Teropong Bisnis | Homepage
Dampak Positif Menguatnya Bursa Saham AS

Dampak Positif Menguatnya Bursa Saham AS

0 Comments 🕔16.Oct 2013

Setelah mengalami penurunan yang signifikan, akhirnya bursa saham AS menguat. Penguatan ini terjadi pada perdagangan bergelombang dengan Dow dan S&P 500 yang ditutup di teritori positif. Hal ini terjadi dalam 4 sesi beruntun khususnya setelah investor melihat sinyalemen positif dalam kesepakatan anggaran.

Terjadinya penguatan bursa saham AS juga di awal sesi ini juga terjadi setelah Presiden Barack Obama dan wakilnya Joe Biden merencanakan pertemuan dengan pimpinan kongres. Sayangnya, pertemuan ini ditunda karena telah terjadi kemajuan penting dalamnegosiasi. Setidaknya, dengan adanya penundaan ini maka kedua kubu memiliki waktu untuk berdiskusi. Pernyataan ini dilangsir dari Gedung Putih.

Sementara itu, pada penutupan perdagangan, Indeks Dow Jones menguat hingga 64.15 poin atau 0.42% menjadi 15301.26. Lebih lanjut, Nasdaq juga mengalami penguatan hingga 0.62% atau 23.40 poin menjadi 3815.28 sedangkan S&P 500 menguat hingga 6.94 poin atau 0.41% menjadi 1710.14.

Dampak penguatan bursa saham AS tidak hanya dirasakan oleh Amerika Serikat saja namun juga bursa saham Eropa. Nyatanya, rencana kesepakatan hutang AS menguatkan sentimen pasar global. Awalnya, bursa saham Eropa berpatokan pada trend bursa saham Asia selainChina. Trend bursa saham menunjukkan penguatan yang signifikan setelah pemerintah AS memberikan sinyal positif mengenai kesepakatan anggaran biparsi yang akan diumumkan dalam waktu dekat.

Kesepakatan ini didapatkan Senin malam saat Harry Reid sebagai pemimpin senat mayoritas berdiskusi dengan Mitch McConnell selaku mitra Republik-nya. Mereka menyepakati bahwa pendanaan jangka pendek sudah bisa diketahui pada hari Selasa. Reid sendiri mengatakan bahwa kemajuan ini sangatlah mengagumkan. Diharapkan, kesepatakan ini akan mengakiri penutupan pemerintahan sehingga menaikkan plafon hutang untuk kebutuhan pinjaman negara sampai pertengahan Februari 2014 mendatang.

Selain terjadinya peningkatan pada beberapa bursa saham, ternyata ada pula bursa saham yang melemah. Salah satu bursa saham yangmelemah adalah Burberry Grup. Penurunan ini terjadi setelah adanya pengumuman bahwa Christopher Bailey selaku chief creative officerakan menjadi CEO menggantikan CEO lama, Angela Ahrendts yang hengkang ke Apple. Rencananya, Ahrendts akan mengundurkan diri sebagai CEO pada pertengahan 2014 mendapat.

Setelah kepergian Ahrendts nanti, Bailey akan mengemban tugas ganda. Sebagai informasi, pada sesi perdagangan pagi hari. saham Burberry sudah turun hingga 4.7%. Lebih jauh lagi, dampak positif penguatan bursa saham AS juga menguatkan bursa saham Asia.Menariknya, indeks Asia yang berada di luar Jepang mencatat level tertinggi dalam 5 bulan terakhir.

Sebagai contoh, indeks saham untuk kawasan Asia-Pasifik di luar Jepang seperti Indeks MSCI menguat hingga lebih dari 0.6% bahkanpenguatan ini merupakan level tertinggi sejak 23 Mei yang lalu. Indeks Nikkei juga menyentuh level puncak dengan penguatan sekitar 0.6%.

 

Similar Articles

Brussel Diguncang Bom, Saham Eropa Pun Bergetar

Brussel Diguncang Bom, Saham Eropa Pun Bergetar 0

Beberapa waktu yang lalu Eropa dikejutkan dengan adanya serangan bom di Brussel, Belgia. Serangan di

3 Kriteria Penting yang Anda Harus Tahu saat Investasi Saham

3 Kriteria Penting yang Anda Harus Tahu saat Investasi Saham 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi paling menjanjikan karena dapat memberikan keuntungan super besar. Hal ini memang

6 Tips Sukses Investasi Saham untuk Orang Awam

6 Tips Sukses Investasi Saham untuk Orang Awam 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi terbaik yang dapat Anda pilih. Hal ini memang benar adanya, karena

Pasar Saham Menurun, Harga Emas Kembali Sehat

Pasar Saham Menurun, Harga Emas Kembali Sehat 0

Penurunan pasar saham global memberikan dampak cukup signifikan terhadap harga emas. Pada perdagangan hari Selasa atau

Hari Ini IHSG Tembus 4400 Berkat Dorongan Paket Kebijakan Ekonomi Jokowi

Hari Ini IHSG Tembus 4400 Berkat Dorongan Paket Kebijakan Ekonomi Jokowi 0

IHSG atau Indeks Harga Saham Gabungan saat ini masih dalam tren yang positif. Hari ini Indeks

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *