Teropong Bisnis | Homepage
Harga Property RSH Meningkat Akibat Naiknya Harga BBM

Harga Property RSH Meningkat Akibat Naiknya Harga BBM

0 Comments 🕔27.Jun 2013

Kenaikan harga BBM agaknya memberikan dampak yang signifikan bagi sektor properti. Menteri Perumahan Rakyat, Djan Faridz, mengemukakan bahwa kenaikan harga BBM juga harus diimbangi dengan adanya Subsidi untuk Rumah Rakyat. Pasalnya kenaikan harga BBM tersebut bisa mengakibatkan sektor ini menjadi makin melemah. Inilah yang menyebabkan harga dari rumah rakyat menjadi naik, yang awalnya berkisar hanya 88 juta hingga 145 juta saja kini semakin ditingkatkan. Ini menunjukan bahwa naiknya harga BBM dianggap oleh sebagian orang sebagai hal yang tidak adil. Pasalnya masyarakat sudah bisa memperoleh harapan untuk mendapatkan rumah yang harganya terjangkau melalui RSH, namun ternyata ada rumor bahwa harganya akan dinaikan. Ini sungguh hal yang memprihatinkan.

harga-property-RSH-2

Namun, Menteri Perumahan Rakyat juga menyarankan masyarakat untuk tidak khawatir terlebih dahulu karena cicilan yang diberlakukan untuk membayar rumah rakyat tersebut juga rencananya akan diberikan perpanjangan. Dalam hal ini masyarakat akan lebih leluasan dan mudah untuk membayar tagihan rumah perbulannya secara ringan. Sayangnya sampai saat ini besarnya kenaikan harga untuk RSH belum juga bisa dipastikan. Semua itu harus dirapatkan terlebih dahulu dengan para petinggi dan pihak terkait lainnya supaya bisa memberikan kebijakan yang menguntungkan bagi semua kalangan, terutama rakyat banyak. Kajian ini akan segera dibahas rencananya di pekan ini.

Pada Kenyataanya, Ketua Umum DPD Asosiasi Pengembangan Rumah dan Pemukiman mengatakan bahwa rakyat tidak perlu khawatir karena rencana kenaikan harga properti ini tidak akan terjadi dalam waktu dekat. Bahkan bila memungkinkan, subsidi sejatinya tidak akan dialihkan ke RSH namun dialihkan ke sektor lainnya sehingga peluang untuk memperoleh rumah dengan harga yang stabil akan bisa didapatkan lagi. Memang sebaiknya subsidi jangan dinaikan terlebih dahulu karena jika peningkatan harganya sangat tinggi, banyak konsumen yang mengeluh karena mereka tidak bisa menjangkau harga rumah yang mahal pula. Kalaupun ada beberapa yang bisa, tentunya mereka harus semakin menghemat pengeluaran yang dilakukan. Ini tentunya akan sangat mengganggu aktivitas mereka.

harga-property-RSH-3

Dengan semakin naiknya harga BBM tentu saja biaya hidup juga akan semakin tinggi. Rakyat yang mulanya hidup berkecukupan akan semakin sulit dalam memenuhi kebutuhan sehari-harinya, apalagi jika subsidi kenaikan harga RSH benar-benar naik. Mengalokasikan subsidi kepada MBR merupakan ide yang bagus karena dengan demikian, pengemban akan bisa mempertahankan harga yang mereka patok. Untuk saat ini memang masih tidak ada kenaikan harga, namun Eddy telah mempersiapkan strategi yang tepat jika memang kenaikan subsidi ini benar-benar terjadi. Salah satunya adalah dengan menekan biaya-biaya di sektor lainnya. Penekanan biaya dilakukan di sektor perijinan, listrik, dan pertanahan. Sampai saat ini kenaikan RSH memang masih menjadi wacana yang mengkhwatirkan sebagian masyarakat.

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *