Teropong Bisnis | Homepage
Harapan Pengusaha untuk Presiden Baru, Tidak Ada Kebijakan Mendadak

Harapan Pengusaha untuk Presiden Baru, Tidak Ada Kebijakan Mendadak

0 Comments 🕔18.Jun 2014

Beberapa saat yang lalu, para pengusaha sempat kecewa dengan keputusan DPR yang menyetujui kebijakan mendadak Pemerintah untuk menaikkan tarif dasar listrik untuk sektor industri. Para pengusaha ini lebih memilih kenaikan pada BBM bersubsidi. Para pengusaha menganggap kenaikan pada BBM bersubsidi tidak akan berdampak luas.

Hal ini juga disampaikan oleh Handaka Santoso, Ketua Umum DPP Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI). Handaka mengaku kecewa dengan keputusan Pemerintah tersebut.

Namun, Handaka juga mempunyai harapan besar pada Capres dan Cawapres yang akan bertarung dan terpilih pada 9 Juli nanti. Dia berharap agar Pemerintahan yang baru nanti mempunyai strategi yang matang untuk membuat kebijakan.

Handaka beranggapan selama ini Pemerintah sering membuat kebijakan mendadak. Hal ini yang membuat proses adaptasi berjalan tidak sempurna dan membawa masalah. Pemerintah yang baru nanti diharapkan akan mempunyai rencana jangka panjang mengenai berbagai hal, khususnya tarif dasar listrik untuk industri ini.

Memang, banyak pabrik, perusahaan dan segala jenis bisnis sangat bergantung pada tenaga listrik. Tidak hanya untuk penerangan, tetapi, listrik juga dibutuhkan untuk proses produksi. Bila tarif listrik naik, maka biaya yang dikeluarkan untuk memproduksi juga akan naik. Hal ini akan mempengaruhi harga produk saat dilepas di pasar.

Melihat kondisi dan daya beli masyarakat Indonesia saat ini, hal ini sangatlah tidak tepat. Akan terjadi friksi di dalam masyarakat, yang akhirnya membawa masalah sosial.

Yang lebih buruk lagi, Indonesia saat ini sedang berusaha untuk pulih setelah dilanda krisis tahun lalu. Perkembangan yang baik pada dunia industri Indonesia sangat dibutuhkan untuk hal ini. Selain itu, pada tahun 2015, akan diberlakukan MEA yang menambah beban dunia industri Indonesia.

Saat MEA berlaku, pada dasarnya, perusahaan di Indonesia tidak hanya bersaing dengan perusahaan lokal. Namun, perusahaan dari negara lain juga mempunyai kebebasan lebih untuk bersaing di Indonesia. Hal ini membawa tekanan besar pada dunia bisnis Indonesia, terutama bisnis dengan jenis UKM dan UMKM. Padahal, bisnis jenis ini mendominasi dunia bisnis Indonesia dan menjadi pendorong paling kuat untuk perkembangan dan pemulihan kondisi perekonomian Indonesia.

Menurut Handaka, kenaikan tarif seharusnya diberlakukan pada sektor yang tidak terlalu produktif. Mungkin, kenaikan tarif listrik memang dapat diberlakukan, namun, tidak pada sektor industri. Atau, kalaupun ada kenaikan, hal ini seharusnya dirundingkan terlebih dahulu dan dibuat rencana secara matang, bukannya membuat kebijakan mendadak.

Meskipun banyak masalah pada kebijakan-kebijakan Pemerintah yang lalu, Handaka tetap mempunyai harapan tinggi pada Pemerintah yang baru. Siapapun yang akan menang nanti pada Pemilu 9 Juli, dia berharap mereka yang terpilih adalah yang terbaik. Dan tentunya, mereka dapat mendengar dan mewujudkan aspirasi dari para pengusaha yang menjadi ujung tombak perekonomian Indonesia.

wirausaha, bisnis, ide bisnis, peluang usaha, bisnis sampingan

BACA JUGA:

Masa Konsolidasi IHSG, Saham-Saham Menggiurkan Bertebaran Siap Dibeli

Alasan Presentase Suku Bunga Acuan Dipertahankan di 7.5%

Similar Articles

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

Uang Elektronik, Bukti Kita Cinta Rupiah

Uang Elektronik, Bukti Kita Cinta Rupiah 0

Sumber image https://www.facebook.com/847034142012155/photos/a.849340171781552.1073741829.847034142012155/876680785714157/?type=3&theater   Dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia pada tanggal 19-21 November kemarin

Pembaharuan Sistem Pembayaran Generasi Baru Yang Diresmikan Bank Indonesia

Pembaharuan Sistem Pembayaran Generasi Baru Yang Diresmikan Bank Indonesia 0

Transaksi dengan Sistem Pembayaran pada masyarakat saat ini semakin aman dan cepat juga handal, hal

Lika Liku Nilai Tukar Rupiah

Lika Liku Nilai Tukar Rupiah 0

Kenapa nilai tukar rupiah bisa melemah ataupun menguat terhadap mata uang negara lain, sih? Jawabannya

Pondok Pesantren Cuma Buat Ngaji? Pikir Lagi!

Pondok Pesantren Cuma Buat Ngaji? Pikir Lagi! 0

Selama ini kalau anda mendengar kata pesantren, pasti otak anda akan dengan otomatis mengasosiasikannya dengan

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *