Teropong Bisnis | Homepage
Indeks Harga Saham Lagi-Lagi Melemah

Indeks Harga Saham Lagi-Lagi Melemah

0 Comments 🕔04.Jul 2013

Indek harga saham memang sedang dalam kondisi yang kurang memuaskan. Rabu pagi ini lagi-lagi IHSG menjadi melemah. Tentu saja ini membuat banyak investor dan pelaku bisnis harus berpikir ekstra keras untuk merencanakan langkah apa yang harus mereka lakukan supaya bisnis mereka tetap berjalan dengan stabil meskipun harga saham sedang turun. Hasil analisa yang dilakukan oleh bursa regional juga menunjukan bahwa hampir seluruh bursa regional tersebut masuk dalam zona merah. Tentunya ini sangat mengkhawatirkan. Tepat lima menit setelah perdagangan dibuka, semua pihak terkejut melihat lemahnya indeks saham yang turun dengan jumlah 0,7%. Penurunan ini juga terjadi di beberapa negara di Asia lainnya, tidak terkecuali Indonesia yang juga terkena dampak atau imbasnya.

Indeks-Harga-Saham-Lagi-Lagi-Melemah-4

Sektor Manufaktur Masuk Ke Zona Merah Terendah

Dalam hal ini IHSG ternyata masih dibayangi oleh pemangkasan terhadap proyeksi pertumbuhan ekonomi, begitu juga yang ada di Indonesia yang mengalami pelemahan dalam sektor manufaktur. Untuk saat ini harga saham memang sedang menurun tapi ini adalah tantangan yang harus dilalui oleh para pemilik saham supaya kinerja perusahaan mereka bisa makin meningkat. Dari 10 buah sektor bisnis yang ada di dunia, tercatat kenaikan yang signifikan terjadi di bisnis tersebut. Diantaranya adalah sektor pertambangan. Kenaikan di sektor pertambangan ini lebih tinggi dari sebelumnya yakni meningkat dengan jumlah 0,4 persen. Sementara itu sektor industri juga mengalami kenaikan yang signifikan meskipun jumlahnya tidak sebanyak sektor pertambangan, yakni hanya 0,03 persen saja.

Untuk sektor consumer, kenaikan terjadi dalam jumlah yang lebih tinggi yaitu 0,07 persen. Sisanya Industri yang memerah terjadi di sektor infrastructure dengan jumlah yang paling besar, yaitu -0,89 persen. Tentunya jumlah yang besar ini harus membuat para pelaku bisnis di sektor tersebut berpikir lebih keras lagi. Pasalnya mau tidak mau mereka harus melakukan sesuatu agar bisnis mereka bisa membaik lagi seperti biasanya. Bursa saham regional saat ini memang banyak yang sedang dalam kondisi tidak sehat. Hal ini jelas dikarenakan banyaknya permasalahan ekonomi yang terjadi saat ini dan juga banyaknya inflasi yang terjadi dimana-mana.

Indeks-Harga-Saham-Lagi-Lagi-Melemah-3

Bursa Regional Masuk dalam Teritori Negatif

Bisa disimpulkan bahwa bursa regional secara keseluruhan masuk dalam teritori yang negatif. Namun demikian, masih ada beberapa bursa yang dalam keadaan stabil dan mengalami peningkatan cukup baik, sebut saja Bursa Malaysia yang mencatat sebuah kenaikan dengan jumlah 0,21 persen atau setara dengan 3,45 poin. Selanjutnya Hengseng, Shanghai dan juga Nikkei hari ini masuk ke dalam zona merah dengan penurunan masing-masing saham yang dibawah nol alias minus. Bahkan penurunan terbesar dialami oleh Hengeseng dengan jumlah -1,29 persen. Nilai tukar rupiah untuk saat ini masih diperdagangkan dengan level 9.984 Rupiah untuk per Dollarnya.

Indeks-Harga-Saham-Lagi-Lagi-Melemah-5

Similar Articles

Brussel Diguncang Bom, Saham Eropa Pun Bergetar

Brussel Diguncang Bom, Saham Eropa Pun Bergetar 0

Beberapa waktu yang lalu Eropa dikejutkan dengan adanya serangan bom di Brussel, Belgia. Serangan di

3 Kriteria Penting yang Anda Harus Tahu saat Investasi Saham

3 Kriteria Penting yang Anda Harus Tahu saat Investasi Saham 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi paling menjanjikan karena dapat memberikan keuntungan super besar. Hal ini memang

6 Tips Sukses Investasi Saham untuk Orang Awam

6 Tips Sukses Investasi Saham untuk Orang Awam 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi terbaik yang dapat Anda pilih. Hal ini memang benar adanya, karena

Pasar Saham Menurun, Harga Emas Kembali Sehat

Pasar Saham Menurun, Harga Emas Kembali Sehat 0

Penurunan pasar saham global memberikan dampak cukup signifikan terhadap harga emas. Pada perdagangan hari Selasa atau

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *