Teropong Bisnis | Homepage
Apa Peraturan Buyback Saham Baru Berguna?

Apa Peraturan Buyback Saham Baru Berguna?

0 Comments 🕔11.Sep 2013

Keadaan ekonomi di Indonesia semakin hari semakin terpuruk. Hal ini memang membutuhkan beberapa solusi terbaik untuk dilakukan. Kita mengetahui bahwa tidak mudah mengangkat nilai rupiah yang memang semakin hari semakin terpuruk. Hal ini dikarenakan banyak sekali faktor baik dalam negeri maupun dari luar negeri.

Pemerintah memang berupaya untuk kembali untuk menaikkan saham dan rupiah dengan berbagai cara misalnya saja dengan menaikkan ekspor dalam negeri dan juga mengurangi impor. Namun upaya ini sepertinya memang belum terlalu berpengaruh untuk menaikkan perekonomian dalam negeri kita. Lalu bagaimana dengan kondisi IHSG saat ini?

Kondisi IHSG memang masih terpantau melemah dari tahun ke tahun. Hal ini bukan saja dikarenakan faktor dalam negeri seperti apa yang terjadi pada rupiah. Saat ini berbagai kalangan mencoba menaikkan Indeks Harga Saham Gabungan dengan kebijakan yang baru. Kebijakan apakah yang dimaksudkan itu?

Kebijakan BuyBack dari OJK

Otoritas Jasa Keuangan kali ini memang telah mengeluarkan sebuah kebijakan baru dalam jual beli saham. Kebijakan yang dimaksudkan adalah kebijakan Buyback. Apa yang dimaksudkan dengan kebijakan buyback? Kebijakan ini memang membuat para pemilik saham bisa membeli saham kembali yang ada di pasar saham.

Banyak orang yang pesimis dengan kebijakan ini sebenarnya. Kebijakan ini dianggap tidak akan memberikan dampak besar bagi harga saham gabungan. Kebijakan ini memang telah diterapkan namun sejauh ini memang belum memberikan pengaruh yang besar. Menurut beberapa pakar saham, kebijakan ini memang belum terlihat efeknya.

Efek dari kebijakan ini tentu saja membutuhkan waktu. Selama ini kebijakan yang dibuat hari ini juga tidak akan langsung terlihat hasilnya besok. Jadi memang para investor diharapkan lebih sabar dengan kebijakan seperti ini. Paling tidak sudah ada upaya yang dilakukan untuk mencoba mendongkrak kenaikan harga saham saat ini.

Alasan Pembuatan Kebijakan

Mengapa kebijakan Buyback ini dikeluarkan? Sebenarnya kebijakan ini dikeluarkan sebagai solusi untuk mengurangi volatilitas yang terjadi di pasar saham. Dengan buyback ini pasar saham kita akan semakin berkembang dan bangkit dari keterpurukan yang terjadi. Banyak orang yang memang tidak setuju dengan kebijakan ini.

OJK sendiri mau melihat hasil dari kebijakan ini terlebih dahulu dan belum akan merubah dengan kebijakan lainnya. Nantinya kalau kebijakan diganti lagi malahan akan membuat banyak pengusaha merasa bingung karena kebijakan yang plin plan. Hasil dari buyback ini memang belum memberikan dampak terlalu besar namun ternyata dampak positif telah dirasakan walaupun baru sedikit.

Solusi ini merupakan kebijakan cepat untuk meningkatkan pergerakan harga saham. OJK sendiri menganggap bahwa kebijakan ini adalah kebijakan yang terbaik untuk saat ini. Kondisi seperti ini harus dipahami oleh para investor karena Indonesia bukanlah Negara satu-satunya yang mengalami hal ini. Banyak Negara yang mengalami kondisi serupa karena memang kondisi keuangan dan ekonomi di semua Negara terutama Negara di Asia sedang sangat terpuruk.

Similar Articles

Brussel Diguncang Bom, Saham Eropa Pun Bergetar

Brussel Diguncang Bom, Saham Eropa Pun Bergetar 0

Beberapa waktu yang lalu Eropa dikejutkan dengan adanya serangan bom di Brussel, Belgia. Serangan di

3 Kriteria Penting yang Anda Harus Tahu saat Investasi Saham

3 Kriteria Penting yang Anda Harus Tahu saat Investasi Saham 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi paling menjanjikan karena dapat memberikan keuntungan super besar. Hal ini memang

6 Tips Sukses Investasi Saham untuk Orang Awam

6 Tips Sukses Investasi Saham untuk Orang Awam 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi terbaik yang dapat Anda pilih. Hal ini memang benar adanya, karena

Pasar Saham Menurun, Harga Emas Kembali Sehat

Pasar Saham Menurun, Harga Emas Kembali Sehat 0

Penurunan pasar saham global memberikan dampak cukup signifikan terhadap harga emas. Pada perdagangan hari Selasa atau

Hari Ini IHSG Tembus 4400 Berkat Dorongan Paket Kebijakan Ekonomi Jokowi

Hari Ini IHSG Tembus 4400 Berkat Dorongan Paket Kebijakan Ekonomi Jokowi 0

IHSG atau Indeks Harga Saham Gabungan saat ini masih dalam tren yang positif. Hari ini Indeks

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *