Teropong Bisnis | Homepage
Inflasi Bisnis Mengakibatkan Nilai Tukar Rupiah Melemah Lagi

Inflasi Bisnis Mengakibatkan Nilai Tukar Rupiah Melemah Lagi

0 Comments 🕔06.Aug 2013

Para pelaku bisnis kini harus semakin waspada lagi dalam menjalankan aktivitas bisnisnya. Selain banyaknya permasalahan ekonomi yang terjadi saat ini, Indonesia juga tengah dibayang-bayangi dengan semakin melemahnya pergerakan nilai tukar rupiah saat ini. Melemahnya nilai tukar rupiah ini baru saja diumumkan pagi tadi. Dari sini bisa dilihat bahwa nila tukar rupiah sudah masuk dalam zona merah. Ini menunjukan bahwa akan ada peningkatan yang cukup signifikan dari nilai tukar mata uang rupiah terhadap dollar. Mengapa hal ini sampai terjadi? Banyak ahli ekonomi yang mengatakan bahwa kenaikan inflasi dan terjadinya defisit pada neraca perdagangan yang terdapat di Negara Indonesia menjadi alasan utama mengapa banyak nilai rupiah semakin melemah. Ditambah lagi ini juga merupakan sebuah permasalahan yang harus segera dicari solusinya dengan cepat.

Inflasi-Bisnis-Mengakibatkan-Nilai-Tukar-Rupiah-Melemah-Lagi-3

Nilai Tukar Dollar Terhadap Rupiah Masuk di Level 10.271 Rupiah

Jika nilai tukar dollat terhadap rupiah semakin tinggi, hal ini bisa menjadi sesuatu yang gawat karena akan meningkatkan harga-harga kebutuhan pokok yang ada saat ini. Status pelemahan rupiah yang terjadi saat ini sudah masuk dan ditutup dengan Rp. 10.271 untuk harga satu dollarnya. Hal ini tentu saja langsung melesatkan angka inflasi yang terjadi di Indonesia. Nilai Dollar yang sudah makin meninggi tersebut juga menimbulkan epidemik dimana-mana, khususnya bagi mereka yang ingin membeli barang elektronik yang mayoritas menggunakan nilai kurs dollar. Dari sini mereka harus mengeluarkan uang yang cukup banyak untuk membeli produk yang mereka inginkan tersebut.

Beberapa Mata Uang di Negara Asia juga Mengalami Pelemahan

Sebenarnya tidak hanya mata uang di Negara Indonesia saja yang mengalami pelemahan. Banyak juga Negara Asia lainnya yang juga mengalami pelemahan di mata uang mereka. Dari hasil Analisa yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik, ternyata inflasi yang terjadi pada pekan lalu sudah mencapai angka 3,29 persen. Ini tentunya lebih tinggi dibandingkan beberapa pekan sebelumnya yang mana laju inflasi masih hanya berada dalam level 1,03% saja. Tidak menutup kemungkinan bahwa nantinya kenaikan yang signifikan juga akan terjadi di bulan Agustus ini. Namun diharapkan hal tersebut tidak akan terjadi mengingat kondisi ekonomi saat ini statusnya sudah tidak cukup baik.

Lana Soelistianingsih, Ahli Ekonom dari Samuel Sekuritas, mengatakan bahwa laju inflasi yang tidak terkendali di beberapa pekan lalu dan pekan ini menyebabkan terjadinya masalah ekonomi di berbagai sektor. Salah satu pemicu utamnanya adalah naiknya BI Rate yang mencapai 50 bps atau setara dengan 6,5%. Naiknya presentase bunga acuan ini tentu saja menyebabkan nilai tukar rupiah terhadap dollar makin melemah. Untungnya, Pasar Asia saat ini kondisnya sudah mulai pulih dikarenakan sektor manufuktur Amerika Serikat yang saat ini sedang dalam kondisi yang membaik. Ini juga berkat adanya sentiment positif dari pasar global di pekan ini.

Inflasi-Bisnis-Mengakibatkan-Nilai-Tukar-Rupiah-Melemah-Lagi-2

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *