Teropong Bisnis | Homepage
Imbas Konflik Timur Tengah Terhadap Ambruknya Bisnis Asia

Imbas Konflik Timur Tengah Terhadap Ambruknya Bisnis Asia

0 Comments 🕔26.Jun 2014

Pergerakan saham di wilayah Asia Pasifik mengalami penurunan signifikan yang dimulai oleh saham dari sektor teknologi. Ambruknya saham di kawasan Asia Pasifik merupakan imbas dari peningkatan tindak kekerasan yang terjadi di daerah Timur Tengah. Kondisi ini rupanya menyebabkan penurunan permintaan terhadap aset-aset berisiko.

Penurunan saham pada bisnis Asia bida dilihat dari laporan penurunan indeks MSCI Asia Pasifik (MXAP) hingga mencapai 0,3 persen pada angka 144,31 pada pukul 09.47 waktu ibukota Jepang, Tokyo. Ada delapan sektor yang mengalami kemunduran dari seluruh sektor yang berpengaruh dalam pembentukan indeks tersebut.

Penurunan pada level yang sama dengan MSCI Asia Pasifik sebesar 0,3 persen juga terjadi pada indeks Topix Jepang. Sementara itu, pelemahan sebesar 0,3 persen juga dialami oleh indeks Kospi Korea Selatan. Penurunan yang lebih dahsyat bahkan terjadi pada indeks S&P/ASX yang mencapai level 1 persen. Di sisi lain, penurunan yang hanya sebesar 0,1 persen bisa ditemukan pada indeks NZX 50 di Selandia Baru.

Penurunan indeks saham yang terjadi di kawasan bisnis Asia dan Pasifik salah satunya disebabkan oleh ketegangan yang meningkat di wilayah Timur Tengah. Mengingat kawasan Timur Tengah merupakan salah satu kawasan penghasil minyak terbesar di dunia, tidak mengherankan jika harga minyak dunia menjadi demikian tinggi akibat terjadinya konflik berkepanjangan di kawasan tersebut.

Menurut Osamu Kouzumi yang merupakan Pejabat Eksekutif Meiji Yasuda Asset Management Co yang berbasis di Tokyo, Jepang, harga minyak yang mengalami peningkatan signifikan akan memberikan beban terhadap perekonomian global. Oleh karena itu, konflik yang terjadi di Irak memperoleh perhatian yang besar dari para pelaku pasar dari seluruh penjuru dunia termasuk pelaku bisnis Asia dan Pasifik.

Sebagaimana yang dilaporkan oleh Wall Street Journal, situasi Irak menjadi semakin panas pasca serangan yang dilancarkan oleh pesawat tempur Suriah dengan target Irak Barat. Paling tidak ada 50 orang meninggal akibat serangan tersebut.

Menurut Osamu, konflik yang terjadi di kawasan Timur Tengah ini juga menjadi alasan mengapa para investor memilih untuk mengamankan aset yang berada di kawasan Asia Pasifik dalam jangka pendek. Ia juga mengoreksi bahwa kondisi ini mungkin hanya akan bersifat sementara mengingat pada dasarnya kawasan Asia mempunyai dasar yang baik.

Selain akibat konflik Timur Tengah, indeks di kawasan Asia Pasifik juga mengalami penurunan akibat perbaikan yang terjadi pada perekonomian Amerika Serikat. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan pembelian rumah baru di Amerika Serikat pada bulan Mei yang lalu.

Peningkatan hingga mencapai 3 poin terjadi pada indeks kepercayaan konsumen Amerika Serikat pada bulan Juni dari level 82,2 pada bulan Mei. Data yang menunjukkan perbaikan tersebut menyebabkan para investor mengalihkan aset ke Amerika Serikat.

3.Imbas Konflik Timur Tengah Terhadap Ambruknya Bisnis Asia1

BACA JUGA:

PT Eastspring Pasarkan Reksadana Lewat Commonwealth

Alasan Presentase Suku Bunga Acuan Dipertahankan di 7.5%

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *