Teropong Bisnis | Homepage
Brussel Diguncang Bom, Saham Eropa Pun Bergetar

Brussel Diguncang Bom, Saham Eropa Pun Bergetar

0 Comments 🕔24.Mar 2016

Beberapa waktu yang lalu Eropa dikejutkan dengan adanya serangan bom di Brussel, Belgia. Serangan di Brussel yang dianggap kota paling aman di Eropa dan menjadi pusat Uni Eropa dan ekonomi Eropa membawa dampak besar. Hal ini langsung tampak dari pergerakan sahamtravel dan leisure di pasar saham Eropa yang langsung menurun.

Meskipun begitu, kondisi ini tidak terlalu parah karena saham di sektor teknologi dan otomotif mengalami peningkatan. Hal ini sedikit banyak membantu mempertahankan kondisi pasar saham Eropa ditengah jatuhnya dua sektor travel dan leisure.

Dalam peristiwa yang mencekam tersebut, setidaknya terdapat 30 orang yang tewas. Dan, hal ini membunyikan alarm keamanan untuk semua negara anggota Uni Eropa. Lorne Baring, Managing Director B Capital Wealth Managemen mengungkapkan, peristiwa ini akan berdampak pada banyak hal. Pembicaraan ekonomi dan politik pasti akan terpengaruh, yang tentunya akan berpengaruh pada saham-saham di pasar saham Eropa.

Baring juga mengungkapkan kondisi saat ini juga dapat dikatakan tidak baik. Saat ini, pertumbuhan ekonomi negara-negara Eropa belumlah optimal, setelah dilanda krisis beberapa tahun lalu. Ditambah lagi, harga ekuitas melonjak tinggi. Peristiwa ini dapat menjadi penyebab jatuhnya harga aset.

Efek dari bom Brussel ini sendiri sudah terlihat pada beberapa indeks saham. Salah satunya adalah Indeks STOXX Europe 600 Travel and Leisure. Indeks saham ini mengalami penurunan sebesar 1,8 persen. Penurunan ini juga menjadi yang paling parah dari semua indeks sektoral lainnya.

Beberapa saham Eropa juga mengalami penurunan. Misalnya, saham Ryanair, Accor, TUI dan IAG mengalami penurunan antara 1,5 persen hingga 3,8 persen. Saham-saham ini berasal dari perusahaan yang berada di sektor yang sama yaitu travel dan leisure.

Bukan hanya dua sektor tersebut yang mengalami penurunan. Beberapa perusahaan dari sektor lainnya yang berhubungan dengan dua sektor tersebut juga terpengaruh. Misalnya, Ferragamo, LVMH dan L’Oreal yang termasuk dalam sektor barang konsumsi mewah mengalami penurunan antara 1,1 persen hingga 3,4 persen.

Selain itu, Indeks FTSErofirst juga mengalami penurunan beruntun. Setelah sebelumnya mengalami penurunan sebesar 1,6 persen, terjadi juga penurunan 0,1 persen menuju level 1.338,02.

Sedangkan indeks saham teknologi mengalami kenaikan cukup signifikan. Kenaikan paling tinggi terjadi pada saham Micro Focus yang meningkat sebesar 4,8 persen. Hal ini terjadi setelah perusahaan ini  setuju untuk melakukan pembelian untuk firma AS, Serena Software.

Dari sektor otomotif, perusahaan asal Perancis, Renault mengalami kenaikan sebesar 3 persen. Angka ini termasuk yang paling tinggi diantara perusahaan di sektor otomotif. Peningkatan ini juga terjadi setelah HSBC memasukkan perusahaan ini ke dalam daftar “Europe Super 10”. Artinya, meskipun terjadi peristiwa tersebut, saham Eropa mungkin terguncang, tetapi masih cukup aman.

Saham Eropa

Similar Articles

3 Kriteria Penting yang Anda Harus Tahu saat Investasi Saham

3 Kriteria Penting yang Anda Harus Tahu saat Investasi Saham 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi paling menjanjikan karena dapat memberikan keuntungan super besar. Hal ini memang

6 Tips Sukses Investasi Saham untuk Orang Awam

6 Tips Sukses Investasi Saham untuk Orang Awam 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi terbaik yang dapat Anda pilih. Hal ini memang benar adanya, karena

Pasar Saham Menurun, Harga Emas Kembali Sehat

Pasar Saham Menurun, Harga Emas Kembali Sehat 0

Penurunan pasar saham global memberikan dampak cukup signifikan terhadap harga emas. Pada perdagangan hari Selasa atau

Hari Ini IHSG Tembus 4400 Berkat Dorongan Paket Kebijakan Ekonomi Jokowi

Hari Ini IHSG Tembus 4400 Berkat Dorongan Paket Kebijakan Ekonomi Jokowi 0

IHSG atau Indeks Harga Saham Gabungan saat ini masih dalam tren yang positif. Hari ini Indeks

Bursa Saham Cina Negatif, Negara Lain Positif

Bursa Saham Cina Negatif, Negara Lain Positif 0

Pekan ini, bursa saham Cina masih dalam tren negatif setelah sebelumnya terjadi aksi jual besar-besaran. Aksi jual

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *