Teropong Bisnis | Homepage
Rencana Kenaikan Pajak dan Royalti di Sektor Batubara

Rencana Kenaikan Pajak dan Royalti di Sektor Batubara

0 Comments 🕔15.Sep 2013

Saat ini pemerintah sedang melakukan upaya yang signifikan untuk mengatasi masalah pajak dan royalty yang dialami oleh sektor batu bara. Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Susilo Siswoutomo, mengatakan bahwa pengkajian ulang untuk tariff royalty dan pajak yang ada di sektor ini harus segera dilaksanakan. Pasalnya, jika hal tersebut tidak dilakukan oleh pemerintah, dikhawatirkan nantinya akan memicu permasalahan lainnya yang lebih rumit lagi. Mereka yang saat ini telah memegang izin usaha pertambangan batubara tentu saja harus menaati segala kebijakan mengenai tarif pajak yang akan dikeluarkan oleh pemerintah nantinya. Langkah ini juga sangat bagus untuk bisa meningkatkan jumlah pendapatan yang didapatkan oleh Negara, terutama dalam sektor pertambangan.

Kenaikan Royalti di Sektor Pertambangan Masih Menjadi Wacana

Sebagai salah satu Negara di dunia yang memiliki bahan tambang terbanyak, Indonesia sanggup untuk memasok batubara dalam jumlah yang besar, baik itu untuk sektor lokal maupun internasional. Wacana mengenai kenaikan tarif dari pajak dan juga royalty akan segera dirapatkan dengan beberapa pihak terkait. Susilo juga mengatakan bahwa rencana kenaikan royalty tersebut sebenarnya sudah dibahas dengan DPR RI beberapa pekan lalu, hanya saja masih belum ditentukan kapan kebijakan ini akan segera dilakukan. Dari hasil Rapat yang dilakukan oleh DPR dengan Pemerintah, ternyata hasil penerimaan Negara terhadap sektor pertambangan saat ini sudah mencapai jumlah yang cukup besar yaitu 3 Trilliun Rupiah. Jumlah yang cukup besar ini sejatinya harus diimbangi dengan royalty yang besar pula.

4b Rencana Kenaikan Pajak dan Royalti di Sektor Batubara

Tarif Royalti Naik 13.5%

Susilo menambahkan bahwa tarif pajak dan royalty batubara saat ini masih dalam jumlah yang rendah dibandingkan dengan pemegang perjanjian karya pengusahaan pertambangan batubara atau P2KB. Maka dari itu, pemerintah dan DPR akan segera merapatkan mengenai hal ini. Nantinya dengan dikeluarkannya kebijakan baru tersebut, diharapkan sektor ekonomi yang ada di Indonesia bisa menjadi makin baik. Berdasarkan dari Peraturan Pemerintah Nomer 9 tahun 2012, Tarif untuk Royalti di sektor batubara itu bergantung pada nilai atau jumlah yang mereka produksi, tarifnya bisa mencapai 3 persen, 4 persen atau 5 persen.

Rencananya nanti, pemerintah akan menaikan tarif pajak dan royalty di sektor ini dengan jumlah 13.5%. Kenaikan yang cukup besar ini diharpkan akan bisa membawa perkembangan ekonomi Indonesia menjadi lebih baik dibandingkan sebelumnya. Saat ini sektor pertambangan juga masih dalam kondisi yang stabil meskipun Indonesia masih diliputi dengan masalah inflasi yang berkepanjangan. Pemerintah saat ini masih sedang dalam tahap melakukan evaluasi terhadap tarif royalty yang ada di Indonesia. Keputusan yang nantinya diambil oleh pemerintah, tentunya harus membuat kegiatan di sektor pertambangan ini tetap berjalan dengan baik. Jika tidak ada pengusaha yang melakukannya, nanti pemerintah akan mendapatkan pajak darimana? Ujar Susilo.

4c Rencana Kenaikan Pajak dan Royalti di Sektor Batubara

Similar Articles

Bahaya Mafia Pajak Serta Cara Mengatasinya

Bahaya Mafia Pajak Serta Cara Mengatasinya 0

Beberapa waktu lalu Panama Papers mengungkapkan mengenai praktik gelap yang dilakukan oleh perusahaan siluman sebagai mafia

Kabar Gembira untuk Semua, Penurunan Tarif PPh Telah Tiba!

Kabar Gembira untuk Semua, Penurunan Tarif PPh Telah Tiba! 0

Bagi Anda yang merasa tarif Pajak Penghasilan (PPh) terlalu tinggi, Pemerintah berencana untuk menurunkannya. Hal

Pemerintah Indonesia Bebaskan PPN Rumah Harga di Bawah Rp 300 Juta

Pemerintah Indonesia Bebaskan PPN Rumah Harga di Bawah Rp 300 Juta 0

Pemerintah Indonesia telah menaikkan batasan harga properti rumah yang tidak akan dikenakan PPN (Pajak Pertambahan Nilai)

Pemerintah Menaikkan Batas PTKP, Solusi atau Masalah?

Pemerintah Menaikkan Batas PTKP, Solusi atau Masalah? 0

Pekan ini terdapat wacana Pemerintah untuk menaikkan besaran Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP). Bila sebelumnya batas

Sunset Policy Dipercaya Ampuh Meningkatkan Penghasilan Pajak

Sunset Policy Dipercaya Ampuh Meningkatkan Penghasilan Pajak 0

Sunset Policy adalah kebijakan yang diterapkan oleh Ditjen atau Direktorat Jenderal Pajak di bawah naungan Kementrian

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *