Teropong Bisnis | Homepage
Direktur Sido Muncul Menangis di Gedung BEI

Direktur Sido Muncul Menangis di Gedung BEI

0 Comments 🕔19.Dec 2013

Salah satu hal yang menarik perhatian pada perdagangan bursa saham kali ini adalah soal saham PT. Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk atau SIDO. Kabar baik sedang mengelayuti perusahaan ini. Pasalnya, pada perdagangan perdananya SIDO sudah mengalami penguatan mencapai level Rp. 660 per lembar saham.

Harga ini lebih tinggi dibandingkan saat penawaran Initial Public Offering atau IPO. Pada awal penawaran, harga per lembar saham hanya mencapai Rp. 580 per lembar saham. Bahkan, saham dari industri jamu ini sempat menyentuh level tertingginya yaitu Rp. 720 per lembar saham. Sedangkan untuk level terendah industri ini ada pada Rp. 640 per lembar saham.

Lebih lanjut lagi, saham milik PT. Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk ini sudah ditransaksikan sebanyak 277 kali. Volume transaksinya mencapai 31.000 lot yang setara dengan Rp. 10 miliar. Irwan Hidayat selaku Direktur utama Sido Muncul langsung memberikan komentar terkait kondisi saham perusahaannya di perdagangan bursa saham.

Menurutnya. kondisi tersebut merupakan awal yang bagus dan pihaknya akan selalu berusaha untuk transparan. Uniknya, Irwan justru ingin sekali menghadirkan pemegang saham terbesar perusahaannya dalam pencatatan kali ini. Rupanya, pemegang saham terbesar tersebut tidak lain adalah ibunya sendiri. Bahkan, Direktur Sido Muncul ini menangis saat hadir dalam pencatatan saham perdana perusahaannya tersebut di Gedung BEI, Jakarta.

sido muncul

Sebelumnya, Irwan memang sudah mencatatkan saham perusahaannya tersebut di BEI yang mencapai Rp. 15 miliar. Untuk pembelian saham pihak umum mencapai Rp. 1.5 miliar saham. Jumlah ini setara dengan 10% dari total modal. Bayangkan, dengan harga saham awal yang Rp. 580 per lembar saja, perusahaan ini sudah meraih dana mencapai Rp. 870 miliar.

Dana ini nantinya akan digunakan untuk 3 aktivitias utama yaitu modal kerja, investasi dan pengembangan sistem teknologi dan informasi atau IT. Secara detail, sebagian dana atau 56% hasil dari IPO tersebut akan digunakan untuk aktivitas yang berhubungan dengan modal kerja. 42%-nya akan digunakan untuk investasi.

Sedangkan 2%-nya digunakan untuk pengembangan sistem IT. Rencananya, pihak PT. Sido Muncul akan membeli tanah di daerah Semarang dengan luas sekitar 10 hektar. Tanah tersebut akan digunakan untuk membangun pabrik baru dan memproduksi produk Tolak Angin. Selain itu, pihaknya juga akan membeli tanah seluas 18.000 meter persegi untuk gudang barang jadi milik PT Muncul Mekar.

Dana tersebut juga untuk pembelian mesin dari PT. Semarang Herbal Indo Plant. Sebagai tambahan, perusahaan Sido Muncul akan menjadi emiten terakhir yaitu emiten ke-31 yang memberikan laporan sahamnya kepada pihak BEI tahun ini.

Perusahaan lain yang sudah mencatatkan sahamnya antara lain PT. Pelayaran Nasional Bima Buana Raya Tbk atau BBRM, PT. Saraswati Griya Lestari Tbk atau HOTL, PT. Sarana Meditama Metropolitan Tbk atau SAME, dan PT. Multi Agro Gemilang Plantation Tbk atau MAGP.

sido muncul

Similar Articles

Brussel Diguncang Bom, Saham Eropa Pun Bergetar

Brussel Diguncang Bom, Saham Eropa Pun Bergetar 0

Beberapa waktu yang lalu Eropa dikejutkan dengan adanya serangan bom di Brussel, Belgia. Serangan di

3 Kriteria Penting yang Anda Harus Tahu saat Investasi Saham

3 Kriteria Penting yang Anda Harus Tahu saat Investasi Saham 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi paling menjanjikan karena dapat memberikan keuntungan super besar. Hal ini memang

6 Tips Sukses Investasi Saham untuk Orang Awam

6 Tips Sukses Investasi Saham untuk Orang Awam 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi terbaik yang dapat Anda pilih. Hal ini memang benar adanya, karena

Pasar Saham Menurun, Harga Emas Kembali Sehat

Pasar Saham Menurun, Harga Emas Kembali Sehat 0

Penurunan pasar saham global memberikan dampak cukup signifikan terhadap harga emas. Pada perdagangan hari Selasa atau

Hari Ini IHSG Tembus 4400 Berkat Dorongan Paket Kebijakan Ekonomi Jokowi

Hari Ini IHSG Tembus 4400 Berkat Dorongan Paket Kebijakan Ekonomi Jokowi 0

IHSG atau Indeks Harga Saham Gabungan saat ini masih dalam tren yang positif. Hari ini Indeks

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *