Teropong Bisnis | Homepage
Berada Di Pucuk, Saham Emiten Konstruksi Membumbung Tinggi

Berada Di Pucuk, Saham Emiten Konstruksi Membumbung Tinggi

0 Comments 🕔07.May 2014

Pekan ini terjadi beberapa pergerakan nilai saham di IHSG. Salah satunya adalah saham emiten konstruksi bangunan. Nilai saham ini sendang naik dengan kenaikan rata-rata mencapai 61 persen year to date (ytd). Juara untuk sektor ini adalah saham PT Adhi Karya Tbk (ADHI) dengan kenaikan mencapai 98,34 persen sejak akhir 2013.

Kenaikan ini diluar prediksi beberapa analis, seperti Steven Gunawan, analis Batavia Prosperindo Sekuritas. Menurut analis Mandiri Sekuritas, Handoko Wijoyo, kenaikan emiten konstruksi ini disebabkan adanya sentimen positif, meskipun nilai saham di sektor ini cukup mahal.

Salah satu sentimen positif datang dari Pemilu. Menurut Handoko, pelaku pasar menganggap bahwa Pemerintahan yang baru akan gencar melakukan pembangunan infrastruktur. Hal ini juga diamini oleh Steven. Menurutnya, efek Jokowi masih berlanjut, karena Jokowi memang dikenal sangat mengutamakan pembangunan infrastruktur.

Steven menemukan kinerja emiten ini cukup baik pada kuartal I 2014. Memasuki kuartal II, diperkirakan emiten konstruksi akan mendapatkan keuntungan yang cukup tinggi. Hal ini dikarenakan, Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) akan mengucur deras untuk sektor ini di kuartal II.

Menurut analis MNC Securities, Reza Nugraha, ada banyak hal yang menyebabkan membaiknya laporan keuangan emiten konstruksi awal tahun ini. Salah satunya adalah anak usaha sektor ini cukup banyak. Contohnya, ada industri properti, real estate maupun investasi untuk sektor ini. Artinya, sumber pendapatan sektor konstruksi sangat banyak dan beragam.

Analis AM Capital, Helmi Therik mengungkapkan ada satu hal lagi yang menyebabkan emiten konstruksi melesat tahun ini. Proyek carry over dari tahun lalu di sektor ini cukup tinggi. Hal ini yang menyebabkan realisasi kontrak pada kuartal I tahun ini masih berada pada level positif. Dampaknya, laba emiten sektor konstruksi meningkat.

Salah satu contoh nyatanya adalah PT Waskita Karya Tbk (WSKT). Laba perusahaan ini meningkat sebesar 25,87 persen menjadi Rp. 6,84 miliar pada kuartal I 2014. Dan, ADHI yang mencatatkan kenaikan nilai saham tertinggi pekan ini, juga mencatatkan hal yang sama. Laba bersih mereka naik 40,88 persen menjadi Rp. 16,23 miliar.

Helmi menambahkan, harga saham emiten konstruksi memang lebih tinggi daripada IHSG. Price Earning Ratio (PER) emiten ini mencapai 17,9 kali, lebih tinggi dari PER IHSG yang hanya 15,19 kali. Meskipun demikian, pertumbuhan saham emiten konstruksi diprediksi akan tinggi, karena kinerja sektor ini yang membaik.

Bahkan, Helmi memprediksi, pertumbuhan laba sektor konstruksi dapat mencapai 40 persen pada akhir tahu ini. Sedangkan menurut Handoko, pertumbuhan laba sektor ini dapat mencapai 15 persen hingga 20 persen. Dan menurut Steven, laba sekto konstruksi dapat mencapai lebih dari 10 persen.

Bila Anda tertarik dengan saham emiten konstruksi, ada beberapa saran dari para analis tersebut. Menurut Steven, saham WIKA sangat menjanjikan dengan target harga Rp. 2.400. Sedangkan menurut Reza, saham ADHI dan PTPP dengan target harga Rp. 3.350 dan Rp. 2.100 dapat Anda pilih

info saham, nilai tukar rupiah, managemen keuangan, saham emiten konstruksi, ekonomi

BACA JUGA:

Rencana Pembangunan 5 Bioskop Baru Setelah Penguatan Saham BLITZ

Kondisi Indeks Harga Saham Gabungan Pekan Ini Menurut Analis

Similar Articles

Brussel Diguncang Bom, Saham Eropa Pun Bergetar

Brussel Diguncang Bom, Saham Eropa Pun Bergetar 0

Beberapa waktu yang lalu Eropa dikejutkan dengan adanya serangan bom di Brussel, Belgia. Serangan di

3 Kriteria Penting yang Anda Harus Tahu saat Investasi Saham

3 Kriteria Penting yang Anda Harus Tahu saat Investasi Saham 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi paling menjanjikan karena dapat memberikan keuntungan super besar. Hal ini memang

6 Tips Sukses Investasi Saham untuk Orang Awam

6 Tips Sukses Investasi Saham untuk Orang Awam 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi terbaik yang dapat Anda pilih. Hal ini memang benar adanya, karena

Pasar Saham Menurun, Harga Emas Kembali Sehat

Pasar Saham Menurun, Harga Emas Kembali Sehat 0

Penurunan pasar saham global memberikan dampak cukup signifikan terhadap harga emas. Pada perdagangan hari Selasa atau

Hari Ini IHSG Tembus 4400 Berkat Dorongan Paket Kebijakan Ekonomi Jokowi

Hari Ini IHSG Tembus 4400 Berkat Dorongan Paket Kebijakan Ekonomi Jokowi 0

IHSG atau Indeks Harga Saham Gabungan saat ini masih dalam tren yang positif. Hari ini Indeks

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *