Teropong Bisnis | Homepage
Fitch Rating Prihatin dengan Pertumbuhan Kredit di Indonesia

Fitch Rating Prihatin dengan Pertumbuhan Kredit di Indonesia

0 Comments 🕔22.Aug 2014

Tidak salah jika dikatakan bahwa pengelolaan bank daerah di Indonesia penuh dengan tantangan. Pasalnya, hal serupa juga di ungkapkan oleh Fitch Rating. Fitch Rating merupakan lembaga yang bergerak dalam peringkat secara internasional.

Lembaga tersebut menilai bahwa tantangan terberat dari bank daerah di Indonesia adalah akses terhadap modal serta tata kelola perusahaan. Karena tantangan tersebut pertumbuhan kredit di Indonesia khususnya di daerah menjadi tidak berkembang.

Kendala lain yang mempengaruhi pertumbuhan kredit di Indonesia adalah karena posisi keuangan pemerintah daerah sebagai pemegang saham utama dari BPD atau Bank Pembangunan Daerah. Saat ini, posisi keuangan pemerintah daerah di Indonesia masih sangat lemah. Dengan posisi yang lemah tersebut, akses modal ke bank di daerah menjadi sangat terbatas.

Lebih jauh lagi, Fitch Rating juga menekankan pada pengelolaan perusahaan Bank Pembangunan Daerah. Dalam laporan lembaga internasional ini dikatakan bahwa BPD pengelolaan perusahaan masih belum sesuai dengan kontrol internal atau lemah. Bahkan, Fitch Rating menambahkan bahwa BPD memiliki praktik akuntansi yang buruk dengan tingkat efektivitas manajemen risiko yang buruk pula.

Belum lagi banyak sekali intervensi dari pihak pemerintah daerah terhadap tim manajemen bank. Tentu saja, hal ini menjadi sangat menyulitkan langkah tim manajemen bank untuk bergerak dan melakukan bisnisnya di daerah.

26 BPD di 31 provinsi di Indonesia sepertinya tidak terlalu berpengaruh terhadap pertumbuhan kredit di Indonesia walaupun pangsa pasarnya sangat tinggi. Hal ini terjadi karena kontribusi BPD tersebut di daerah masing-masing masih sangat kecil. Dari total aset perbankan di akhir tahun 2013, BPD hanya mampu berkontribusi sekitar 8% saja.

Perlu adanya dukungan pemerintah pusat melalui pemerintah daerah. Pasalnya, BPD sendiri memiliki peran yang sangat penting bagi pemerintah pusat. Salah satu fungsi BPD adalah untuk penyaluran dana pembayawan gaji pegawai negeri dan proyek khusus pemerintah keuangan.

Untuk itu, Fitch Rating menyarankan untuk mendukung pertumbuhan BPD di Indonesia sehingga bisa memberikan kontribusi lebih khususnya pada pendapatan nasional. Hambatan BPD semakin berat saja karena kinerja keuangan juga berada dalam tekanan jangka pendek.

Tekanan ini disebabkan oleh melambatnya kenaikan suku bunga dan ekonomi. Dengan melambatnya kenaikan suku bunga dan ekonomi berdampak pada margin dan kualitas aset. Fitch Rating memberikan beberapa peringkat untuk bank pembangunan daerah di Indonesia.

Contohnya, lembaga peringkat ini menyatakan bahwa Bank Pembangunan Daerah Riau memiliki peringkat nasional jangka panjang A (idn) dengan outlook stabil. Selain BPD Riau yang diberikan outlook stabil, ada 3 BPD lain dengan peringkat yang sama. BPD tersebut adalah BPD Lampung, Sulawesi Utara dan Maluku. Diharapkan, dengan adanya laporan dari Fitch Rating, pemerintah pusat dan daerah mampu menggerakkan kembali laju Bank Pemerintah Daerah ke arah yang lebih baik.

1.Mengontrol Perkembangan Bisnis Setelah Lolos Fase Startup1

Baca Juga :

BI Rate Naik, Pertumbuhan Kredit BCA Terpaksa Ditekan

PT Bank Mandiri Tbk Mengalami Pertumbuhan Kredit 22,3 Persen

Similar Articles

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik

Coba Investasi Emas Antam dengan Motif Unik 0

Emas Antam menjadi salah satu produk investasi emas yang banyak digunakan masyarakat. Produk yang dikeluarkan oleh

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi

Ini Dia Kebijakan Ekonomi Terbaru yang Diluncurkan Oleh Jokowi 0

Saat ini pihak pemerintah tengah bersiap untuk meluncurkan paket aturan terbaru dalam sektor investasi yang

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2015 Masih Belum Menghadirkan Senyuman 0

Akhir tahun 2015 sudah dekat dan pertanyaan penting yang muncul adalah bagaimana kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia? Jawabannya

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia

Fokus Utama Menjaga Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia 0

Seperti yang kita tahu bahwa sektor perekonomian merupakan fokus utama bagi semua pemerintahan, tidak terkecuali

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM

Filosofi 5 Jari Dalam Pemberdayaan UMKM 0

Pemberdayaan UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah saat ini semakin berkembang dari zaman ke

No Comments

No Comments Yet!

No one have left a comment for this post yet!

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *