Teropong Bisnis | Homepage
Bahaya Mafia Pajak Serta Cara Mengatasinya

Bahaya Mafia Pajak Serta Cara Mengatasinya

0 Comments 🕔09.Apr 2016

Beberapa waktu lalu Panama Papers mengungkapkan mengenai praktik gelap yang dilakukan oleh perusahaan siluman sebagai mafia pajak yang mana para pelakunya adalah kumpulan dari orang super kaya yang ada di berbagai belahan dunia dalam mengelola uangnya.

Panama merupakan salah satu negara yang dikenal sebagai surganya pajak, karena itulah tidak heran apabila negara yang satu ini diduga sebagai perencana dari penghindaran diri atas pajak. Panama hanyalah sebagian kecil dari beberapa negara lainnya yang juga termasuk dalam daftar tax havens, yang mana negara tersebut selalu menyediakan korporasi bagi orang super kaya dan juga beberapa pelaku tindakan kriminal agar dapat terhindar dari adanya pajak.

Banyak diantaranya para elit politik dari berbagai belahan dunia yang masuk dalam daftar panama papers, hal ini tentunya menjadi ancaman tersendiri, utamanya bagi beberapa negara yang melakukan mobilitas melalui pemasukan pajak dalam setiap pembangunan yang dilakukan olehnya. Hal ini terkait dengan banyaknya orang super kaya yang melakukan tindakan korupsi, pencucian uang, dan bahkan penggelapan pajak.

Bagaimana halnya dengan Indonesia?

Negara Indonesia juga termasuk dalam daftar negara yang seringkali kehilangan jumlah uang bahkan hampir berkisar pada angka Rp 200 Trilliun untuk setiap tahunnya. Hal ini tentu saja berkaitan dengan tingginya aliran uang haram yang berasal dari Indonesia. Karena banyak para kelompok orang super kaya, serta berbagai macam korporasi asal Indonesia yang justru tidak patuh dengan kegiatan wajib pajak yang diatur olehnya sendiri.

Bagaimana cara untuk mengatasinya?

Masalah yang berkaitan dengan aliran uang haram tadi memang harus dicegah dengan lebih tegas. Karena itulah perkumpulan prakarsa pun mulai menuntut pihak pemerintah untuk segera membasmi para mafia pajak tersebut dengan pembuatan program khusus yang diperuntukkan baginya.

Lembaga ini juga menyatakan dengan hadirnya momentum dari panama papers ini maka sudah semestinya pihak pemerintah Indonesia untuk melakukan pembasmian atas praktik penghindaran pajak. Karena baik itu pengelakan pajak atau bahkan pencucian uang yang dilakukan oleh bagian wajib pajak dari Indonesia, baik itu secara perorangan  atau bahkan badan hukum tertentu tetap harus ditegakkan dengan lebih baik, sehingga jumlah dari aliran uang haram yang bermula dari Indonesia pun dapat diminimalisir serta dicegah dengan lebih mudah.

Sementara itu, pihak INFID juga menyatakan bahwa Indonesia perlu menata sistem keuangan globalnya kembali dengan memperhatikan beberapa sistem perpajakan yang saling berkaitan. Seperti halnya penghentian untuk rezim kerahasiaan atas data pajak serta perbankan, bentuk pertukaran informasi antara negara, serta penguatan hukum, bagian administrasi dan juga kelembagaan perpajakan.

Sementara itu, pihak dari Forum Pajak Berkeadilan menyatakan agar pemerintah segera membatalkan rencana atas  pemberian pengampunan untuk pajak. Karena jika hal ini dilakukan maka wibawa yang dimiliki oleh sosok pemerintah pun akan terlihat lebih rendah dan lemah dihadapan para mafia pajak  tersebut.

Mafia Pajak

Similar Articles

Kabar Gembira untuk Semua, Penurunan Tarif PPh Telah Tiba!

Kabar Gembira untuk Semua, Penurunan Tarif PPh Telah Tiba! 0

Bagi Anda yang merasa tarif Pajak Penghasilan (PPh) terlalu tinggi, Pemerintah berencana untuk menurunkannya. Hal

Pemerintah Indonesia Bebaskan PPN Rumah Harga di Bawah Rp 300 Juta

Pemerintah Indonesia Bebaskan PPN Rumah Harga di Bawah Rp 300 Juta 0

Pemerintah Indonesia telah menaikkan batasan harga properti rumah yang tidak akan dikenakan PPN (Pajak Pertambahan Nilai)

Pemerintah Menaikkan Batas PTKP, Solusi atau Masalah?

Pemerintah Menaikkan Batas PTKP, Solusi atau Masalah? 0

Pekan ini terdapat wacana Pemerintah untuk menaikkan besaran Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP). Bila sebelumnya batas

Sunset Policy Dipercaya Ampuh Meningkatkan Penghasilan Pajak

Sunset Policy Dipercaya Ampuh Meningkatkan Penghasilan Pajak 0

Sunset Policy adalah kebijakan yang diterapkan oleh Ditjen atau Direktorat Jenderal Pajak di bawah naungan Kementrian

Pajak Barang Mewah untuk Para Ibu-Ibu dan Sosialita

Pajak Barang Mewah untuk Para Ibu-Ibu dan Sosialita 0

Pajak merupakan salah satu sumber devisa terbesar Pemerintah Indonesia. Hal ini juga yang menjadi dasar

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *