Teropong Bisnis | Homepage
Ada Yang Baru dari NPWP

Ada Yang Baru dari NPWP

🕔07.Nov 2013

Apakah Anda mempunyai NPWP? Bila Anda mempunyainya, ada aturan baru, yaitu Per 20/PJ./2013 yang perlu Anda ketahui. Ada perubahan yang terdapat di aturan baru ini.

1. Tempat Mendaftar

Banyak orang ingin tahu cara mendaftar NPWP melalui cara online. Memang ada proses online yang dapat digunakan untuk mendaftarkan dan mendapatkan NPWP. Tetapi, pada dasarnya NPWP adalah kartu yang seperti KTP. Jadi, saat mendaftar harus sesuai dengan tempat tinggal sesuai yang tertera di KTP dan tidak bisa mendaftar dari daerah lain melalui internet.

2. Mendaftar NPWP

Ada 2 cara untuk mendaftar NPWP, yaitu:

  • Cara Online

Anda mendaftar melalui cara online, yaitu di alamat “(dot)pajak(dot)go(dot)id”. Selanjutnya, masuk ke web registration NPWP dan buat akun baru untuk mendapatkan username dan password. Login dengan username dan password dan isi formulir yang Anda dapatkan.

Setelah memilih “Daftar” anda akan mendapatkan 2 berkas, yaitu SKTS dan formulir permohonan. Cetak kedua formulir ini, isi lengkap, lampiri dengan fotokopi KTP dan kirim ke kantor pajak terdaftar paling lambat 14 hari kerja. Bila anda melewati waktu yang ditetapkan yaitu 14 hari, maka anda pengajuan NPWP anda dianggap gugur.

Pada peraturan lama memang waktu yang ditetapkan untuk pengiriman berkas-berkas NPWP ini lebih lama, yaitu 30 hari. Tetapi, waktu 14 hari ini lebih efektif untuk pemrosesan NPWP.

  • Langsung Datang

Anda dapat langsung datang ke kantor pajak terdaftar sesuai daerah tempat tinggal anda. Anda dapat menemukan kantor pajak yang terdaftar dengan melihat informasinya di berkas SKTS. Isi form pendaftaran NPWP, lampiri fotokopi KTP, ambil antrean dan serahkan ke petugas NPWP. Setelah itu, NPWP anda akan diproses.

3. Kartu NPWP

Anda akan mendapatkan kartu NPWP melalui pos. Saat ini semua kartu NPWP sudah dikirm melalui pos, baik anda mendaftar melalui cara online atau datang ke kantor pajak langsung. Tetapi, bila Anda mendaftar sebelum 30 Mei 2013 anda dapat menunggu kartu anda dicetak langsung di kantor pajak.

4. Biaya

Biaya yang dikenakan untuk NPWP adalah gratis. Bila Anda dikenai biaya oleh oknum petugas nakal, anda bisa melapor ke 500200 line 2, layanan pengaduan resmi dari Ditjen Pajak.

5. Lama Proses

Lama proses dipengaruhi oleh proses pengiriman pos. Tapi, bila anda sudah memenuhi semua berkas, maka dalam satu hari kartu anda dapat aktif dan dapat diterbitkan.

Bila anda memerlukan NPWP secara cepat, seperti untuk persyaratan kerja, nomor NPWP anda sudah bisa dilaporkan. Yang perlu anda lakukan jangan sampai terlambat mengirimkan semua berkas yang diperlukan.

Dengan mengetahui aturan baru tentang NPWP diatas, diharapkan Anda tidak akan menemui kesulitan dalam mengurus kewajiban anda membayar pajak.

Similar Articles

Bahaya Mafia Pajak Serta Cara Mengatasinya

Bahaya Mafia Pajak Serta Cara Mengatasinya 0

Beberapa waktu lalu Panama Papers mengungkapkan mengenai praktik gelap yang dilakukan oleh perusahaan siluman sebagai mafia

Kabar Gembira untuk Semua, Penurunan Tarif PPh Telah Tiba!

Kabar Gembira untuk Semua, Penurunan Tarif PPh Telah Tiba! 0

Bagi Anda yang merasa tarif Pajak Penghasilan (PPh) terlalu tinggi, Pemerintah berencana untuk menurunkannya. Hal

Pemerintah Indonesia Bebaskan PPN Rumah Harga di Bawah Rp 300 Juta

Pemerintah Indonesia Bebaskan PPN Rumah Harga di Bawah Rp 300 Juta 0

Pemerintah Indonesia telah menaikkan batasan harga properti rumah yang tidak akan dikenakan PPN (Pajak Pertambahan Nilai)

Pemerintah Menaikkan Batas PTKP, Solusi atau Masalah?

Pemerintah Menaikkan Batas PTKP, Solusi atau Masalah? 0

Pekan ini terdapat wacana Pemerintah untuk menaikkan besaran Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP). Bila sebelumnya batas

Sunset Policy Dipercaya Ampuh Meningkatkan Penghasilan Pajak

Sunset Policy Dipercaya Ampuh Meningkatkan Penghasilan Pajak 0

Sunset Policy adalah kebijakan yang diterapkan oleh Ditjen atau Direktorat Jenderal Pajak di bawah naungan Kementrian