Teropong Bisnis | Homepage
Harapan Setinggi Langit, Melihat Sentimen Positif Pemilu Kali Ini

Harapan Setinggi Langit, Melihat Sentimen Positif Pemilu Kali Ini

0 Comments 🕔08.Apr 2014

Pemilu tahun ini membawa dampak langsung pada perekonomian Indonesia. Salah satu contoh sentimen positif Pemilu adalah saat Jokowi ditunjuk menjadi capres. Nilai tukar Rupiah sempat menyentuh Rp. 11.200 per dollar AS dan IHSG menguat hingga 4.900.

Tetapi, pengumuman Kepala Bank Sentral AS, Janet Yellen tentang membaiknya kondisi perekonomian AS membawa sentimen negatif. Saat ini, suku bunga AS mencapai 0,2 persen dan pada akhir 2015 akan naik menjadi 1 persen. Selain itu, quantitative easing akan diturunkan menjadi 55 miliar dollar AS per bulan dan dihapus pada akhir Oktober 2014. Lalu, muncul data mengenai jumlah lapangan pekerjaan baru AS pada Maret 2014 yang mencapai 192.000.

Kondisi ini membawa dampak langsung pada Indonesia dengan terkoreksinya Rupiah. Nilai tukar Rupiah kini mencapai Rp. 11.445 per dollar AS dan IHSG menjadi 4.698.

Meskipun demikian, inflasi Indonesia untuk Maret 2014 hanya 0,08 persen turun drastis dari bulan sebelumnya yang mencapai 2,6 persen. Dan inflasi year on year juga turun menjadi 7,32 persen.

Selain itu, cadangan devisa Indonesia pada Maret 2014 mencapai 102,6 miliar dollar AS turun dari bulan sebelumnya yaitu 102,7 miliar dollar AS. Jumlah ini lebih tinggi Januari 2014 yang mencapai 100,2 miliar dollar AS. Pekan lalu, nilai tukar Rupiah mencapai Rp. 11.300 per dollar AS dan IHSG 4.858.

nilai tukar rupiah, harapan, pemilu 2014, artikel ekonomi, positif pemilu

Dari hal ini, dapat dilihat bahwa sentimen positif Pemilu dan sentimen eksternal saling mempengaruhi satu sama lain. Hal ini sangatlah baik, karena ada harapan bahwa Pemilu tahun ini akan menjadi titik balik pemulihan kondisi perekonomian Indonesia.

Menurut Bank Dunia, pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun ini akan mencapai 5,3 persen atau lebih rendah dari tahun lalu yang mencapai 5,78 persen. Selain Pemilu Bank dunia juga menggunakan variable lainnya untuk mendapatkan angka ini.

Tetapi bila dilihat dari perkiraan Bank Dunia tahun lalu, kita dapat meragukan angka ini. Seperti yang dibuktikan oleh Bank Pembangunan Asia (ADB) pada tahun lalu, angka tahun ini akan lebih tinggi. ADB memprediksi pertumbuhan tahun ini akan mencapai 5,7 persen.

Sebelumnya memang banyak ahli memprediksi akan terjadi perlambatan pertumbuhan ekonomi Indonesia akibat Pemilu. Tetapi, bila kita melihat Pemilu 2009, dimana pertumbuhan ekonomi Indonesia mencapai 4,5 persen, maka hal ini tidaklah tepat. Bahkan saat itu, sedang terjadi krisis global dan banyak negara berkembang mengalami pertumbuhan negatif.

Kali ini, krisis memang terjadi, tetapi AS sendiri masih dalam tahap pemulihan. Sedangkan negara-negara Eropa tidak menunjukkan perkembangan berarti.

Jadi, dapat disimpulkan, adanya pemerintahan baru dan rakyat juga ingin pemimpin yang kuat saat ini akan berdampak positif. Jika Pemilu legislatif dan pemilihan Presiden berjalan lancar, sentimen positif Pemilu akan menampakkan hasilnya.

Perekonomian Indonesia akan membaik. BI akan menurunkan suku bunga dan BI rate. Hal ini membuat bank-bank lebih mudah menyalurkan kredit dan memenuhi target 15-17 persen yang ditentukan.

Dengan lancarnya penyaluran kredit, dunia usaha Indonesia akan berkembang. Hal ini akan membawa dampak baik ke depannya.

nilai tukar rupiah, harapan, pemilu 2014, artikel ekonomi, positif pemilu

BACA JUGA:

Sayonara untuk Australia dari Philip Morris

Google Ambruk, Facebook Terpuruk, Wall Street Memburuk

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *