Teropong Bisnis | Homepage
BEI Meluncurkan Aturan Lot Yang Baru dengan 1 Lot = 100 Lembar Saham

BEI Meluncurkan Aturan Lot Yang Baru dengan 1 Lot = 100 Lembar Saham

0 Comments 🕔03.Nov 2013

Terdapat hal menarik yang dapat anda temukan saat mengamati Bursa Efek Indonesia (BEI) pekan ini. BEI akan mengeluarkan peraturan atau sistem baru dalam perdagangan saham. Sebenarnya, sistem baru ini sudah dibahas sejak lama, tetapi, baru saat ini pihak BEI sudah menetapkan dan mempunyai waktu yang tetap untuk memberlakukannya.

Aturan lot yang baru ini adalah adanya perubahan jumlah saham yang dijual per satu lot. Bila sebelumnya, BEI memberlakukan peraturan bahwa satu lot terdiri dari 500 lembar saham, dengan peraturan baru ini, satu lot nantinya akan bernilai setara dengan 100 lembar saham.

Untuk waktu pemberlakuan aturan baru ini, pihak BEI sudah menetapkan bahwa tanggal 6 Januari 2014 adalah waktu dimana aturan ini akan berlaku. Memang, pada awalnya, aturan ini direncanakan akan mulai diberlakukan pada tanggal 2 Desember 2013. Tetapi, bukan berarti waktu pemberlakuan aturan ini diundur.

Seperti yang disampaikan oleh Samsul Hidayat, Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa BEI, tanggal 2 Desember itu adalah rencana awal. Saat itu, belum disusun schedule yang tetap untuk pemberlakuan aturan baru ini.

Selain itu, diperlukan waktu yang lebih untuk penyesuaian bagi sistem transaksi saham di BEI. Hal ini perlu dilakukan agar saat diberlakukan aturan lot yang baru, maka sistem akan dapat bekerja dengan efektif dan tanpa masalah. Hal ini akan membantu untuk proses transaksi di masa mendatang.

Tapi, pihak BEI tidak hanya mempersiapkan hal tersebut. Pihak BEI juga banyak melakukan sosialisasi untuk mempersiapkan pelaku pasar. Jadi, saat tanggal diberlakukannya aturan lot yang baru tiba, para pelaku pasar tidak akan kaget dan siap untuk menggunakan aturan yang baru ini.

Sosialisasi ini dilakukan secara rutin mulai bulan November ini sampai tanggal dimulainya aturan lot yang baru ini. Sosialisasi ini menyangkut banyak hal, seperti persiapan dan lainnya.

Sosialisasi tentang aturan lot yang baru ini diberikan kepada pelaku pasar yang berkepentingan dalam hal ini. Pelaku-pelaku pasar tersebut adalah direksi emiten, investor, kepala penjualan dari perusahaan sekuritas dan lain sebagainya.

Selain itu, banyak pihak diseluruh Indonesia juga diberikan informasi mengenai hal ini. Hal ini dilakukan agar semua pihak mengerti dan paham dengan aturan lot baru ini. Selain itu, Samsul juga mengatakan akan diadakan review implementasi setiap 6 bulan untuk melihat kinerja aturan baru ini.

Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nurhaida mengatakan bahwa 500 lembar saham satu lot dirasa sangat tinggi bila dibandingkan dengan negara lain. Oleh karena itu, dibutuhkan pemangkasan nilai satu lot ini. Dan, dengan diberlakukan aturan lot yang baru, maka akan mempermudah para investor dan pelaku pasar untuk membeli saham dan menanamkan uang mereka di Indonesia.

\

Similar Articles

Brussel Diguncang Bom, Saham Eropa Pun Bergetar

Brussel Diguncang Bom, Saham Eropa Pun Bergetar 0

Beberapa waktu yang lalu Eropa dikejutkan dengan adanya serangan bom di Brussel, Belgia. Serangan di

3 Kriteria Penting yang Anda Harus Tahu saat Investasi Saham

3 Kriteria Penting yang Anda Harus Tahu saat Investasi Saham 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi paling menjanjikan karena dapat memberikan keuntungan super besar. Hal ini memang

6 Tips Sukses Investasi Saham untuk Orang Awam

6 Tips Sukses Investasi Saham untuk Orang Awam 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi terbaik yang dapat Anda pilih. Hal ini memang benar adanya, karena

Pasar Saham Menurun, Harga Emas Kembali Sehat

Pasar Saham Menurun, Harga Emas Kembali Sehat 0

Penurunan pasar saham global memberikan dampak cukup signifikan terhadap harga emas. Pada perdagangan hari Selasa atau

Hari Ini IHSG Tembus 4400 Berkat Dorongan Paket Kebijakan Ekonomi Jokowi

Hari Ini IHSG Tembus 4400 Berkat Dorongan Paket Kebijakan Ekonomi Jokowi 0

IHSG atau Indeks Harga Saham Gabungan saat ini masih dalam tren yang positif. Hari ini Indeks

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *