Teropong Bisnis | Homepage
Emas Kembali Disayang Investor

Emas Kembali Disayang Investor

0 Comments 🕔04.Jan 2014

Bila Anda ingin berinvestasi, maka ada beberapa pilihan instrumen investasi yang dapat Anda pilih. Emas adalah salah satunya. Emas dikatakan pilihan terbaik, karena nilai emas tetap stabil dan mempunyai daya jual yang tinggi. Selain itu, selalu ada tren naiknya nilai emas dari tahun ke tahun, yang membuatnya menjadi penghasil keuntungan besar untuk para investor.

Saat ini, harga emas turun sehingga membuatnya banyak diburu oleh para investor. Bila instrumen investasi lain dipandang negatif saat harganya turun, maka emas sebaliknya. Para investor masih menganggap emas menjadi investasi teraman, meskipun harga emas turun.

Karena banyak investor yang membeli emas, harga emas pun mengalami pergerakan. Harga emas mulai menguat dan mendekati level tertinggi dua mingguan, saat ini.

Dilansir dari Reuters, harga emas jenis Spot naik sebesar 1,9 persen atau USD22,90 menjadi USD1,225.20 per troy ons. Dan, untuk level tertinggi dua mingguan emas jenis ini, tercatat berada di level USD1.230,65 per troy ons.

Memang harga emas sempat menurun pada tahun 2013 yang lalu yaitu sebesar 28 persen. Hal ini menjadi akhir dari penguatan emas yang terjadi secara terus menerus selama 12 tahun terakhir. Selain itu, penurunan ini juga menjadi salah satu kerugian terbesar dalam 32 tahun.

emas, harga emas, investor, saham, investasi

Penyebab penurunan emas tersebut adalah karena adanya rencana Federal Reserve Amerika Serikat (AS) untuk menghentikan stimulus moneter. Sebelumnya, pada tahun 2011, The Fed telah mengucurkan stimulus sebesar USD85 miliar per bulan. Hal ini menyebabkan emas pernah mencapai rekor harga tertinggi di atas USD 1.900 per troy ons.

Akan tetapi, rupanya keputusan The Fed membawa dampak lain. Besarnya stimulus yang diberikan ini mendorong meningkatnya inflasi. Dan memang, sempat terjadi masalah pada perekonomian AS.

Akan tetapi, meskipun begitu, banyak investor mulai mencari emas sebagai pelindung aset mereka. Dan, hal ini pulalah yang mempertahankan emas sebagai salah satu instrumen investasi yang menjanjikan.

Mulai menguatnya dan meningkatnya nilai dan daya tarik emas ini juga menjadi berkah beberapa perusahaan yang mempunyai usaha yang berhubungan dengan komoditi ini.

Salah satunya adalah Cina Gold International (CGG.TO). Perusahaan ini berniat untuk melakukan akuisisi di Kanada. Akan tetapi, harga aset perusahaan ini masih belum ditemukan.

Menurut beberapa pelaku pasar, emas kembali disayang para investor karena beberapa sebab. Salah satunya adalah adanya bargain hunting oleh investor institusi pada awal tahun ini. Hal ini mendukung penguatan emas setelah adanya penurunan nilai bullion untuk posisi terendah untuk enam bulan terakhir.

Jadi, bila Anda ingin berinvestasi atau menambah investasi Anda, mungkin emas dapat menjadi pilihan yang tepat. Memang akan terjadi pelambatan pertumbuhan ekonomi tahun ini, tetapi, diprediksi emas akan tetap stabil.

emas, harga emas, investor, saham, investasi

Similar Articles

Brussel Diguncang Bom, Saham Eropa Pun Bergetar

Brussel Diguncang Bom, Saham Eropa Pun Bergetar 0

Beberapa waktu yang lalu Eropa dikejutkan dengan adanya serangan bom di Brussel, Belgia. Serangan di

3 Kriteria Penting yang Anda Harus Tahu saat Investasi Saham

3 Kriteria Penting yang Anda Harus Tahu saat Investasi Saham 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi paling menjanjikan karena dapat memberikan keuntungan super besar. Hal ini memang

6 Tips Sukses Investasi Saham untuk Orang Awam

6 Tips Sukses Investasi Saham untuk Orang Awam 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi terbaik yang dapat Anda pilih. Hal ini memang benar adanya, karena

Pasar Saham Menurun, Harga Emas Kembali Sehat

Pasar Saham Menurun, Harga Emas Kembali Sehat 0

Penurunan pasar saham global memberikan dampak cukup signifikan terhadap harga emas. Pada perdagangan hari Selasa atau

Hari Ini IHSG Tembus 4400 Berkat Dorongan Paket Kebijakan Ekonomi Jokowi

Hari Ini IHSG Tembus 4400 Berkat Dorongan Paket Kebijakan Ekonomi Jokowi 0

IHSG atau Indeks Harga Saham Gabungan saat ini masih dalam tren yang positif. Hari ini Indeks

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *