Teropong Bisnis | Homepage
Akhirnya, Sido Muncul Jadi Dilepas Ke Publik

Akhirnya, Sido Muncul Jadi Dilepas Ke Publik

🕔10.Nov 2013

Bila Anda harus menyebutkan satu merek jamu, maka mungkin salah satu nama yang anda sebutkan adalah Sido Muncul. Memang, perusahaan ini dikenal sebagai perusahaan yang memproduksi produk jamu. Tetapi, perusahaan ini juga memproduksi banyak produk lainnya.

Beberapa waktu yang lalu PT. Sido Muncul dikabarkan akan melepas beberapa sahamnya ke publik. Hal ini mempunyai tujuan yang sama dengan perusahaan lainnya, yaitu mendapatkan modal untuk mengembangkan perusahaan mereka. Akan tetapi, rencana ini tampaknya tidak berhasil. Dan, hasilnya, mereka memutuskan untuk menunda jadwal sebelumnya untuk melakukan rencana penawaran perdana saham (IPO).

Hari ini, PT Sido Muncul akhirnya mengumumkan bahwa mereka akan merealisasikan rencana IPO mereka. Perusahaan ini akan menjelaskan dengan lebih rinci mengenai perealisasian IPO ini setelah beberapa kali ditunda. Perusahaa ini akan menggelar public expose untuk tujuan ini.

Ada salah satu sumber yang diwawancarai oleh media beberapa waktu yang lalu yang juga mendukung tentang kebenaran akan diadakan public expose dan realisasi IPO perusahaan Sido Muncul ini. Menurutnya, saat ini, perusahaan Sido Muncul hanya tinggal menunggu keluarnya pra efektif dari  Otoritas Jasa Keuangan (OJK).Bila keputusan ini sudah keluar, maka public expose yang rencana atau rumornya akan diadakan pekan depan akan segera terlaksana.

Banyak perusahaan yang melakukan IPO menggunakan jasa pelaksana penjamin emisi efek. Perusahaan Sido Muncul juga melakukan hal yang sama. Perusahaan Sido Muncul menunjuk dua sekuritas yang akan mendampingi mereka merealisasikan IPO yang akan dilaksanakan beberapa waktu ke depan.

Dua sekuritas yang ditunjuk oleh perusahaan Sido Muncul adalah PT Mandiri Sekuritas dan PT Kresna Graha Securindo. Akan tetapi, kedua perusahaan sekuritas ini belum mau mengungkapkan secara detail mengenai penunjukkan mereka untuk menjadi penjamin dari perusahaan Sido Muncul. Ketika beberapa media mencoba untuk mengkonfirmasi tentang hal ini, Octavianus Budiyanto, Direktur Kresna Graha Securindo hanya berkata untuk menunggu sampai saatnya tiba.

Rencana dilepaskannya beberapa persen kepemilikan perusahaan Sido Muncul ini sudah muncul sejak beberapa bulan yang lalu. Bahkan pada awalnya, perusahaan ini akan menggunakan laporan keuangan bulan Maret 2013 untuk dasar valuasi pelepasan saham ke publik. Tetapi, entah hal apa yang membuat perusahaan ini menunda dilaksanakan IPO ini, tetapi, pada akhirnya, rencana ini tetap terealisasi, setidaknya beberapa minggu ke depan.

Setelah itu, pihak manajemen Sido Muncul akhirnya mengungkapkan alasan penundaan ini. Salah satunya adalah keadaan pasar yang tidak menentu. Mereka akhirnya memutuskan menggunakan laporan keuangan Juni 2013.

Sedangkan untuk jumlah saham yang akan dilepas pada IPO kali ini adalah sebesar 25 persen. Dari pelepasan saham ini ke publik, perusahaan Sido Munculmenargetkan akan mendapatkan dana segar sebesar Rp. 1 triliun hingga Rp. 1,5 triliun.

Similar Articles

Brussel Diguncang Bom, Saham Eropa Pun Bergetar

Brussel Diguncang Bom, Saham Eropa Pun Bergetar 0

Beberapa waktu yang lalu Eropa dikejutkan dengan adanya serangan bom di Brussel, Belgia. Serangan di

3 Kriteria Penting yang Anda Harus Tahu saat Investasi Saham

3 Kriteria Penting yang Anda Harus Tahu saat Investasi Saham 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi paling menjanjikan karena dapat memberikan keuntungan super besar. Hal ini memang

6 Tips Sukses Investasi Saham untuk Orang Awam

6 Tips Sukses Investasi Saham untuk Orang Awam 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi terbaik yang dapat Anda pilih. Hal ini memang benar adanya, karena

Pasar Saham Menurun, Harga Emas Kembali Sehat

Pasar Saham Menurun, Harga Emas Kembali Sehat 0

Penurunan pasar saham global memberikan dampak cukup signifikan terhadap harga emas. Pada perdagangan hari Selasa atau

Hari Ini IHSG Tembus 4400 Berkat Dorongan Paket Kebijakan Ekonomi Jokowi

Hari Ini IHSG Tembus 4400 Berkat Dorongan Paket Kebijakan Ekonomi Jokowi 0

IHSG atau Indeks Harga Saham Gabungan saat ini masih dalam tren yang positif. Hari ini Indeks