Teropong Bisnis | Homepage
Exxon Menjadi Juara di Pasar Saham AS

Exxon Menjadi Juara di Pasar Saham AS

0 Comments 🕔18.Nov 2013

Rupiah saat ini masih berada di zona negatif. Pelemahan nilai tukar Rupiah terhadap Dolar AS ini disebabkan oleh banyak hal. Salah satunya adalah membaiknya kondisi perekonomian Amerika Serikat setelah beberapa waktu yang lalu diterpa badai masalah. Dan, hal ini dapat dilihat dari keadaan Indeks Dow Jones dan S&P 500.

Indeks Dow dan S&P 500 pekan ini mencatatkan level yang paling tinggi. Dan, tercatat pula bahwa hasil ini merupakan kali keenam pasar saham AS meraih keuntungan.

Ada banyak alasan mengapa hal ini terjadi. Tetapi, banyak analis menyatakan bahwa hal ini sedikit banyak dipengaruhi oleh pemilihan ketua Federal Reserve yang baru.

Saat ini, calon terkuat yang akan menjadi ketua Federal Reserve yang baru adalah Janet Yellen dan dia adalah salah satu penjabat yang mempunyai program untuk melanjutkan stimulus bank sentral untuk pelaku ekonomi di Amerika Serikat. Oleh karena itu, banyak pelaku pasar yang optimis bahwa bisnis mereka akan tumbuh dengan adanya program tersebut.

Selain itu, beberapa perusahaan juga mencatatkan hasil yang baik di pasar saham. Salah satunya adalah Exxon Mobil Corp (XOM.N). Saham perusahaan ini tercatat naik sebesar 2,2 persen menjadi USD 95,27.

Kenaikan saham dari perusahaan Exxon Mobil ini dipicu oleh kabar yang mengatakan bahwa Warren Buffett Berkshire Hathaway Inc (BRKa.N) akan membeli USD 3,45 miliar saham dari Exxon.

Dengan kenaikan yang tercatat ini, Exxon juga tidakhanya menjadi perusahaan dengan kapitalisasi pasar terbesar kedua di Amerika Serikat. Exxon juga berhasil menempati posisi terdepan dalam indeks saham blue chip di pasar saham Dow Jones.

Menurut kepala investasi Commonwealth, Brad McMillan, perkembangan pasar saham AS dirasanya baik saat ini. Menurutnya, ada harapan bahwa pasar akan terus rally untuk sisa tahun ini.

Sedangkan untuk kenaikan saham lain yang terjadi di pasar saham Amerika Serikat, berikut detailnya. Indeks Dow Jones Industrial Average (DJI) naik 85,48 poin atau 0,54 persen menuju posisi15.961,70. Sedangkan indeks The Standard & Poor 500 (SPX) naik 7.56 poin atau 0,42 persen menuju posisi 1.798,18, dan indeks Nasdaq Composite (IXIC) mengalami kenaikan sebesar 13,23 poin atau 0,33 persen menuju ke posisi 3.985,97 .

Akan tetapi, seiring dengan kenaikan yang terjadi di pasar saham AS, terdapat juga kabar yang cukup mengejutkan mengenai penurunan beberapa sektor industri.

Yang pertama adalah menurunnya sektor manufaktur negara bagian New York pada bulan ini. Hal menjadi kabar yang mengejutkan banyak pihak karena banyak pihak memprediksi bahwa semua sektor industri di Amerika Serikat naik seiring membaiknya keadaan ekonomi.

Selain itu, produksi industri AS juga turun pada Oktober. Hal ini disebabkan karena menurunnya output dari pembangkit listrik dan tambang.

Similar Articles

Brussel Diguncang Bom, Saham Eropa Pun Bergetar

Brussel Diguncang Bom, Saham Eropa Pun Bergetar 0

Beberapa waktu yang lalu Eropa dikejutkan dengan adanya serangan bom di Brussel, Belgia. Serangan di

3 Kriteria Penting yang Anda Harus Tahu saat Investasi Saham

3 Kriteria Penting yang Anda Harus Tahu saat Investasi Saham 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi paling menjanjikan karena dapat memberikan keuntungan super besar. Hal ini memang

6 Tips Sukses Investasi Saham untuk Orang Awam

6 Tips Sukses Investasi Saham untuk Orang Awam 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi terbaik yang dapat Anda pilih. Hal ini memang benar adanya, karena

Pasar Saham Menurun, Harga Emas Kembali Sehat

Pasar Saham Menurun, Harga Emas Kembali Sehat 0

Penurunan pasar saham global memberikan dampak cukup signifikan terhadap harga emas. Pada perdagangan hari Selasa atau

Hari Ini IHSG Tembus 4400 Berkat Dorongan Paket Kebijakan Ekonomi Jokowi

Hari Ini IHSG Tembus 4400 Berkat Dorongan Paket Kebijakan Ekonomi Jokowi 0

IHSG atau Indeks Harga Saham Gabungan saat ini masih dalam tren yang positif. Hari ini Indeks

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *