Teropong Bisnis | Homepage
Harga Perdana Reksa Dana SMinfra18 yang Menggembirakan

Harga Perdana Reksa Dana SMinfra18 yang Menggembirakan

0 Comments 🕔07.Mar 2014

Kabar baik datang dari SMinfra. Pada pencatatan harga perdana reksa dana premier atau exchange trade fund/ETF, SMinfra mencapai harga yang di luar dugaan. Saat ini, SMinfra18 dibuka dengan harga Rp. 315 per unit.

Pembelian menggunakan kode saham XISI. Lebih lanjut lagi, saham ini sudah ditransaksikan sebanyak 12.5 miliar unit. Dengan transaksi sebanyak itu, maka total jumlah penyertaannya sebanyak 100.000.000 unit.

Di sisi lain, John D Item selaku Direktur Utama PT Indo Premier Investment Management atau IPIM mengungkapkan nilai aktiva bersih atau NAV Premier ETF SMinfra18 yang menggembirakan. Menurutnya, nilai aktiva bersih dari SMinfra telah mencapai Rp. 30.8 miliar. Secara spesifik, jumlah ini meliputi 18 emiten infrastruktur regular.

John juga masih akan terus melakukan analisa dan review secara berkala sehingga pihaknya yakin bahwa saham ini memang berada dalam level good performance. Harga perdana ini juga merupakan pembentukan awal penyertaan unit ETF. Penyertaan unit ETF ini dilakukan oleh beberapa entitas sponsor.

ekonomi, harga, reksa dana, sminfra18, saham

Jika sudah masuk pada proses transaksi maka harga akan berubah. Secara otomatis, harga akan mengikuti pergerakan kinerja aset dasar yang ada di portfolio ETF. 18 emiten tersebut di atas merupakan bobot portfolio permier ETF.

Emiten tersebut terdiri dari sektor infrastruktur utama dan sektor pendukung lain yang ada dalam indeks saham besutan PT Sarana Multi Infrastruktur dan Bursa Efek Indonesia ini. Pemilihan konstituen indeks sendiri dilakukan oleh otoritas bursa dan pihak Sarana Multi. Pemilihan didasarkan oleh data pasar dan tata kelola perusahaan setiap emiten yang memang masuk dalam kriteria.

Komite Independen disertakan dalam proses evaluasi indeks SMinfra 18. Komite independen tersebut memiliki keahlian dan pengalaman khususnya pada bidang infrastruktur dan pasar modal. Menurut informasi, PT Indo Premier Investment Management atau IPIM sudah melakukan tanda tangan kerjasama dengan PT Sarana Multi Infrastruktur untuk menggunakan indeks SMinfra18.

Sebagai tambahan, produk ini sangat berbeda dengan produk ETF yang sebelumnya seperti R-LQ45X, XIIT dan XIJI. 3 produk tersebut masih menggunakan benchmark indeks milik dan terbitan BEI. Sedangkan untuk produk ETF yang terbaru nanti,

IPIM akan menggunakan indeks milik PT SMI yaitu indeks saham SMinfra18 tersebut di atas. Perlu Anda tahu bahwa reksadana premier exchange trade fund atau ETF tersebut merupakan reksa dana kelima berbasis indeks dari PT Indo Premier Investment.

Indeks terbaru ETF ini ditengarahi sebagai instrument investasi yang tepat khususnya di tengah kondisi pasar yang tidak menentu. Setidaknya, indeks tersebut bisa mengurangi fluktuasi dan memberikan transparansi dan keleluasaan investor untuk bertransaksi setiap saat pada jam kerja bursa. Lebih lanjut, investasi jenis ini juga memiliki fleksibilitas tinggi dan justru menyederhanakan investasi investor di pasar saham Indonesia.

ekonomi, harga, reksa dana, sminfra18, saham

BACA JUGA: 

Sambutan Baik Investor Untuk Saham Asuransi Mitra Maparya

Tips Memilih Sekuritas Saham Yang Terpercaya

Similar Articles

Brussel Diguncang Bom, Saham Eropa Pun Bergetar

Brussel Diguncang Bom, Saham Eropa Pun Bergetar 0

Beberapa waktu yang lalu Eropa dikejutkan dengan adanya serangan bom di Brussel, Belgia. Serangan di

3 Kriteria Penting yang Anda Harus Tahu saat Investasi Saham

3 Kriteria Penting yang Anda Harus Tahu saat Investasi Saham 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi paling menjanjikan karena dapat memberikan keuntungan super besar. Hal ini memang

6 Tips Sukses Investasi Saham untuk Orang Awam

6 Tips Sukses Investasi Saham untuk Orang Awam 0

Investasi saham dikatakan sebagai investasi terbaik yang dapat Anda pilih. Hal ini memang benar adanya, karena

Pasar Saham Menurun, Harga Emas Kembali Sehat

Pasar Saham Menurun, Harga Emas Kembali Sehat 0

Penurunan pasar saham global memberikan dampak cukup signifikan terhadap harga emas. Pada perdagangan hari Selasa atau

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *