sektor yang sedang berkembang, bisnis Grand Kartech tidak terpengaruh oleh fluktuasi eknomi jangka pendek. Oleh karena itu, bisnis perushaan ini stabil.

Dengan dibangunnya pabrik Karawang II dengan dana yang diperoleh dari IPO, maka Kenneth mengatakan kapasitas produksi akan bertambah sebanyak 50-100 persen. Hal ini akan mendukung perkembangan perusahaan ini.

Grand Kartech menunjuk PT Andalan Artha Advisindo Sekuritas dan PT Investindo Nusantara Sekuritas sebagai penjamin pelaksana IPO ini.

Direktur Utama PT Andalan Artha Advisindo Sekuritas, Andri Rukminto mengatakan bahwa saham perusahaan ini telah meningkat sebesar 44 kali dari total saham yang dilempar ke publik. Hal ini terjadi semenjak masa penawaran umum (offering period) yang dimulai pada tanggal 30 Oktober sampai 1 November.

Similar Articles

Brussel Diguncang Bom, Saham Eropa Pun Bergetar

Brussel Diguncang Bom, Saham Eropa Pun Bergetar 0

Beberapa waktu yang lalu Eropa dikejutkan dengan adanya serangan bom di Brussel, Belgia. Serangan di

3 Kriteria Penting yang Anda Harus Tahu saat Investasi Saham

3 Kriteria Penting yang Anda Harus Tahu saat Investasi Saham 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi paling menjanjikan karena dapat memberikan keuntungan super besar. Hal ini memang

6 Tips Sukses Investasi Saham untuk Orang Awam

6 Tips Sukses Investasi Saham untuk Orang Awam 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi terbaik yang dapat Anda pilih. Hal ini memang benar adanya, karena

Pasar Saham Menurun, Harga Emas Kembali Sehat

Pasar Saham Menurun, Harga Emas Kembali Sehat 0

Penurunan pasar saham global memberikan dampak cukup signifikan terhadap harga emas. Pada perdagangan hari Selasa atau

Hari Ini IHSG Tembus 4400 Berkat Dorongan Paket Kebijakan Ekonomi Jokowi

Hari Ini IHSG Tembus 4400 Berkat Dorongan Paket Kebijakan Ekonomi Jokowi 0

IHSG atau Indeks Harga Saham Gabungan saat ini masih dalam tren yang positif. Hari ini Indeks