Teropong Bisnis | Homepage
Indonesia Siap Meningkatkan Kinerja di Sektor Bisnis Elektronik dan Listrik

Indonesia Siap Meningkatkan Kinerja di Sektor Bisnis Elektronik dan Listrik

0 Comments 🕔02.Aug 2013

Indonesia saat ini tengah meningkatkan kinerja dari beberapa sektor bisnis yang dimilikinya, salah satunya adalah bisnis di sektor elektronika dan juga listrik. Wakil Menteri Perdagangan RI, Bayu Krisnamurthi, mengemukakan bahwa ini adalah rangka dalam mempersiapkan Indonesia untuk menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN yang akan diadakan pada tahun 2015 nanti. Beliau menyampaikan hal tersebut pada saat dirinya diwawancarai di PT Supreme Cable Manufakturing di daerah Tangerang. Persiapan yang dilakukan oleh Indonesia ini tentunya bertujuan sangat penting dalam rangka meningkatkan mutu dan standard bisnis yang ada di Indonesia sehingga nantinya bisa menjadi lebih baik dibandingkan sebelumnya.

Indonesia-Siap-Meningkatkan-Kinerja-di-Sektor-Bisnis-Elektronik-dan-Listrik-2

Industri Bisnis di Indonesia Sudah Mencapai 83%

Saat ini status industry bisnis yang ada di Indonesia ternyata sudah 83% masuk dalam suasana AEC, beberapa diantaranya adalah sektor bisnis Listrik dan Elektronika yang telah disebutkan diatas. Beberapa perusahaan yang ternama juga sudah didaftarkan dan mereka tergolong merupakan perusahaan yang terbaik di wilayah ASEAN. Bahkan perusahaan tersebut telah berkontribusi cukup baik dalam memberikan eksport dan importnya untuk Negara maju. Ini tentunya adalah sebuah perusahaan yang sudah memenuhi kriteria atau standard. Beliau juga optimis bahwa Indonesia akan mampu memanfaatkan potensi pasar yang ada di ASEAN dengan jumlah yang sangat besar. Jumlah yang besar tersebut meliputi 10 Negara dengan jumlah penduduk 500 juta orang.

Momen AEC Harus Dimanfaatkan dengan Baik

Saat ini, banyak produsen yang bekerja di manufacturer Listrik dan Elektronika disarankan untuk memanfaatkan peluang yang ada tersebut supaya terjalin harmonisasi dengan Negara anggota yang ada di AEC. DItambah lagi, Bayu juga mengatakan bahwa proses pengujian dan sertifikasi produk harus diberlakukan. Dengan diadakannya event AEC ini diharapkan Indonesia akan mampu berkembang menjadi sebuah Negara bisnis yang nantinya mampu untuk membawa Indonesia ke Negara yang lebih maju. Terkait dengan keberterimaan dari sertifikasi produk dan juga hasi pengujian yang dilakukan antar satu Negara anggota ASEAN dengan yang lainnya, ditemukan terdapat 122 standard produk Listrik dan juga elektronika yang sudah mampu untuk diharmonisasikan dengan baik. Indonesia kala itu memilih 23 SNI dengan status Telah Diregulasi.

Secara tegas, Bayu mengungkapkan bahwa Indonesia sudah siap untuk bersaing di AEC 2015 nanti. Apapun yang terjadi Indonesia pasti akan bisa menjadi yang terbaik. Pada saat beliau mengunjungi PT Supreme Cable Manufacturing tersebut, Bayu dipersilahkan untuk melihat langsung bagaimana proses dan hasil produksi kabel yang dibuat oleh perusahaan professional ini. Bagaimanapun juga ini adalah sebuah potensi yang membanggakan bagi Indonesia dan patut untuk memperoleh penghargaan. Di samping itu ada juga proses pembuatan Mulaibuat Timah yang nantinya langsung disambungkan dengan kabel yang telah disiapkan. Semua proses pengerjaan tersebut berlangsung di sebuah ruangan yang dipantau oleh Quality Control.

Indonesia-Siap-Meningkatkan-Kinerja-di-Sektor-Bisnis-Elektronik-dan-Listrik-3

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *