Teropong Bisnis | Homepage
Dampak Perubahan Peraturan Dari Bursa Efek Indonesia Terhadap Saham

Dampak Perubahan Peraturan Dari Bursa Efek Indonesia Terhadap Saham

0 Comments 🕔10.Jan 2014

Ada beberapa hal yang akan berubah setelah diterbitkannya perubahan Peraturan Nomor II-A tentang perdagangan efek bersifat ekuitas oleh Bursa Efek Indonesia atau BEI. Salah satu perubahan yang terjadi adalah terkait dengan satuan perdagangan atau lot size. Semula, satuan lot size adalah 500 efek bersifat ekuitas.

Dengan diterbitkannya peraturan baru tersebut satuan perdagangan berubah menjadi 100 efek bersifat ekuitas. Hal ini akan memicu perubahan besaran fraksi harga baik di pasar regular ataupun pasar tunai. Selain perubahan satuan perdagangan, perubahan peraturan yang diterbitkan oleh Bursa Efek Indonesia tersebut juga menyangkut Efek Bersifat Ekuitas.

Jika harga previous Efek Bersifat Ekuitas kurang dari Rp. 500 maka ada penetapan fraksi sebesar Rp. 1. Hal ini juga berlaku untuk setiap jenjang perubahan harga dengan jumlah maksimal Rp. 20. Di sisi lain, jika harga previous Efek Bersifat Ekuitas berada pada rentang Rp. 500 sampai dengan kurang dari Rp. 500 maka fraksi yang ditetapkan sebesar Rp. 5.

Sama halnya dengan ketentuan pertama, aturan ini juga berlaku untuk setiap jenjang perubahan harga. Untuk aturan kedua ini, harga maksimum yang diperbolehkan adalah Rp. 100. Perubahan juga terjadi pada Efek Bersifat Ekuitas dengan harga previous Rp. 5000 atau lebih. Dalah hal ini, penetapan fraksinya adalah sebesar Rp. 25.

bursa efek, BEI, info saham, aturan saham, aturan baru BEI

Untuk setiap jenjang perubahan, harga maksimum yang diperbolehkan adalah Rp. 500. Perubahan lainnya adalah terkait dengan volume penawaran maksimum jual dan atau permintaan beli khususnya untuk proses perdagangan efek yang bersifat ekuitas. Perubahan ini berlaku baik untuk pasar regular dan pasar tunai.

Awalnya, Jakarta Automated Trading System atau JATS berencana melakukan Auto Rejection. Hal ini akan dilakukan jika volume penawaran jual dan juga atau permintaan beli efek lebih dari 10.000 lot atau 5% dari jumlah yang tercatat di bursa. Aturan tersebut diubah menjadi 50.000 per lot atau 5% dari jumlah yang tercatat di bursa.

Peraturan baru ini sudah efektif dilaksanakan mulai tanggal 6 Januari 2014. Perubahan yang dilakukan oleh Bursa Efek Indonesia memiliki dampak positif. Diantaranya, dengan adanya satuan perdagangan baru maka saham berjumlah kurang dari 500 yang awalnya tidak bisa diperdagangkan di pasar regular atau tunai bisa diperdagangkan.

Saham tersebut bisa diperdagangkan jika mencapai kelipatan 100 saham. Perubahan tersebut juga akan memicu investasi saham menjadi lebih terjangkau. Pemodal retail akan mendapatkan angina segar karena Anda yang melakoni aktivitas ini bisa mengalokasikan modal dan melakukan diversifikasi portfolio dengan mudah.

Selain itu, Anda juga bisa membentuk portfolio berisi saham-saham blue chip tentunya dengan dasar yang lebih baik dari sebelumnya. Frekuensi transaksi saham juga akan meningkat. Sedangkan perubahan fraksi harga atau tick price akan menyebabkan profit per poin menjadi menurun.

bursa efek, BEI, info saham, aturan saham, aturan baru BEI

BACA JUGA:

Semua Bersiap! Tahun Baru Aturan Baru BEI

IHSG Diam, Meskipun Ada Aturan Lot Baru

Similar Articles

Brussel Diguncang Bom, Saham Eropa Pun Bergetar

Brussel Diguncang Bom, Saham Eropa Pun Bergetar 0

Beberapa waktu yang lalu Eropa dikejutkan dengan adanya serangan bom di Brussel, Belgia. Serangan di

3 Kriteria Penting yang Anda Harus Tahu saat Investasi Saham

3 Kriteria Penting yang Anda Harus Tahu saat Investasi Saham 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi paling menjanjikan karena dapat memberikan keuntungan super besar. Hal ini memang

6 Tips Sukses Investasi Saham untuk Orang Awam

6 Tips Sukses Investasi Saham untuk Orang Awam 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi terbaik yang dapat Anda pilih. Hal ini memang benar adanya, karena

Pasar Saham Menurun, Harga Emas Kembali Sehat

Pasar Saham Menurun, Harga Emas Kembali Sehat 0

Penurunan pasar saham global memberikan dampak cukup signifikan terhadap harga emas. Pada perdagangan hari Selasa atau

Hari Ini IHSG Tembus 4400 Berkat Dorongan Paket Kebijakan Ekonomi Jokowi

Hari Ini IHSG Tembus 4400 Berkat Dorongan Paket Kebijakan Ekonomi Jokowi 0

IHSG atau Indeks Harga Saham Gabungan saat ini masih dalam tren yang positif. Hari ini Indeks

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *