Teropong Bisnis | Homepage
Gaji Dikurangi Iuran BPJS 5 Persen

Gaji Dikurangi Iuran BPJS 5 Persen

0 Comments 🕔16.Jul 2013

Gaji-Dikurangi-Iuran-BPJS-5-Persen-2

Kesehatan tentu saja menjadi hal yang sangat utama bagi kita. Kita selalu harus memikirkan jaminan kesehatan karena kita tidak tahu kapan kita akan sakit. Saat ini ternyata pemerintah sudah memutuskan tentang pelaksanaan BPJS yang juga kepanjangan dari Badan Pelaksana Jaminan Sosial untuk Kesehatan dan akan dimulai sejak tanggal 1 Januari. Semua hal memang harus disiapkan untuk memulai pelaksanaan operasional ini. Apa saja keputusan dari pemerintah ini?  Bagi Anda yang merupakan pekerja formal, Anda tentu harus bersiap-siap untuk menyisihkan uang Anda untuk membayar iuran untuk kesehatan ini.

Potongan Iuran Pekerja Formal dan Pengusaha

Beberapa aturan yang harus Anda sepakati dan lakukan adalah potongan iuran kesehatan. Berapa persen uang yang harus Anda bayarkan? Untuk Anda yang merupakan pekerja formal, setidaknya Anda harus menyisihkan sekitar 5 persen dari uang Anda untuk membayar iuran BPJS ini. Ternyata tidak hanya pekerja formal yang akan mengalami potongan iuran kesehatan ini. Anda yang merupakan pengusaha juga akan mengalami potongan ini. Anda, para pengusaha harus membayar setidaknya 4 persen dari profit Anda untuk membayar iuran BPJS ini. Selain itu, pekerja sendiri harus membayarkan 1 persen dari gaji untuk mendapatkan jaminan sosial untuk kesehatan ini. Dengan membayarkan iuran secara rutin, maka Anda dan keluarga akan mendapatkan jaminan kesehatan.

Gaji-Dikurangi-Iuran-BPJS-5-Persen-3

Potongan Iuran Pekerja Informal

Bagi Anda yang bekerja dalam sektor yang informal, Anda juga harus menanggung premi sendiri dan haruslah dibayarkan setiap bulannya. Anda yang ingin mendapatkan layanan kesehatan yang baik dan benar, Anda harus membayar iuran kesehatan sebesar Rp 25.000 untuk Anda yang berada di kelas III, untuk Anda yang di kelas II, Anda harus membayarkan Rp 42.500. Sedangkan Anda yang berada di kelas I Anda harus membayarkan Rp 59.000  per bulannya.

Banyak sekali pihak yang mempertanyakan apakah iuran ini benar-benar akan dikelola dengan baik dan benar. Kita semua tahu kalau banyaknya korupsi membuat banyak orang yang akan memberikan uang mereka harus berfikir dua atau bahkan sepuluh kali lipat. Hal inilah yang harus benar-benar pemerintah pikirkan sebelum menetapkan aturan. Besarnya iuran tersebut memang sudah disepakati dan mendapatkan persetujuan dari semua pihak dan telah dibahas dalam Rapat Koordinasi. Sebenarnya pada awalnya banyak sekali kendala yang terjadi terutama ketika menentukan besarnya iuran yang akan diterapkan. Tentu saja banyak pihak yang akan tidak setuju dengan hal ini terutama orang yang akan membayar iuran tersebut. Namun hal ini akan sangat membantu bagi banyak orang yang sangat membutuhkan bantuan kesehatan ini. Sebagai pekerja semuanya harus benar-benar disiplin untuk menyisihkan uang untuk membayarkan iuran ini. Penetapan besarnya iuran ini memang telah diterbitkan aturannya dan semoga saja semua pihak benar-benar akan menaatinya dengan sebaik-baiknya.

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *