Teropong Bisnis | Homepage
Hedge Fund Memangkas Dana Terhadap Bisnis Logam Mulia Emas

Hedge Fund Memangkas Dana Terhadap Bisnis Logam Mulia Emas

0 Comments 🕔02.Jul 2013

Hedge-Fund-Memangkas-Dana-Terhadap-Bisnis-Logam-Mulia-Emas-1

Dalam dunia bisnis, emas merupakan salah satu jenis logam mulia yang bagus untuk dimanfaatkan sebagain investasi. Tetapi hal ini agaknya kurang kondusif untuk dilakukan saat ini, pasalnya harga emas tengah mengalami penurunan. Pihak Hedge Fund dunia juga mulai mengeluarkan kebijakan terbaru terhadap logam mulia tersebut. Pihak pengelola dana emas ini memandang bahwa emas bukan lagi sarana investasi yang menguntungkan, maka dari itu mereka mulai untuk memangkas dana yang diberikannya pada emas. Kondisi emas yang selama ini kian merosot dan tidak mengalami kenaikan sama sekali membuat Hedge Fund terpaksa melakukan hal tersebut. Sejatinya mereka memang hanya memberikan dana bantuan pada sektor bisnis dan investasi yang menguntungkan. Jika tidak menguntungkan buat apa diberi dana bantuan.

Hasil Analisis dari US Commodity Future Trading Commission

US Commodity Future Trading Commission memaparkan data yang dihimpunnya sejak 25 juni pekan lalu. Dari hasil analisis yang dilakukan terhadap emas, banyak sekali para manajer investasi yang menurunkan posisi mereka dengan kontrak emas. Penurunan yang terjadi juga cukup drastis, yakni sebesar 20%. Tentu saja hal ini sangatlah memprihatinkan, pasalnya ini adalah penurunan yang terbesar sejak tahun 2007 lalu. Jumlah total dari para investor tersebut adalah 31.197. Namun demikian, kepemilikan dari kontrak emas jangka pendek ternyata mengalami peningkatan yang signifikan. Di sektor kontrak emas jangka pendek, kenaikan yang terjadi adalah 5%.

Faktor Penyebab Menurunnya Harga Emas

Mengapa hal ini bisa terjadi? Tentu saja dikarenakan para trader banyak yang optimis dan percaya bahwa harga emas suatu hari nanti akan bisa meningkat lagi. Meskipun banyak dari prediksi yang mereka lakukan ternyata merosot. Para trader yang optimis bahwa harga 18 komoditas emas akan meningkat ternyata tidak seperti yang mereka duga, sebaliknya, emas malah merosot hingga 9% pada waktu itu selama 12 pekan terakhir. Banyak faktor yang menyebabkan harga emas menjadi hilang satu persatu. Faktor tersebut diantaranya adalah kecemasan para investor dan pengusaha terhadap adanya inflasi. The Fed merupakan salah satunya. Mereka berencana untuk menghentikan stimulasi dari salah satu sektor bisnis di titik tertentu agar sektor lainnya bisa berjalan dengan baik.

Mark Luschini, Chief Investment Strategy dari Scott LLC, mengungkapkan bahwa banyak sekali para penyongkong emas yang sudah mulai memudar akhir-akhir ini. Banyak dari mereka yang pindah ke sektor bisnis lainnya karena menurut mereka emas sudah bukan lagi sesuatu yang menguntungkan. Adanya resiko makroekonomi yang harus mereka tanggung jika memilih investasi emas membuat para penyongkong ragu akan keberhasilan bisnis logam mulia tersebut. Secara garis besar, harga emas tahun ini diperkirakan telah merosot dengan jumlah 27%. Jumlah ini tentu saja bukanlah jumlah yang sedikit. Ditambah lagi ini adalah jumlah yang terburuk.

Hedge-Fund-Memangkas-Dana-Terhadap-Bisnis-Logam-Mulia-Emas-2

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *