Teropong Bisnis | Homepage
Harga Emas Mengalami Penurunan, China Menjadi Konsumen Emas Terbesar

Harga Emas Mengalami Penurunan, China Menjadi Konsumen Emas Terbesar

0 Comments 🕔15.Aug 2013

Harga emas yang saat ini mengalami penurunan menjadikan banyak sekali investor yang berloma-lomba untuk membeli emas dalam jumlah banyak. Ini juga tidak hanya terjadi di kawasan Indonesia saja namun juga di kawasan China. Seperti yang telah diberitakan di beberapa media bahwa selama 6 bulan dalam setahun ini, ternyata konsumsi emas yang ada di Negara Tirai Bambu tersebut mampu untuk melambung tinggi hingga mencapai presentase 54%. Jumlah ini tentu saja meningkat karena harga emas yang saat ini sedang murah-murahnya. Mengapa harga emas bisa turun secara drastis dan menguntungkan para investor emas ini? Salah satu pemicu menurunnya harga emas adalah dikarenakan pembelian emas di dunia yang saat ini sedang mengalami penurunan maka dari itu harganya pun  menjadi ikut turun. Meskipun pembelian emas di dunia turun, bukan berarti semua Negara tidak ada yang mau membeli emas, lihat saja Negara China ini yang menjadi Negara pengkonsumsi emas terbesar di dunia saat ini.

Harga-Emas-Mengalami-Penurunan-China-Menjadi-Konsumen-Emas-Terbesar-2

Konsumsi Emas di China Sudah Mencapai 706,36 Ton

Dari hasil data yang dikeluarkan oleh Asosiasi Emas untuk Negara China, pada semester 1 tahun 2013 ini, jumlah emas yang dikonsumsi oleh rakyat china ternyata sudah mencapai 706,36 Ton. Jumlah yang sangat besar ini tentu saja tidak terlalu mengejutkan mengingat China merupakan salah satu Negara yang ada di dunia dengan jumlah penduduk yang terbanyak. Di samping itu angka ini juga ternyata lebih tinggi dibandingkan dengan tahun lalu. Presentase peningkatan yang dialami oleh China saat ini ternyata sudah mencapai 53,7%. Jika dikalkulasi secara total maka jumlah konsumsi emas yang ada di Negara China sejak tahun 2013 ini telah mencapai 832 Ton. Sungguh jumlah yang luar biasa emas.

Orang-orang di Negara china saat ini memang sedang berlomba-lomba untuk membeli emas dikarenakan mereka ingin melakukan investasi masa depan terhadap emas tersebut. Dengan menurunnya harga emas saat ini, mereka bisa membeli emas sebanyak mungkin dan berpeluang untuk menjualnya dengan harga yang tinggi saat waktunya tiba. Konsumsi emas yang tinggi di Negara china ini juga dipicu oleh tingginya pembelian emas batangan. Pembelian emas batangan saat ini mengalami kenaikan dengan jumlah 87%, terutama di semester 1 pada tahun 2013. Kenaikan ini berarti setara dengan 278,81 ton. Sektor perhiasan juga mengalami peningkatan dengan jumlah 44%. Kenaikan ini mendeskripsikan bahwa para konsumen perhisan di tahun 2013 sudah masuk dalam jumlah 383,86 Ton.

China dan India, Dua Negara Konsumen Emas Terbesar di Dunia

Namun demikian, China bukan satu-satunya konsumen emas terbesar di Dunia, masih ada lagi Negara lain yang juga mengkonsumsi emas dengan jumlah yang sama besarnya, contohnya adalah Negara India. Dari hasil analisa yang dilakukan oleh para ahli ekonom, kita bisa melihat bagaimana China mampu untuk menggeser posisi India sebagai konsumen emas terbesar yang ada di dunia pada tahun ini.

Harga-Emas-Mengalami-Penurunan-China-Menjadi-Konsumen-Emas-Terbesar-3

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *