Teropong Bisnis | Homepage
Perbesar Segmen Kredit UKM dengan Standard Chartered BI

Perbesar Segmen Kredit UKM dengan Standard Chartered BI

0 Comments 🕔06.Sep 2013

Saat ini Standard Chartered Bank Indonesia sedang berupaya untuk memperbesar kegiatan penyaluran kredit ke sejumlah usaha kecil dan menengah atau sering disebut UKM. Kegiatan ini memiliki tujuan utama yaitu menjadikan para pemilik usaha kecil dan menengah sebagai nasabahnya yang akan selalu diberi solusi perbankan. Pihak Bank Indonesia siap memberikan pinjaman pada para pemilik usaha kecil dan menengah untuk meningkatkan produksi usaha dan memperluas cakupan pasarnya.

UKM adalah nadi perekonomian suatu bangsa

Usaha Kredit Kecil dan Menengah merupakan nadi  perekonomian negara Indonesia sendiri dan dunia. Mengingat pentingnya sektor UKM ini, penting bagi pemerintah Indonesia khususnya bank-bank di Indonesia untuk turut membantu perkembangan dan perluasan pasar UKM ini. Kenyataannya, banyak pemilik Usaha Kredit Kecil dan Menengah yang terlihat terpuruk karena ladang usahanya belum bisa digarap dengan baik. Lagi-lagi pangkal masalahnya pengelolaan usaha yang kurang baik karena terbatasnya biaya usaha. Dana usaha yang terbatas menjadi faktor utama para pemilik UKM terhambat usahanya. Mereka enggan menggunakan jasa bank karena dinilai tidak kooperatif dengan mereka. Sebut saja misalnya bunga pinjaman bank yang terlalu besar, dll.

3. Perbesar Segmen Kredit UKM dengan Standard Chartered

BI upayakan pengembangan UKM Indonesia

Sajidur Rahman selaku Country Head of Consumer Banking Standard Chartered Bank Indonesia mengatakan bahwa dengan jumlah populasi Indonesia yang besar, akan menjadi kesempatan besar bagi pihaknya untuk menawarkan sejumlah solusi perbankan khususnya bagi mereka para pemilik UKM atau mereka yang berminat merintis dan mengembangkan usaha kecil atau menengah.

Micha Tampubolon, Country Head of SME Banking Standard Chartered Indonesia, juga mengutarakan ide yang sama yaitu pelaksanaan solusi untuk memfasilitasi dan mengakomodasi para pemilik usaha kecil dan menengah yang kini makin berkembang di Indonesia. Saatnya UKM mengajukan tuntutan yang jauh lebih kompleks dan besar. Maka dari itu, Bank Indonesia dan bank-bank lainnya sebaiknya menyediakan solusi perbankan agar para pemilik UKM di Indonesia terakomodasi dengan baik.

Micha juga mengungkapkan  pihak perseroan  juga kini menyediakan sejumlah program perbankan bagi mereka para pemilik dan pengelola Usaha Bisnis Kecil dan Menengah di Indonesia.  Sebut saja contohnya adalah online banking yang sengaja dibuat dengan konsep yang jauh lebih sederhana dan mudah dioperasikan, acara workshop untuk para nasabah yang tak lain adalah para pemilik dan pengelola UKM yang diberikan secara gratis, dan dibentuknya divisi khusus seperti treasury yang bertugas melayani berbagai jenis konsultasi seputar UKM dan perbankan.

Dengan cara ini diharapkan UKM di Indonesia akan juah lebih berkembang dan bahkan maju sehingga akan menjadi pilar-pilar ekonomi Bangsa Indonesia. Tentu saja perkembangan UKM ini akan membawa dampak positif bagi perekonomian Bangsa Indonesia pada umumnya dan masyarakat kecil pada khususnya. Harapan lainnya yang terkait dengan upaya pengembangan UKM di Indonesia adalah kesadaran masyarakat yang kembali gemar menggunakan atau memanfaatkan produk-produk karya anak bangsa sendiri.

3, Perbesar Segmen Kredit UKM dengan Standard Chartered3

Similar Articles

Asuransi Mikro Segera Hadir untuk Masyarakat Kalangan Menengah ke Bawah

Asuransi Mikro Segera Hadir untuk Masyarakat Kalangan Menengah ke Bawah 0

Menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK), inklusi finansial harus dilakukan secara terus-menerus. Namun khusus untuk asuransi,

Semakin Pahamnya Masyarakat Modern Dalam Meningkatkan Nilai Kredit

Semakin Pahamnya Masyarakat Modern Dalam Meningkatkan Nilai Kredit 0

Apa Itu Nilai Kredit? Akhir-akhir ini masyarakat modern di tahun 2013 ini sudah semakin peka tentang

Perlukah Kredit UKM?

Perlukah Kredit UKM? 0

Apa Itu Kredit UKM? Jiwa berbisnis sekarang ini sudah menjamur di masyarakat. Alasannya adalah tentu saja

Tips Kredit UKM Bank Mandiri

Tips Kredit UKM Bank Mandiri 0

Peluang UKM di Masyarakat Selain bekerja, ada satu lagi cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan penghasilan

Sukseskan Usaha dengan Bantuan Dana

Sukseskan Usaha dengan Bantuan Dana 1

Modal yang cukup memang menjadi sarat utama saat Anda ingin membangun suatu usaha yang menguntungkan.

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *