Teropong Bisnis | Homepage
Bursa Asia Menguat Tipis Menjelang Pengumuman The Fed

Bursa Asia Menguat Tipis Menjelang Pengumuman The Fed

0 Comments 🕔01.Aug 2014

Bersamaan dengan dijatuhkan sanksi ke pihak Rusia oleh pemerintah Amerika Serikat, beberapa pengaruh signifikan bisa didapati di berbagai aspek, salah satunya adalah dalam aspek ekonomi. Dikarenakan oleh ancaman resiko geopolitik yang diprediksi oleh beberapa penanam saham dan pemilik modal, saham di Wallstreet mengalami beberapa penurunan signifikan di beberapa bidang saham. Namun, berkebalikan dengan situasi tersebut, saham di bursa modal Asia Pasifik mengalampi penguatan tips dalam perdangangan beberapa hari ini, bahkan mampu mencapai titik tertinggi yang mampu dicapai dalam sekitar 6 tahun terakhir.

Menjelang dikeluarkannya kebijakan moneter dari Bank Sentral Amerika Serikat, atau yang dikenal dengan istilah The Fed (The Federal Reserve), Bursa saham asiamenguat tips dan menunjukkan pneingkatan di beberapa bidang saham. Tercatat sejak hari Rabu tanggal 30 Juli 2014, dilansir oleh Bloomberg, indeks saham MSCI mencapai penguatan dan kenainkan kurang dari sekita 0,1 persen dari posisi semlau, mencapai titik angka 149,50 pada pukul Sembilan lewat lima menit, zona waktu Jepang. Total penguatan indeks saham MSCI di wilayah Asia Pasifik sepanjang bulan ini mencapai level 2,6 %. Tercatat sejak beberapa hari ini, indeks saham Kospi Korsel menguat tipis hingga 0,2 %. Sementara indeks saham Topix Jepang tidak mengalami perubahan signifikan, namun juga mengalami perkembangan sejak dikeluarkannya laporan proyeksi dari produksi industry sejak bulan lalu.

Seperti yang dijelaskan oleh Mark Lister, seorang kepala investasi modal dari perusahaan Craigs Investment Partners, gerak gerik saham di wilayah Asia-pasifik dalam kurun waktu terakhir ini dipengaruhi oleh beberapa sentiment-sentimen yang muncul sebagai konsekuensi dari kebijakan yang diambil oleh Amerika Serikat dan beberapa Negara Eropa untuk menekan gerak gerik Rusia dalam mendukung pergerakan separatis yang menjadi sebab oleh jatuhnya pesawat MH-17 baru-baru ini. Seperti yang sudah diketahui oleh banyak pihak, kekhawatiran Amerika serikat terhadap sengketa antara Rusia dan Ukraina membawa pengarush relevan dan signifikan dalam berbagai aspek yang melibatkan kedua pihak.

Akibat dijatuhkannya sanksi oleh pemerintah Amerika Serikat dan Uni Eropa terhadap pihak Rusia pada hari Selasa kemarin, krisis dari sengketa geopolitik yang terjadi di Ukraina semakin memanas. Membuat nilai beberapa indeks saham mengalami penurunan di Wallstreet, seperti yang terlah dijelaskan di awal artikel. Ini baru sentimen pertama, sentimen kedua yang mempengaruhi saham-saham di bursa Asia Pasifik mengalami penguatan tipis berhubungan dengan akan dilepaskannya kebijakan The Fed mengenai keputusan dalam kebijakan moneternya yang melibatkan pengurangan stimulus.

Mark Lister juga menjelaskan bahwa valuasi dari saham-saham di wilayah Asia-pasifik juga seimbang alias tidak terlalu mahal namun di sisi lain juga tidak terlalu murah. Hal ini menandakan potensi lebih jauh dari saham-saham di bursa modal Asia yang akan terus menguat tipis kira kira hingga setahun kedepan. Dari sini dapat disimpulkan bahwa akan lebih banyak lagi efek signifikan dari munculnya kebijakan The Fed ini, namun mungkin pengaruhnya tidak akan terlalu signifikan karena para pelaku pasar yang terlibat akan melihat sisi mendasar dari saham-sahamya sendiri yang beredar di bursa saham Asia.

info saham, saham, ekonomi, pajak, the fed

BACA JUGA:

Penguatan IHSG Terus Terjadi Di Detik-Detik Pengumuman Hasil Pilpres

Posisi Indeks Harga Saham Gabungan Setelah Jokowi Terpilih Menjadi Presiden

Similar Articles

Brussel Diguncang Bom, Saham Eropa Pun Bergetar

Brussel Diguncang Bom, Saham Eropa Pun Bergetar 0

Beberapa waktu yang lalu Eropa dikejutkan dengan adanya serangan bom di Brussel, Belgia. Serangan di

3 Kriteria Penting yang Anda Harus Tahu saat Investasi Saham

3 Kriteria Penting yang Anda Harus Tahu saat Investasi Saham 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi paling menjanjikan karena dapat memberikan keuntungan super besar. Hal ini memang

6 Tips Sukses Investasi Saham untuk Orang Awam

6 Tips Sukses Investasi Saham untuk Orang Awam 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi terbaik yang dapat Anda pilih. Hal ini memang benar adanya, karena

Pasar Saham Menurun, Harga Emas Kembali Sehat

Pasar Saham Menurun, Harga Emas Kembali Sehat 0

Penurunan pasar saham global memberikan dampak cukup signifikan terhadap harga emas. Pada perdagangan hari Selasa atau

Hari Ini IHSG Tembus 4400 Berkat Dorongan Paket Kebijakan Ekonomi Jokowi

Hari Ini IHSG Tembus 4400 Berkat Dorongan Paket Kebijakan Ekonomi Jokowi 0

IHSG atau Indeks Harga Saham Gabungan saat ini masih dalam tren yang positif. Hari ini Indeks

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *