Teropong Bisnis | Homepage
3 Kriteria Penting yang Anda Harus Tahu saat Investasi Saham

3 Kriteria Penting yang Anda Harus Tahu saat Investasi Saham

0 Comments 🕔13.Mar 2016

Investasi saham dikatakan sebagai investasi paling menjanjikan karena dapat memberikan keuntungan super besar. Hal ini memang benar adanya. Akan tetapi, Anda tidak boleh memandang, bahwa keuntungan besar ini akan diperoleh dalam waktu singkat. Investasi saham yang menguntungkan adalah investasi yang dilakukan dalam jangka panjang.

Selain itu, yang paling penting dalam investasi saham adalah pemilihan saham yang akan digunakan untuk menanamkan modal Anda. Pemilihan saham ini dapat mempengaruhi masa depan investasi ini. Bahkan, bila Anda sudah memilih saham yang cocok di awal investasi, Anda sudah satu langkah ke depan menuju investasi yang menguntungkan.

Lantas, apa kriteria saham yang tepat itu? Ryan Filbert, salah seorang investor dan inspirator, memaparkan 3 kriteria utama, sebuah saham dapat dikatakan saham terbaik untuk Anda pilih. Dengan melihat 3 kriteria ini, Anda akan dapat memilih saham yang dapat menjadi jaminan masa depan Anda.

Mudah Dibeli dan Dijual

Kriteria ini dapat Anda temukan pada saham-saham dengan berjenis saham likuid. Saham jenis ini artinya banyak orang yang tertarik untuk membeli dan menjualnya. Yang dapat pula dikatakan sebagai saham yang sangat menguntungkan.

Perbedaan harga jual dan harga beli dari saham jenis ini tidak terlalu besar. Perbedaan harga atau biasa disebut spread inilah yang dapat menjadi acuan Anda untuk memilih saham untuk investasi saham Anda.

Untuk menemukan saham likuid, Ryan menyarankan Anda untuk melihat indeks saham LQ45. Didalamnya, Anda dapat menemukan 45 saham paling aktif. Anda dapat memilih saham yang bertahan di daftar tersebut selama 3 tahun. Saham jenis ini dapat dikatakan sudah teruji likuiditasnya.

Investasi Saham

Perusahaan dengan Utang

Anda jangan memandang rendah saham dari perusahaan yang berutang. Perusahaan yang berutang, tetapi diimbangi dengan laba dan omzet yang terus meningkat dapat dikatakan cukup menjanjikan. Anda dapat memilih saham perusahaan seperti ini.

Namun, ada pula perusahaan yang berutang tetapi laba bersih dan pendapatannya terus menurun. Perusahaan seperti inilah yang harus dihindari karena berpotensi besar merugi.

Anda juga dapat menggunakan rasio keuangan DER atau rasio utang terhadap modal (Debt to Equity). Rasio ini banyak digunakan para investor untuk menentukan saham terbaik yang akan mereka tanami modal. Bila nilai dari DER ini lebih dari 1, maka proporsi utangnya terlalu besar dan beresiko untuk masa depan. Anda jangan memilih saham perusahaan seperti ini.

Keuntungan Perusahaan

Pilih pula saham dari perusahaan yang mampu menghasilkan keuntungan secara rutin dan terus menerus. Anda sebagai penanam modal akan mendapatkan bagian berupa dividen. Perusahaan seperti ini dapat dikatakan mampu bersaing dalam pasar masa kini, yang aman untuk dipilih dalam investasi saham Anda.

3. 3 Kriteria Penting Yang Anda Harus Tahu saat Investasi Saham 3

Similar Articles

Brussel Diguncang Bom, Saham Eropa Pun Bergetar

Brussel Diguncang Bom, Saham Eropa Pun Bergetar 0

Beberapa waktu yang lalu Eropa dikejutkan dengan adanya serangan bom di Brussel, Belgia. Serangan di

6 Tips Sukses Investasi Saham untuk Orang Awam

6 Tips Sukses Investasi Saham untuk Orang Awam 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi terbaik yang dapat Anda pilih. Hal ini memang benar adanya, karena

Pasar Saham Menurun, Harga Emas Kembali Sehat

Pasar Saham Menurun, Harga Emas Kembali Sehat 0

Penurunan pasar saham global memberikan dampak cukup signifikan terhadap harga emas. Pada perdagangan hari Selasa atau

Hari Ini IHSG Tembus 4400 Berkat Dorongan Paket Kebijakan Ekonomi Jokowi

Hari Ini IHSG Tembus 4400 Berkat Dorongan Paket Kebijakan Ekonomi Jokowi 0

IHSG atau Indeks Harga Saham Gabungan saat ini masih dalam tren yang positif. Hari ini Indeks

Bursa Saham Cina Negatif, Negara Lain Positif

Bursa Saham Cina Negatif, Negara Lain Positif 0

Pekan ini, bursa saham Cina masih dalam tren negatif setelah sebelumnya terjadi aksi jual besar-besaran. Aksi jual

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *