Teropong Bisnis | Homepage
Indeks Harga Saham Gabungan Dibuka Menguat Menjelang Libur Panjang

Indeks Harga Saham Gabungan Dibuka Menguat Menjelang Libur Panjang

0 Comments 🕔04.Aug 2013

Para pemilik saham kini bisa bernapas lega menjelang liburan berkat berita mengenai naiknya Indeks Harga Saham atau IHSG yang dikabarkan tengah mengalami penguatan pada pekan ini. Ini juga merupakan kabar yang baik bagi para investor yang ingin menanamkan modalnya di saham-saham besar supaya bisa meraup keuntungan yang lebih baik. Pagi tadi IHSG dibuka dengan kenaikan yang cukup signifikan. Mereka bergerak di level 4.634. Ini berarti kenaikan dari indeks harga saham sudah mampu untuk mencapai 0,24% dari pembukaan awal tadi pagi. Para ahli ekonom juga sebenarnya telah memprediksi adanya kenaikan harga saham ini. Pasalnya beberapa pekan lalu harga saham sempat mengalami drop dan menurun dengan jumlah yang cukup besar.

Dua perempuan berbincang dengan latar belakang angka fluktuasi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Plasa Mandiri, Jakarta, Senin (10/1).

Top Gainers dan Top Losers Indeks Harga Saham

Ditambah lagi banyak terjadi aksi profit taking yang ada dimana-mana sehingga merugikan banyak pemilik saham dan memicu timbulnya pelemahan harga indeks. Untungnya, menjelang libur panjang ini, IHSG dibuka dengan penguatan yang baik sehingga para pemilik saham kini bisa bernapas lega kembali. Kenaikan harga saham ini mayoritas terjadi pada sektor perdagangan dan juga sektor pertambangan. Dua sektor tersebut tengah mengalami kenaikan yang cukup besar saat ini. Saham-saham lainnya di sektor lainnya juga ada yang mengalami kenaikan meskipun tidak sebanyak saham-saham dari dua sektor yang disebutkan tersebut.

Saham yang masuk dalam jajaran Top Gainers saat ini adalah ITMG. Kemudian diikuti oleh beberapa saham lainnya yaitu GGRM, SMRG, dan TBIG. Di bawahnya lagi terdapat saham yang mengalami kenaikan pula yaitu UNTR. Bagaimanapun juga indeks harga saham tidak akan lengkap tanpa hadirnya saham-saham yang masuk dalam jajaran Top Losers. Mereka yang masuk dalam jajaran ini adalah JSMR, CPIN, dan juga BTPN. Kemudian dilanjutkan oleh 3 saham lagi dibawahnya yaitu BDMN, HRUM, dan juga SAME. Meskipun masih ada saja saham yang masuk dalam peringkat top losers, tidak menutup kemungkinan bahwa mereka yang masuk dalam papan bawah tersebut bisa masuk ke jajaran atas nantinya. Hal ini disebabkan harga saham saat ini yang berangsur-angsur membaik.

Membaiknya IHSG di Wilayah Regional

Membaiknya harga saham dengan meningkatnya beberapa saham yang masuk ke peringkat top gainers tentu saja menjadi berita baik bagi beberapa saham yang ada di wilayah regional khususnya wilayah Asia. Para ahli ekonom juga mengatakan bahwa peningkatan yang besar akan terjadi pada indeks harga saham selama beberapa pekan liburan mendatang. Peningkatan tersebut juga pastinya akan bisa menjadikan saham yang ada di wilayah regional menjadi makin stabil. Laju inflasi di bulan Juli kemarin juga telah berhasil dikendalikan sehingga tidak perlu ada yang dikhawatirkan lagi. Laju inflasi pada bulan juli dikabarkan telah menembus level yang aman yaitu 3 persen.

Indeks-Harga-Saham-Gabungan-Dibuka-Menguat-Menjelang-Libur-Panjang-3

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *