Teropong Bisnis | Homepage
CIMB Group Luncurkan Saham Baru Sebesar 500 Juta

CIMB Group Luncurkan Saham Baru Sebesar 500 Juta

0 Comments 🕔16.Jan 2014

CIMB Group dalam waktu dekat berencana untuk menerbitkan 500 juta saham baru atau sebanding 6,08 % dengan harga 7,10 Ringgit Malaysia untuk per sahamnya. Harga ini 2 % di bawah rata – rata harga tertimbang volume yang diperdagangkan pada hari Jumat (10/1). Rencana CIMB tersebut bertujuan untuk memperkokoh posisi modal dari proses penawaran terbatas atau accelerated book build private placement.

Sir Nazir Razak selaku Group Chief Executive dari CIMB mengatakan bahwa pendapatan keseluruhan dari penerbitan saham baru ini akan mencapai angka 3,55 milyar ringgit Malaysia atau senilai Rp 13,1 trilyun.. Dengan adanya rencana baru ini, Common Equity Tier 1 (CET1) CIMB Group sejak tanggal 30 September 2013 kemarin sebesar 1,5 persen yaitu dari 8,2 persen menjadi sekitar 9,7 persen.

“Kami sangat senang karena dalam waktu singkat telah berhasil mengumpulkan dana dari CET1 dengan jumlah yang besar untuk menambah modal,” ungkap Razak dalam siaran pers hari Rabu (15/1).

Menurut Razak, walaupun sudah berusaha keras agar kegiatan operasional perusahaan dapat berjalan dengan modal yang optimal, nilai Rupiah yang menurun drastis sepanjang tahun 2013 menyebabkan rencana akumulasi modal mengalami kendala. “Kami langsung mengambil keputusan untuk mereposisi modal agar laju pertumbuhan usaha tetap terjaga,” ujarnya.

 cimb group, saham, info saham. perbankan, ekonomi

Penembatan ekuiti baru perusahaan ini dilakukan kepada investor baik dari dalam maupun luar negeri pada perdagangan hari Senin kemarin. Di sepanjang hari kerja tersebut, perdagangan saham perusahaan dalam Bursa Malaysia ditangguhkan atau suspended.

“Kami senang mengetahui banyak investor lokal maupun investor asing yang mendukung keputusan emisi CIMB sehingga penjualan hanya sedikit berada di bawah harga pasar saat ini,” tambah Razak. Menurut Razak, hal tersebut membuktikan bahwa para investor yakin dengan kinerja perusahaan CIMB beserta strategi pertumbuhan yang dijalankan.

“Dengan modal yang baru, kami mampu menghadapi berbagai gejolak yang terjadi di bursa keuangan. Kami juga dapat tersebut mengembangkan usaha untuk masa yang akan datang dengan laju yang sudah kami tetapkan,” lanjutnya.

Dalam kenyataannya, jumlah pesanan yang masuk ternyata melebihi dari jumlah penawaran. Akhirnya, CIMB memutuskan untuk menaikkan volume saham sebesar 25 persen yaitu menjadi 500 juta saham yang awalnya hanya 400 juta saham.

Setelah hari Senin kemarin ditangguhkan, saham CIMB kembali diperdagangkan pada Bursa Malaysia hari Rabu (15/1). Sementara itu, penerbitan saham baru dari CIMB Group dijadwalkan akan berlangsung pada tanggal 22 Januari mendatang dan dicatatkan di bursa perdagangan Malaysia pada tanggal 23 Januari 2014.

Sementara itu yang bertindak sebagai konsultan adalah CIMB Investment Bank. Sedangkan bank yang ditunjuk menjadi penjamin emisi di antaranya adalah CIMB Investment Bank, Credit Suisse, dan Bank of America Merrill Lynch.

cimb group, saham, info saham. perbankan, ekonomi

BACA JUGA;

Semua Mata Tertuju Pada Laju IHSG Pekan Ini Yang Terdeteksi Melemah

Dampak Perubahan Peraturan Dari Bursa Efek Indonesia Terhadap Saham

Similar Articles

Brussel Diguncang Bom, Saham Eropa Pun Bergetar

Brussel Diguncang Bom, Saham Eropa Pun Bergetar 0

Beberapa waktu yang lalu Eropa dikejutkan dengan adanya serangan bom di Brussel, Belgia. Serangan di

3 Kriteria Penting yang Anda Harus Tahu saat Investasi Saham

3 Kriteria Penting yang Anda Harus Tahu saat Investasi Saham 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi paling menjanjikan karena dapat memberikan keuntungan super besar. Hal ini memang

6 Tips Sukses Investasi Saham untuk Orang Awam

6 Tips Sukses Investasi Saham untuk Orang Awam 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi terbaik yang dapat Anda pilih. Hal ini memang benar adanya, karena

Pasar Saham Menurun, Harga Emas Kembali Sehat

Pasar Saham Menurun, Harga Emas Kembali Sehat 0

Penurunan pasar saham global memberikan dampak cukup signifikan terhadap harga emas. Pada perdagangan hari Selasa atau

Hari Ini IHSG Tembus 4400 Berkat Dorongan Paket Kebijakan Ekonomi Jokowi

Hari Ini IHSG Tembus 4400 Berkat Dorongan Paket Kebijakan Ekonomi Jokowi 0

IHSG atau Indeks Harga Saham Gabungan saat ini masih dalam tren yang positif. Hari ini Indeks

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *