Teropong Bisnis | Homepage
Harga Emas Naik, Tanda Kebangkitan Komoditas Safe Haven?

Harga Emas Naik, Tanda Kebangkitan Komoditas Safe Haven?

0 Comments 🕔18.Feb 2014

Emas dikatakan sebagai salah satu instrumen investasi teraman, karena nilainya yang selalu naik. Memang, tahun lalu, harga emas sempat turun drastis, tetapi masih banyak orang yang mempercayai emas sebagai investasi mereka. Untuk tahun 2014, dapat dikatakan sebagai tahun kebangkitan emas.

Menurut Marketing Manager Logam Mulia PT Antam Tbk Bambang Wijanarko, harga emas di dua bulan pertama 2014 naik 5,35%. Hal ini ditunjukkan pada emas murni batangan Antam 100 gram. Pada 1 Januari 2014, harga emas jenis ini mencapai Rp. 485.500 per gram dan tanggal 17 Februari 2014 sudah mencapai Rp. 511.500 per gram.

Bahkan, harga emas di pasar London Metal Exchange (LME) pada 14 Februari 2014, harga emas naik menjadi US$ 1.320 per troy ounce dari sebelumnya US$ 1.225 per troy ounce pada 2 Januari 2014. Data ini menunjukkan harga emas naik 7,75%.

Penyebab bangkitnya harga emas ini adalah kondisi ekonomi AS saat ini. Tahun lalu, kondisi AS yang semakin membaik membuat dolar AS semakin menguat, terutama pada komoditas safe haven seperti emas dan perak. Selain itu, rencana Bank Sentral AS yang ingin menghentikan stimulus moneter, juga membuat harga emas turun.

Akan tetapi, pada tahun 2014 ini, ternyata prediksi para ahli tentang kondisi ekonomi AS meleset. Indeks tingkat pengangguran AS bulan ini ternyata tidak seperti yang diprediksi. Hal ini juga yang membuat The Fed mengurungkan niatnya untuk memberlakukan rencana pemberhentian stimulus moneter mereka. Akibatnya, dolar AS melemah dan harga emas terkatrol naik.

harga emas, komoditas, safe haven, bisnis

Selain itu, meningkatnya permintaan emas di bagian Timur dunia juga menjadi salah satu penyebabnya. China bahkan menjadi konsumen emas terbesar mengalahkan India pada tahun 2013 yang lalu. India pada tahun lalu menerapkan kebijakan impor emas untuk menekan defisit neraca perdagangan mereka. Hal ini menyebabkan jumlah impor emas di India menjadi terbatas.

Selain itu, harga emas yang menurun akhir tahun lalu juga dimanfaatkan oleh China dan negara-negara Asia Tenggara untuk mengoleksi emas. Hal ini juga disebabkan budaya negara-negara ini yang masih memandang emas sebagai barang untuk disimpan untuk kepentingan jangka panjang. Oleh karena itu, menurut Bambang, dunia Timur akan mampu menyerap semua emas yang dilepas ke pasar oleh Barat, karena hal ini.

Untuk tahun ini, diprediksi harga emas dunia akan berada pada level US$ 1.300 – 1.400 per troy ounce. Jadi, bila dikatakan tahun ini merupakan tahun kebangkitan emas, maka hal tersebut sangatlah tepat.

Menurut Bambang, Anda yang sampai saat ini belum berinvestasi dan menabung dalam emas batangan, tahun ini adalah momen yang tepat. Emas akan menjadi salah satu investasi yang paling berharga, terutama bila melihat tren naik harga emas saat ini.

 harga emas, komoditas, safe haven, bisnis

BACA JUGA:

PT Dirgantara Indonesia Kembali Mengudara

Erupsi Kelud Hentikan 52 Penerbangan Citilink

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *