Teropong Bisnis | Homepage
Pengusaha Gembira, Pembayaran Pajak Lebih Sederhana

Pengusaha Gembira, Pembayaran Pajak Lebih Sederhana

🕔14.Nov 2013

Pajak merupakan kewajiban setiap warga negara Indonesia. Pajak menjadi salah satu sumber devisa negara dan nantinya digunakan untuk pembangunan negara ini. Saat ini, sudah banyak inovasi yang dikeluarkan oleh lembaga pajak untuk membuat pajak semakin efektif. Selain NPWP, salah satu inovasi yang paling menarik adalah adanya penerapan teknologi internet terhadap proses pembayaran pajak.

Pembayaran pajak saat ini dapat dilakukan dengan menggunakan media interent atau pembayaran secara online. Cara ini memang cukup menarik dan mempermudah wajib pajak untuk memenuhi kewajibannya. Tetapi, bagaimana tanggapan dari para pengusaha?

Kalangan pengusaha menyambut gembira cara ini. Mereka memandang bahwa cara ini dapat memotong semua proses rumit yang harus mereka lalui untuk membayar pajak.

Menurut Sofjan Wanandi, Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), pembayaran pajak online ini menjadi salah satu solusi masalah yang dihadapi oleh pengusaha yaitu proses yang rumit. Oleh karena itu, banyak pengusaha senang karena cara ini menyederhanakan pembayaran pajak.

Selain itu, Sofjan juga menambahkan bahwa cara pembayaran pajak secara online ini dapat meminimalkan adanya praktik ilegal antara petugas pajak dengan wajib pajak. Sofjan mengeluhkan banyak petugas pajak yang memanfaatkan pengusaha sebagai wajib pajak, saat mereka bertatap muka untuk membayar pajak.

Sofjan juga mengatakan bahwa cara pembayaran pajak online ini juga akan membuat uang yang pengusaha keluarkan untuk membayar pajak menjadi jelas siapa penerimanya. Jadi, pajak tidak akan masuk kantong oknum pajak nakal, sedangkan pemerintah tidak mendapatkan apa-apa dari salah satu sumber devisa ini.

Sofjan mengatakan bahwa rakyak akan mendapatkan manfaat yang sangat besar melalui sistem penerimaan pajak yang benar. Hal ini dikarenakan negara akan menerima pajak sepenuhnya dan hasilnya akan digunakan untuk pembangunan yang dinikmati rakyat.

Erwin Aksa, Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia juga setuju dengan penyederhanaan pelaporan pajak. Hal ini akan membantu dunia usaha.

Erwin juga memuji adanya pembayaran pajak melalui ATM. Hal ini dipandangnya sebagai langkah untuk mengefektifkan penerimaan pajak dan penyederhanaan pajak sebagai kewajiban.

Menurut Erwin, dengan adanya banyak kemudahan dan penyederhanaan dalam hal pajak, maka seharusnya pengusaha tidak mempunyai alasan lagi untuk tidak membayar pajak.

Erwin juga menambahkan bahwa sebenarnya tidak ada masalah berarti dalam pembayaran pajak. Contohnya, pembayaran pajak melalui ATM, yang menjadi masalah adalah beberapa pengusaha tidak memilik ATM.

Iwan Setiawandi, Kepala Dinas Pelayanan Pajak DKI mengatakan bahwa pembayaran pajak online akan membuat proses ini menjadi lebih transparan dan akuntabel. Masyarakat juga dapat mengawasi proses ini secara terbuka melalui cash managemen dari bank. Dan keuntungan yang terbesar didapat oleh wajib pajak yang mendapatkan proses yang jauh lebih nyaman untuk memenuhi kewajibannya ini.

Similar Articles

Bahaya Mafia Pajak Serta Cara Mengatasinya

Bahaya Mafia Pajak Serta Cara Mengatasinya 0

Beberapa waktu lalu Panama Papers mengungkapkan mengenai praktik gelap yang dilakukan oleh perusahaan siluman sebagai mafia

Kabar Gembira untuk Semua, Penurunan Tarif PPh Telah Tiba!

Kabar Gembira untuk Semua, Penurunan Tarif PPh Telah Tiba! 0

Bagi Anda yang merasa tarif Pajak Penghasilan (PPh) terlalu tinggi, Pemerintah berencana untuk menurunkannya. Hal

Pemerintah Indonesia Bebaskan PPN Rumah Harga di Bawah Rp 300 Juta

Pemerintah Indonesia Bebaskan PPN Rumah Harga di Bawah Rp 300 Juta 0

Pemerintah Indonesia telah menaikkan batasan harga properti rumah yang tidak akan dikenakan PPN (Pajak Pertambahan Nilai)

Pemerintah Menaikkan Batas PTKP, Solusi atau Masalah?

Pemerintah Menaikkan Batas PTKP, Solusi atau Masalah? 0

Pekan ini terdapat wacana Pemerintah untuk menaikkan besaran Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP). Bila sebelumnya batas

Sunset Policy Dipercaya Ampuh Meningkatkan Penghasilan Pajak

Sunset Policy Dipercaya Ampuh Meningkatkan Penghasilan Pajak 0

Sunset Policy adalah kebijakan yang diterapkan oleh Ditjen atau Direktorat Jenderal Pajak di bawah naungan Kementrian