Teropong Bisnis | Homepage
Freeport Membangun Pabrik Smelter untuk Mengantisipasi Kebijakan Pemerintah

Freeport Membangun Pabrik Smelter untuk Mengantisipasi Kebijakan Pemerintah

0 Comments 🕔15.Aug 2013

Pemerintah berencana untuk mengeluarkan kebijakan baru yang akan diterapkannya pada tahun depan. Kebijakan tersebut yakni larangan untuk melakukan eksport raw material atau bahan mentah. Larangan ini tentu saja menjadikan beberapa perusahaan yang sudah terlanjur melakukan aktivitas tersebut harus berupaya sebaik mungkin untuk mencari solusi, contohnya seperti yang dilakukan oleh PT Freeport Indonesia. Dalam menghadapi kebijakan larangan eksport yang berlaku di Indonesia tersebut, perusahaan berupaya untuk membangun pabrik smelter. Pabrik smelter merupakan sebuah pabrik pemurnian yang didirikan oleh Freeport. Untuk bisa menerapkan hal ini, tentu saja PT Freeport tidak sendirian. Bersama dengan PT Indosmelt dan PT Inovasi Mineral Indonesia, mereka berupaya untuk membangun pabrik smelter ini guna memperoleh keuntungan yang nantinya bisa digunakan bersama.

Freeport-Membangun-Pabrik-Smelter-untuk-Mengantisipasi-Kebijakan-Pemerintah-3

Perusahaan yang Bergabung dengan Freeport

Presiden Direktur dari PT Freeport mengatakan bahwa tepat hari ini, ketiga perusahaan terkait telah melakukan penAndatanganan terhadap nota kesepahaman yang berisikan tentang persetujuan melakukan kerjasama tersebut. Langkah ini merupakan langkah yang konkrit untuk mengatasi kebijakan pemerintah Indonesia terhadap Industri sumber daya mineral. Diharapkan nantinya proyek ini akan bisa berjalan dengan lancar tanpa adanya permasalahan sama sekali sehingga aktivitas perusahaan akan bisa berjalan sebagaimana mestinya. Pembangunan dari Pabrik Smelter ini sendiri juga diprediksi akan segera rampung pada tahun 2017 nanti.

Dalam hal ini berarti PT Freeport akan sudah memiliki dua buah pabrik smelter, yakni pabrik pemurnian yang beroperasi di wilayah Gresik saat ini, bernama PT Smelting. Perusahaan ini sendiri merupakan sebuah perusahaan yang bekerja di sektor peleburan material tembaga. PT Smelting adalah the only one, atau yang pertama dan satu-satunya yang melakukan hal tersebut. Perusahaan ini berlokasi di Gresik dan didirikan berdasarkan hasil patungan dari dua perusahaan pengolah sumber daya mineral terbesar di Indonesia yaitu Freeport dan juga Mitsubishi. Keduanya bahkan telah memasok sejumlah biji tembaga. Hampir dari 40% dari biji tembaga yang sudah disiapkan tersebut sudah diolah secara baik menjadi konsenstrat tembaga.

Dukungan dari Berbagai Pihak Terhadap Freeport

Dukungan dari berbagai pihak pun mengalir terkait dari proses pembangunan dari pabrik smelting ini. Dukungan ini juga ditunjukan dengan langkah-langkah yang konkrit, yakni dengan melakukan pendalaman terhadap setiap permasalahan yang ada dalam perusahaan. Di samping itu, hal ini juga sangat penting untuk membakar semangat para karyawan dan juga orang-orang yang terlibat di PT Freeport untuk bisa benar-benar melakukan yang terbaik dalam tahap pengembangan sektor industry sumber daya mineral ini. Misinya adalah untuk memperoleh pengembangan sebuah industry yang sehat dan juga memiliki kesinambungan. Baik itu untuk memberikan manfaat yang signifikan bagi para pelakunya. Direktur dari Indovasi, Taufik Sastrawinata, mengatakan bahwa investasi yang telah dikeluarkannya untuk membangun smelter telah mencapai 15 Milliar US Dollar.

Freeport-Membangun-Pabrik-Smelter-untuk-Mengantisipasi-Kebijakan-Pemerintah-2

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *