Teropong Bisnis | Homepage
IHSG Ditutup dengan Penguatan 54.61 Poin

IHSG Ditutup dengan Penguatan 54.61 Poin

0 Comments 🕔15.Aug 2013

IHSG yang sempat bergerak volatile pada perdagangan yang terjadi kemarin, pada akhirnya berhasil ditutup dengan penguatan yang cukup signifikan. IHSG yang menguat ini, membuatnya naik ke level 4652.39 dimana mereka mengalami peningkatan dengan jumlah 54.61 poin. Total transaksi yang terjadi dari IHSG saat ini juga sudah mencapai angka yang tinggi yaitu 4.6 Trilliun rupiah. Pemicu meningkatnya IHSG juga dikarenakan banyaknya net buy yang terjadi di kalangan investor asing. Net buy ini tercatat memiliki nilai sebesar 78 Milyar rupiah di skala pasar regular. Maka dari itu penguatan indeks pun bukanlah sebuah hal yang tidak mungkin untuk terjadi. Penguatan indeks yang saat ini terjadi juga ternyata dipicu oleh bunga regional yang telah berada dalam posisi stabil. Perbaikan yang terjadi pada sektor global saat ini juga menjadikan IHSG berpotensi untuk terus mengalami kenaikan.

IHSG-Ditutup-dengan-Penguatan-54.61-Poin-1

Data Pertumbuhan PDB Prancis dan Jerman Pekan Lalu

Contoh yang konkrit bisa dilihat dari bagaimana data pertumbuhan order mesin pada bulan Juni lalu mengalami pertumbuhan yang cukup banyak, yaitu 4,9%. Ternyata, PDB dari Prancis dan juga Jerman yang mengalami pertumbuhan diluar dari prediksi ini membantu sekali bagi mata uang euro untuk bisa  Namun, IHSG kembali berubah menurun semalam. Pada saat pembukaan Indeks Dow Jones, ternyata Indeks Harga Saham ditutup dengan pelemahan berkurangnya poin yang cukup banyak. Jumlah poin tersebut bahkan mampu membawa IHSG masuk di level yang parah 15337.70 dimana mereka kehilangan poin sebanyak 113.35. Selain itu Indeks yang dimiliki oleh S&P juga mengalami pelemahan dengan poin penurunan 8.77. Ini membawa S&P masuk ke level 1685.39. Di bawahnya lagi masih ada indeks Nasdaq yang juga mengalami penurunan saat ditutup semalam. Penurunan yang terjadi pada nasdaq adalah 15.17 poin dimana mereka akhirnya tergeser untuk masuk di level 3669.27.

Pelemahan bursa wall street yang terjadi malam kemarin itu tentu saja memberikan berbagai kekhawatiran bagi para investor. Mereka khawatir tidak akan bisa mendapatkan keuntungan dari investasi saham yang dilakukannya. Ada juga  beberapa investor yang khawatir karena ada rumor yang mengatakan bahwa The Fed akan melakukan pengurangan terhadap angka stimulus sehingga ini akan benar-benar merugikan para investor nantinya.

Bursa Regional Masih Mengalami Pelemahan

Namun demikian, kalangan analisis banyak yang memprediksi bahwa pengurangan skala stimulus ini akan segera terjadi pada bulan September mendatang. Dari hasi data ekonomi yang dianalisa oleh para ahli ekonom, mereka merilis bahwa data penjualan Amerika Serikat saat ini telah mengalami peningkatan dengan jumlah 0,5%. Ini terjadi pada bulan Juli kemarin. Di samping itu Bursa Eropa juga berhasil ditutup dengan penguatan yang cukup tinggi. Jerman mendapatkan penguatan sebesar 0,7% sementara Prancis mengalami penguatan dengan jumlah 0,5%. Sayangnya untuk indeks regional banyak yang cenderung mengalami pelemahan.

IHSG-Ditutup-dengan-Penguatan-54.61-Poin-3

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *