Teropong Bisnis | Homepage
Indosiar dan SCTV Resmi Bergabung di Bulan Mei 2013

Indosiar dan SCTV Resmi Bergabung di Bulan Mei 2013

0 Comments 🕔08.Apr 2013

Rapat anggota antara Merger Indosiar dengan Surya Citra Media kini telah mencapai kesepakatan dari kedua belah pihak. Melalui sebuah Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa atau RUPSLB pada hari jumat (5/4) kemarin, kedua belah pihak telah menyepakati untuk melakukan penggabungan merger, yaitu PT. Indosiar Karya Media Tbk dengan PT Surya Citra Media Tbk.

Kepala Divisi Corporate Secretary dari Indosiar, Ketut Prihadi mengatakan bahwa ada juga beberapa pihak yang tidak setuju dengan kepemilikan saham yang berkisar hingga angka 2500 ini. Tentunya mereka yang tidak setuju juga melayangkan opini dan alasan yang mereka miliki. Namun hasil pastinya tetap tidak akan berubah, yaitu penggabungan merger, yang mana akan dilaksanakan secara efektif mulai bulan Mei 2013 nanti.

Harapan Adanya Efisisensi Saham yang Positif

Tentunya banyak hal yang ingin dicapai oleh kedua belah pihak setelah keduanya melakukan merger tersebut. Diharapkan setelah bergabung, akan ada kinerja dan efisiensi yang bisa dilakukan oleh kedua pihak terkait. Ditambah lagi efisisensi yang positif akan mampu meningkatkan kinerja operasional pada perusahaan nantinya.

Tetapi, pihak yang terkait masih juga belum bisa memastikan jumlah efisiensi yang nantinya akan dihasilkan tersebut. Untuk masalah SDM, tetap tidak akan ada perubahan. Menurut Ketut, sampai saat ini pihaknya juga belum melakukan rencana yang pasti untuk perubahan segmen tayang pada program yang akan ditonton oleh para pemirsa nantinya.

Pendapatan yang Diperoleh Kedua Pihak

Ditambah lagi pihaknya juga mengakui dan menegaskan bahwa kedua pihak yang bergabung yaitu PT Surya Citra Media dan PT Indosiar Visual Mandiri akan masih tetap memiliki entitas izin penyiaran untuk masing-masing program yang akan mereka tayangkan nantinya. Lalu bagaimana dengan permasalahan pendapatan yang akan diperoleh kedua pihak? Perseroan melaporkan bahwa pendapatan mereka nantinya akan naik hingga mencapai presentase 21%.

Ini tentunya adalah kenaikan yang cukup signifikan bagi perseroan menjadi 1,03 triliyun dibandingkan tahun 2012 kemarin. Ditambah lagi laba bersih yang diperoeh di tahun 2012 juga cukup banyak yaitu 257 milyar rupiah. Sementara di tahun sebelumnya labanya hanya sebesar 96,9 milyar saja. Tentunya peningkatan laba yang cukup signifikan diharapkan akan bisa diperoleh persero di tahun 2013 ini.

Mekanisme yang disepakati bagi setiap pemegang saham Indosiar nantinya akan ditukar dengan 0,481 saham SCTV. Untuk mengetahui rasio diambilnya adalah melalui penilaian independen yang berdasarkan pada valuasi saham terakhir dari kedua perseroan yang melakukan merger tersebut. Sementara harga sahan SCTV adalah sebesar Rp.2.171 per sahamnya dan Rp. 1.044 saham untuk Indosiar.

Semoga dengan adanya penggabungan dari kedua program televisi ini, para pemirsa bisa menikmati sebuah tontonan yang lebih berkualitas dan bisa mendidik. Semua itu tidak akan mustahil untuk dilakukan jika Indosiar dan SCTV bisa bekerja sama dengan baik.

Similar Articles

Brussel Diguncang Bom, Saham Eropa Pun Bergetar

Brussel Diguncang Bom, Saham Eropa Pun Bergetar 0

Beberapa waktu yang lalu Eropa dikejutkan dengan adanya serangan bom di Brussel, Belgia. Serangan di

3 Kriteria Penting yang Anda Harus Tahu saat Investasi Saham

3 Kriteria Penting yang Anda Harus Tahu saat Investasi Saham 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi paling menjanjikan karena dapat memberikan keuntungan super besar. Hal ini memang

6 Tips Sukses Investasi Saham untuk Orang Awam

6 Tips Sukses Investasi Saham untuk Orang Awam 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi terbaik yang dapat Anda pilih. Hal ini memang benar adanya, karena

Pasar Saham Menurun, Harga Emas Kembali Sehat

Pasar Saham Menurun, Harga Emas Kembali Sehat 0

Penurunan pasar saham global memberikan dampak cukup signifikan terhadap harga emas. Pada perdagangan hari Selasa atau

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *