Teropong Bisnis | Homepage
IHSG Hari Pertama Usai Lebaran Masuk di Zona Merah

IHSG Hari Pertama Usai Lebaran Masuk di Zona Merah

0 Comments 🕔14.Aug 2013

Bagaimanakah kondisi IHSG pada saat hari pertama usai lebaran? Dari hasil penutupan Indeks Harga Saham Gabungan hari senin kemarin, tercatat bahwa IHSG berada dalam zona merah sejak pembukaan yang terjadi di sesi satu tersebut. Hal ini tentu saja sangat disayangkan mengingat masuknya Indeks Harga Saham di zona merah menunjukan betapa buruknya status harga saham yang ada saat ini. IHSG saat ini terbenam di level 4.597,78. Ini berarti IHSG sedang mengalami penurunan dengan jumlah 43 poin. Jumlah ini jika dipresentasekan sama dengan 0,92 persen.  Pembukaan awal IHSG yang langsung masuk dalam zona merah sepertinya bukanlah hal yang mengejutkan lagi bagi para pelaku bisnis. Nyatanya karena memang akhir-akhir ini IHSG memang rentan berada di zona merah.

IHSG-Hari-Pertama-Usai-Lebaran-Masuk-di-Zona-Merah-2

Banyak Saham yang Mengalami Pelemahan IHSG

Saham-saham yang mayoritas berada dalam aneka industri dan juga consumer tersebut rata-rata mengalami pelemahan yang cukup banyak sehingga menjadikan Indeks Harga Saham bertahan di zona merah sampai sekarang. Dari hasil analisa yang dilakukan, tercatat bahwa jumlah total transaksi yang terjadi pada hari ini adalah 3,45 Milyar lot saham. Ini sama saja dengan jumlah sebesar 5,19 Trilliun rupiah. Dari sini ternyata terdapat 125 saham yang dinyatakan naik harganya, sementara itu beberapa saham lainnya, sebanyak 114 saham mengalami penurunan harga. Untuk 95 saham sisanya dinyatakan harganya tidak berubah sama sekali.

Saham Top Gainers dan Top Losers

Harga saham yang naik turun dan tidak berubah tersebut tentu saja harus dimanfaatkan dengan baik oleh para pengusaha. Dari sini IHSG mencatatkan bahwa ada beberapa nama saham yang saat ini menjadi Top Gainers, salah satunya adalah ITMG di peringkat pertama, dibawahnya ada UNTR, dan PTBA. Di peringkat keempat dipegang oleh MYOR dan peringkat kelima dipegang oleh LION. Untuk Top Gainers yang masuk dalam jajaran peringkat keenam dipegang oleh SUPR-W. Saham-saham yang mengalami Top Losers juga tercatat, yang pertama adalah GGRM, dan dilanjutkan di bawahnya oleh UNVR, di peringkat ketiga ada ICBP, selanjutnya di peringkat keempat dipegang oleh GMTD. Di bawahnya di peringkat kelima dan keenam ada HMSP dan AALI.

Jika dilihat dari sisi yang lain, ternyata seluruh saham emitmen yang ada saat ini mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Ini bisa dilihat dari harga komoditas tambang yang makin lama makin menguat. Pemicu dari kenaikan harga tersebut adalah karena riset yang dilakukan oleh Morgan Stanley. Beliau mengatakan bahwa impor bahan tambang batu bara yang terjadi di India mengalami peningkatan dan ini menunjukan bahwa harga komoditas telah sampai dalam levelnya yang paling bawah. Secara regoional, sebagian besar bursa saham yang ada di kawasan Asia Pasific tengah mengalami penaikan yang cukup banyak. Hal ini tentunya menjadi kenaikan yang tertinggi yakni 2,39 persen atau setara dengan level 2101,28.

IHSG-Hari-Pertama-Usai-Lebaran-Masuk-di-Zona-Merah-3

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *