Teropong Bisnis | Homepage
6 Tips Sukses Investasi Saham untuk Orang Awam

6 Tips Sukses Investasi Saham untuk Orang Awam

0 Comments 🕔08.Mar 2016

Investasi saham dikatakan sebagai investasi terbaik yang dapat Anda pilih. Hal ini memang benar adanya, karena keuntungan yang dijanjikan investasi ini terbilang sangat besar. Bahkan, seorang investor saham dapat meraup keuntungan hingga 8.000%.

Akan tetapi, sebanding dengan keuntungan besar yang dijanjikan, resiko yang harus dihadapi investor saham juga sangat besar. Ada kemungkinan bila seorang investor dapat kehilangan semua dana yang mereka tanamkan bila mereka salah mengambil langkah. Hal ini juga diungkapkan oleh Fioney Sofyan, Wealth Asset Management.

Menurutnya, investasi saham akan sangat cocok untuk dipilih sebagai rencana investasi jangka panjang. Setidaknya, Anda harus memiliki rencana investasi saham untuk jangka waktu lebih dari 5 tahun. Selain itu, ada beberapa hal lainnya, yang perlu dicermati, khususnya investor pemula, saat akan mencoba investasi ini.

Memilih Saham

Para investor pemula sebaiknya memilih saham dari perusahaan yang memang sudah dikenal dan stabil. Perusahaan-perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dapat menjadi pilihan terbaik diisni. Jangan mencoba-coba untuk menginvestasikan dana Anda ke perusahaan yang tidak terlalu dikenal.

Terdapat kemungkinan bila perusahaan tersebut akan tidak ada lagi beberapa tahun mendatang. Hal ini tentunya akan membuat Anda kehilangan dana yang Anda tanamkan.

Diversifikasi

Lakukan diversifikasi terhadap investasi saham Anda. Artinya, Anda harus membeli saham dari berbagai sektor yang berbeda. Hal ini akan dapat menutupi kerugian yang mungkin diderita oleh salah satu perusahaan dari satu sektor dengan sektor lainnya.

Investasi Saham

Investasi bukan Main

Hilangkan pola pikir bahwa Anda hanya bermain saham. Pola pikir seperti ini akan membuat Anda tidak bijak dan menganggapnya remeh. Dan, hal inilah yang menjadi awal gagalnya investasi saham yang Anda lakukan.

Tidak Instan

Fioney mengungkapkan selama ini kegagalan dalam berinvestasi saham para pemula disebabkan karena investor tersebut menginginkan keuntungan yang cepat. Investasi saham sendiri tidak akan memberikan Anda keuntungan besar dalam jangka pendek. Seperti disebutkan sebelumnya, investasi ini adalah investasi jangka panjang, dimana keuntungan besar baru Anda dapat beberapa tahun mendatang.

Belajar

Saat ini ada banyak sumber yang dapat Anda gunakan untuk belajar tentang saham. Dengan menambah ilmu dan wawasan mengenai investasi ini, Anda akan dapat menghadapi berbagai tantangan. Sumber yang dapat Anda gunakan dapat berupa artikel di internet. Atau, Anda juga dapat mengikuti pelatihan gratis yang diadakan oleh Bursa Efek Indonesia (BEI).

Modal

Hilangkan pola pikir bila investasi saham membutuhkan modal yang besar. Anda dapat memulainya dengan modal yang kecil, karena harga saham per lembarnya juga tidak semahal yang Anda pikirkan. Misalnya, harga saham Ace Hardware hanya Rp. 80 ribu per lembar, BRI hanya Rp. 1 juta per lembar dan Unilever hanay Rp. 4 juta per lembar.

Investasi Saham

Similar Articles

Brussel Diguncang Bom, Saham Eropa Pun Bergetar

Brussel Diguncang Bom, Saham Eropa Pun Bergetar 0

Beberapa waktu yang lalu Eropa dikejutkan dengan adanya serangan bom di Brussel, Belgia. Serangan di

3 Kriteria Penting yang Anda Harus Tahu saat Investasi Saham

3 Kriteria Penting yang Anda Harus Tahu saat Investasi Saham 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi paling menjanjikan karena dapat memberikan keuntungan super besar. Hal ini memang

Pasar Saham Menurun, Harga Emas Kembali Sehat

Pasar Saham Menurun, Harga Emas Kembali Sehat 0

Penurunan pasar saham global memberikan dampak cukup signifikan terhadap harga emas. Pada perdagangan hari Selasa atau

Hari Ini IHSG Tembus 4400 Berkat Dorongan Paket Kebijakan Ekonomi Jokowi

Hari Ini IHSG Tembus 4400 Berkat Dorongan Paket Kebijakan Ekonomi Jokowi 0

IHSG atau Indeks Harga Saham Gabungan saat ini masih dalam tren yang positif. Hari ini Indeks

Bursa Saham Cina Negatif, Negara Lain Positif

Bursa Saham Cina Negatif, Negara Lain Positif 0

Pekan ini, bursa saham Cina masih dalam tren negatif setelah sebelumnya terjadi aksi jual besar-besaran. Aksi jual

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *